gunung di Kalimantan Tengah

Deretan rekomendasi gunung yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan, salah satunya ada di Kalimantan Tengah

Table of Contents

Deretan rekomendasi gunung yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan, salah satunya ada di Kalimantan Tengah

 

Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki sebuah gunung, berikut adalah deretan rekomendasi gunung yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan.

 

Gunung Asing( 1. 703 meter)

 

Gunung Asing merupakan suatu gunung yang terdapat di pinggiran Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, dengan Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Gunung ini ialah salah satu gunung paling tinggi di Provinsi Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah dengan ketinggian menggapai 1. 703 m di atas dataran air laut( Mdpl).

Di sisi utara Gunung Asing ada Gunung Abadi yang mempunyai besar 1. 617 Mdpl. Gunung Asing tercantum pada puncak Pegunungan Schwaner yang pula mencangkup area Taman Nasional Bukit Baka- Bukit Raya. Beberapa sungai yang berkepala di Gunung Asing antara lain Sungai Ella, Sungai Mehunda, Sungai Katingan, serta Sungai Bemban.

 

Gunung Bawang( 1. 442 meter)

 

Gunung Bawang ialah suatu gunung yang lokasinya di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki wujud menyamai pegunungan sebab memanjang sekira 18 kilometer mencangkup 4 kecamatan di Kabupaten Bengkayang. Gunung Bawang mempunyai 4 puncak tajam yang mempunyai ketinggian lebih dari 1. 000 Mdpl.

Puncak tertingginya bernama Puncak Bawang Raya dengan besar menggapai 1. 490 Mdpl. Gunung Bawang merupakan salah satu gunung yang dikeramatkan oleh Suku Dayak.

Dikenal Gunung Bawang sebab wujudnya berangkap hingga 7 lapis semacam bawang. Gunung Bawang mempunyai narasi yang berhubungan akrab dengan Suku Dayak Bengkayang Suku Dayak Kanayatn serta Suku Dayak Lara.

Gunung ini ialah wilayah yang dikeramatkan untuk Suku Dayak Bengkayang. Perihal ini sebab mitosnya dari tempat itu asal mula Suku Dayak Bengkayan. Cerita berasal dari Jubata yang turun ke bumi serta menaiki Gunung Bawang. Nama- nama Jubata yang menghuni gunung ini ialah Jubata Lupo, Jubata Barabatn Ampor, Jubata Siru serta Jubata Sulujatn Maniamas, serta lain- lain. Bersamaan dengan berjalan dari waktu, sampai jadilah Gunung Bawang selaku tempat yang terpandang untuk para suku dayak itu.

Baca  Tempat wisata paling populer di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

 

Gunung Bukit Raya( 2. 278 meter)

 

Bukit Raya ataupun Gunung Raya merupakan suatu gunung yang terdapat di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi di Kalimantan yang masuk pada area Indonesia. Area sekitar Bukit Raya jadi cagar alam, serta bersama- sama dengan Cagar Alam Bukit Abadi di Kalimantan Barat ialah Taman Nasional Bukit Baka- Bukit Raya.

 

Gunung Halau – halau( 1. 901 meter)

 

Gunung Halau- halau ataupun Gunung Besar ialah gunung yang lokasinya terdapat di pulau Jawa serta pula terdapat di perbatasan 3 kabupaten, ialah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta Kabupaten Tanah Bambu di Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Gunung Kaba( 1. 329 meter)

 

Gunung Kaba merupakan gunung berapi aktif yang terdapat di Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dari Kota Curup, gunung Kaba ini ada di sisi tenggara dengan jarak sekitar 15 kilometer.

Dalam awal mulanya, lokasi di sekitar Gunung Kaba ialah salah satu cagar alam buat proteksi bunga Rafflesia. Tetapi, dikala ini situasi wilayah wisata ini mulai tidak bisa diharapkan begitu juga misi dini terbuat, ialah buat taman lindung untuk sebagian flora Sumatra, dengan status area jadi taman wisata alam.

Gunung dengan ketinggian 1. 938 mdpl ini membagikan panorama alam yang eksentrik. Puncak Gunung ini dihiasi dengan 2 buah kawah yang tiap- tiap bercorak hijau serta putih kecoklatan.

Tidak hanya itu, ada 2 buah rute yang bisa ditempuh buat menggapai puncak. Rute awal melayankan panorama alam hutan rimbun yang penuh belukar semak dengan lembah di kanan- kirinya, sebaliknya rute yang kedua sudah dikeraskan dengan memakai aspal. Waktu tempuh dari pos pendakian mengarah puncak merupakan 2- 3 jam ekspedisi.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan

 

Gunung Lawit( 1. 767 meter)

 

Gunung Lawit merupakan suatu gunung yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Gunung ini ada sekitar dengan pinggiran Indonesia- Malaysia. Tidak hanya itu, Gunung Lawit ialah puncak paling tinggi di susunan Pegunungan Kapuas Hulu yang menghampar dari barat ke timur menghalangi area Kalimantan Barat dengan Sarawak di Malaysia.

Dengan cara administrasi, Gunung Lawit terdapat di pinggiran Kecamatan Embaloh Asal dengan Kecamatan Putussibau Utara. Area Gunung Lawit tercantum pada Taman Nasional Betung Kerihun. Sungai- sungai yang berkepala di Gunung Lawit antara lain Sungai Embaloh serta Sungai Sibau.

 

Gunung Niut( 1. 701 meter)

 

Cagar Alam Gunung Niut merupakan suatu gunung yang terdapat di 3 kabupaten ialah Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak serta Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi di provinsi Kalimantan Barat dengan ketinggian menggapai 1. 701 m di atas dataran air laut. Tidak hanya itu, Gunung Niut pula ialah monumen Triangulasi berkode P 123 setinggi 1, 5 meter.

Gunung Niut ada di belahan barat dari Pegunungan Bengkayang. Sebagian puncak disekitarnya antara lain Puncak Setawi, Puncak Berembang serta Puncak Keliung. Sedangkan itu, gunung ini pula bersebelahan dengan sebagian gunung yang lain, semacam Gunung Anggah, Gunung Semedun, Gunung Panggah, Gunung Sinjang, Gunung Sekaju, Gunung Sebabak, Gunung Bengkarun, Gunung Damus, serta Gunung Seraang.

Dengan cara administrasi, Gunung Niut ada di Desa Tengon Pelaik, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Bengkayang. Gunung Niut pula dilindungi melewati Cagar Alam Niut- Penrissen( CAGN- P). Sungai- sungai yang berkepala di Gunung Niut antara lain Sungai Tanggi, Sungai Katok, Sungai Sentai, Sungai Gotol, Sungai Sekayan, Sungai Biang serta Sungai Senbelida.

Baca  Objek wisata yang ada di Gayo Lues, Aceh

Gunung Niut ialah gunung vulkanik purba tidak aktif di Indonesia. Dalam area ini tertata dari Aturan Gunung Api Niut dengan batuan Basalt, Pleistosen–pleistosen, Kapur serta Intrusif dan Plutonik Basa. Tidak hanya itu, di belahan barat ada susunan Batupasir Kayan serta Formasi Pedawan dengan batuan Serpih, batu pasir, batu lumpur karbonan, sedikit selangan batu gamping di kaki gunung sisi timur.

 

Demikianlah deretan rekomendasi gunung yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *