objek wisata di Penajam Paser Utara

Objek wisata terindah yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Table of Contents

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian Timur Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Samarinda. Provinsi Kalimantan Timur memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Penajam Paser Utara. Penajam Paser Utara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota Kabupaten Penajam Paser Utara berada di Kecamatan Penajam. Kabupaten Penajam Paser Utara ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Penajam Paser Utara.

 

Objek wisata terindah yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

Air terjun Rimbawan

 

Saran catatan objek wisata yang terdapat di Jangka berikutnya ialah air terjun rimbawan. Banyak turis yang menghasilkan area wisata satu ini jadi salah objek wisata yang harus buat didatangi sepanjang ada di Jangka. Buat wajib hingga mengarah air terjun, Kamu dapat menempuh sebagian arah.

Kamu pastinya dapat menempuh ekspedisi dari Balikpapan sampai nantinya dapat hingga ke air terjun rimbawan. Sepanjang ekspedisi mengarah air terjun, Kamu tidak akan sempat jenuh karena panorama alam yang disajikan sepanjang mengarah air terjun seakan tidak terdapat habisnya memanjakan mata Kamu.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur

Sepanjang mengarah ke air terjun rimbawan, Kamu apalagi tidak cuma bisa memandang air terjun rimbawan, namun Kamu pula dapat menikmati air terjun tembinus. Air terjun tembinus pula salah satu yang jadi opsi para turis kala ada disitu. Sehabis hingga di lokasi, Kamu dapat mengguyur badan Kamu, serta rasakan alangkah freshnya kucuran dari air terjun.

Lokasi: Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Pantai Corong

 

Catatan destinasi istimewa yang lain ialah Pantai Corong. Berada di kelurahan tanjung tengah, pantai corong berhasil membuat para turis puas ada disini. Di Pantai Corong ini pula sering dipakai buat mengadakan sebagian kegiatan yang kerap kali diselenggarakan oleh penguasa setempat. Buat pantai corong sendiri, kerap dipakai selaku tempat diselenggarakannya bermacam pergelaran, salah satu pergelaran layang.

Bila Kamu lagi ada di Jangka, janganlah lupa buat mendatangi pantai satu ini bersama keluarga terdekat ataupun saudara terdekat ataupun pendamping yang mana bisa jadi saja Kamu dapat memandang pergelaran yang kerap diadakan itu. Pantai corong ini terdapat di Penajam, Kabupaten Penajam, Jangka Utara.

Lokasi: Desa Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Pantai Tanjung Jumlai

 

Tidak hanya pantai corong, pantai terusan tanjung jumlai pula jadi salah satu pantai yang dapat Kamu coba bersama keluarga ataupun pendamping. Lokasi pantai ini terdapat di wilayah Penajam Paser Utara. Disebabkan pantai itu amat sekitar dengan pemukiman masyarakat, sehingga Kamu dapat dengan gampang memandang kondisi ataupun kegiatan masyarakat.

Tidak hanya itu, Kamu pula dapat menikmati beberapa kuliner khas dari terusan pantai tanjung jumlai, karena di sekitar pantai, ada sebagian santapan, restoran dengan menu khas Jangka. Sepanjang di pantai, Kamu pastinya dapat main air di bibir pantai, setelah itu main pasir bersama sahabat. Menyenangkannya lagi, Kamu dapat melihat mentari terbenam bagus.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Lokasi: Desa Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Nipah- Nipah Beach

 

Masih dengan atmosfer pantai, saran pantai berikutnya yang dapat buat Kamu coba ialah nipah- nipah beach. Tidak hanya indahnya panorama alam birunya laut, sebagian kegiatan pastinya kerap sekali diadakan di tempat ini. Oleh karena itu, tidak bingung pula nyatanya Nipah- Nipah beach banyak diketahui oleh para turis.

Dengan bersantai di pantai satu ini, Kamu dapat dengan santainya menikmati deburan aliran yang gaduh bersama angin yang mendinginkan pada saat panas mentari di siang hari yang amat. Jadi, sepanjang berpantang, janganlah lupa buat mendatangi pantai satu ini bersama keluarga, saudara maupun pendamping.

Lokasi: Jalan Coastal Road, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Pulau Gusung

 

Pulau gusung, terdapat di sekitar pantai bernama pantai tanjung jumlai. Pulau gusung betul- betul membagikan keelokan yang amat menawan, alhasil banyak didatangi oleh para turis. Di pulau gusung, Kamu dapat menikmati keelokan air laut yang bening serta birunya langit. Dipastikan liburan bersama dengan keluarga, ataupun pendamping akan menemukan pengalaman yang tidak terabaikan.

Janganlah lupa baterai handphone ataupun baterai kamera Kamu pada kondisi full biar Kamu dapat mendokumentasikan tiap momen bersama nenek yang terwujud di pulau gusung. Yang menarik dari zona satu ini ialah areal sesuatu terumbu karang yang ada di sekitar kelompok pasir yang mana timbul kala air laut lagi mundur.

Pulau gusung terdapat di perairan pantai Tanjung Jumlai. Buat mengarah pulau itu, Kamu wajib memakai speed boat dengan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, dan perahu motor ataupun kelotok dengan lama waktu sekitar satu jam. Keelokan pulau yang terhitung masih terpelihara, menghasilkan pulau ini banyak didatangi oleh turis buat studi ataupun riset.

Baca  Objek wisata terpopuler yang ada di Sigi, Sulawesi Tengah

Bersumber pada sesuatu riset mengatakan kalau, disekitar kelompok pasir wisata di ditemui 56 tipe karang dan 47 tipe ikan, bagus itu ikan mempercantik atau ikan mengkonsumsi. Dari bermacam berbagai tipe ikan yang telah, ada seekor ikan dengan angka murah yang besar.

Lokasi: Sesumpu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Bendungan Sesulu

 

Mempunyai besar ratusan hektar, jadi salah satu objek wisata di Jangka Utara. Terlebih bila pada pengelolaan, bendungan sesulu dengan metode yang bagus, sehingga, tentulah tempat ini jadi tempat yang berakhir cocok daya tarik sendiri. Tidak hanya berada dengan danau yang besar, objek wisata ini pula tanggul yang mana umumnya dipakai buat bersantai serta difoto.

Tidak hanya itu, lokasi dari bendungan sesulu ini pula amat bersih dari tumbuhan air, oleh karena itu, amatlah sesuai buat dijadikan aktivitas memancing. Apalagi sebagian warga pula mengatakan kalau, ada ikan toman di bendungan sesulu ini. Toman sendiri ialah semacam ikan liar yang berawal dari kaum ikan gabus.

Toman selaku ikan yang hidup di bendungan ini yang mana pula mempunyai wujud yang bisa jadi mensekitari dengan ikan gabus, tidak hanya itu ikan Toman pula bisa berkembang jadi besar, jauh lebih dari satu m dan jadi genus yang terbanyak pada rupanya. Bendungan sesulu ini berada di Waru, Kabupaten Penajam.

Lokasi: Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Demikianlah Objek wisata terindah yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *