Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau

Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau

Table of Contents

Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau – Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Riau ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kepulauan Meranti. Kepulauan Meranti merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti berada di Selatpanjang. Kabupaten Kepulauan Meranti ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Kepulauan Meranti.

 

Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kepulauan Meranti, Riau. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau.

 

Tasik Air Putih

 

Tasik Air Putih adalah salah satu dari tiga danau indah yang patut dikunjungi di Kepulauan Meranti. Selain Tasik Air Putih, terdapat juga Tasik Nambus dan Tasik Putri Pepuyu. Tasik Air Putih terletak di Kecamatan Rangsang dan untuk mencapai lokasinya, Anda perlu melewati Desa Teluk Samak dan Desa Tanjung Samak. Danau ini memiliki lebar sekitar 800 meter dan terletak di Pulau Rangsang.

Selama perjalanan menuju Tasik Air Putih, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Salah satunya adalah munculnya sebuah pulau kecil di tengah Tasik Air Putih, yang menjadi objek wisata baru yang menambah keindahan alam di sekitar danau.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Nias Utara, Sumatera Utara

Lokasi: Teluk Samak, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Tasik Nambus

 

Tasik Nambus terletak di Desa Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, dan dapat dijangkau dalam waktu 30 menit melalui jalur darat. Salah satu keunggulan Tasik Nambus adalah keindahan pemandangannya yang dikelilingi oleh hutan lindung, memberikan suasana yang sejuk saat mengunjungi Objek wisata ini. Selain itu, setiap bulan Safar, masyarakat Tebing Tinggi Barat melaksanakan tradisi mandi safar di Tasik Nambus. Sebagai hasilnya, objek wisata ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Lokasi: Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Tasik Putri Pepuyu

 

Tasik Putri Pepuyu terletak di Desa Tanjung Padang atau Pulau Padang, Merbau. Seperti Tasik Nambus, tasik ini terletak di tengah hutan lindung yang masih alami dan belum terjamah oleh tangan manusia, menjadikannya tetap mempertahankan keasliannya yang tak diragukan.

Bagi para pecinta kegiatan berkemah, Tasik Putri Pepuyu merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga atau orang terdekat, dan menikmati malam dengan berkemah bersama.

Lokasi: Tanjung Padang, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Pulau Dedap Durhaka

 

Pulau Dedap Durhaka, juga dikenal sebagai Pulau Legenda Dedap Durhaka, bukan hanya merupakan tujuan wisata, tetapi juga memiliki cerita rakyat yang hampir serupa dengan cerita Malin Kundang. Pulau Dedap Durhaka terletak di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pulau ini dikelilingi oleh pohon-pohon mangga yang rindang.

Keunikan pulau ini terletak pada pohon mangga yang tumbuh di sana. Jika Anda memetik buah mangga dari bagian atas pohon, rasanya akan manis. Namun, saat Anda memetik buah mangga dari bagian bawah, dekat dengan tanah, rasanya akan menjadi asam. Di Pulau Legenda Dedap Durhaka ini, terdapat dua kera yang menjadi penunggu pulau.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Bengkulu Selatan, Bengkulu

Lokasi: Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Pantai Ceria

 

Di Kepulauan Meranti, terdapat salah satu pantai yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pantai Ceria. Nama “Ceria” sendiri merupakan singkatan dari Centai Riau. Pantai ini terletak di Desa Centai, Kecamatan Merbau. Pantai Ceria menawarkan keindahan biota laut yang menakjubkan dan dikenal dengan sebutan Mentarang, serta pemandangan alam yang eksotis.

Lokasi: Centai, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Pantai Motong

 

Pantai berikutnya dikenal dengan nama Pantai Montong. Pantai ini terletak di Desa Permai, Tanjung Motong. Pantai Montong menawarkan keindahan laut biru yang dapat dinikmati bersama keluarga. Keunggulan dari objek wisata ini adalah pemandangan Selat Malaka yang luas dengan air yang tenang.

Mengunjungi Pantai Montong sangat cocok bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran dari kepenatan kehidupan sehari-hari. Pastikan Anda mengunjungi pantai ini saat matahari terbit dan terbenam untuk menikmati momen terbaiknya.

Lokasi: Permai, Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Danau Pulau Padang

 

Sebagai kabupaten kepulauan, Kepulauan Meranti memiliki banyak pulau-pulau indah yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Padang. Pulau Padang terletak di sebelah Pulau Merbau. Untuk mencapai Pulau Padang, Anda perlu menyeberangi Pulau Tebing Tinggi dari Kepulauan Meranti dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Merbau. Dari Pulau Merbau, Anda akan menyeberang lagi menuju Pulau Padang.

Di Pulau Padang, Anda akan menemukan Danau Pulau Padang yang indah. Danau ini terletak di tengah hutan dan masih memiliki keadaan alami yang memukau hati setiap pengunjungnya. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat memancing di danau ini. Ikan-ikan yang hidup di danau ini terkenal dengan ukuran yang besar dan segarnya.

Baca  Tempat wisata yang ada di Luwu, Sulawesi Selatan

Lokasi: Pulau Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

 

Demikianlah Objek wisata paling populer di Kepulauan Meranti, Riau. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *