Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara

Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara

Table of Contents

Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Karo. Karo merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Karo berada di Kabanjahe. Kabupaten Karo ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Karo.

 

Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Karo, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara.

 

Bukit Gundaling

 

Bukit Gundaling, sebuah bukit yang indah yang dikelilingi oleh hutan pinus, dapat menjadi pilihan Objek wisata bagi Anda yang menyukai tantangan. Bukit ini memiliki ketinggian yang cukup menantang, sekitar 1.575 mdpl. Dengan ketinggian seperti itu, perjalanan menuju puncak akan menjadi lebih seru. Terdapat banyak pemandangan menarik yang dapat dijadikan latar belakang untuk berfoto, misalnya sambil membawa bendera merah putih atau berpose secara spontan.

Akses menuju lokasi ini sebenarnya cukup mudah, namun tidak ada kendaraan umum yang melewati wilayah ini, sehingga disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Jaraknya hanya sekitar 3 km, sehingga dapat ditempuh dengan ojek dengan tarif yang terjangkau. Biaya masuknya sebesar Rp 2.000,- dan biaya parkir motor sebesar Rp 3.000,-, sedangkan untuk mobil sebesar Rp 5.000,-.

Baca  Rekomendasi objek wisata yang ada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Lokasi: Jalan Jamin Ginting, Desa Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Museum Pusaka Karo

 

Museum Pusaka Karo merupakan Objek wisata yang memamerkan warisan budaya suku Karo. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai pusaka bersejarah seperti pisau tumbuk lada, tutu-tutu, dan untai-untai. Selain itu, museum ini juga menampilkan tabu-tabu irawang yang dulunya digunakan untuk menyimpan bubuk mesiu. Tabu-tabu ini terbuat dari labu tua yang telah dikeringkan dan dikosongkan.

Lokasi: Jalan Perwira, Desa Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

 

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk merupakan sebuah Objek wisata yang menawarkan pesona khas Karo dengan suasana yang berbeda, yaitu pemandian air panas yang mengandung belerang. Meskipun terdapat aroma belerang, namun aroma tersebut tidak begitu kuat sehingga aman bagi mereka yang tidak terlalu menyukainya. Awalnya, lokasi ini merupakan sebuah cagar alam yang kemudian diubah menjadi taman wisata pada tahun 1980 dengan luas sekitar 7 hektar.

Saat ini, tempat ini menjadi populer sebagai destinasi pemandian air panas yang banyak diminati oleh banyak orang. Pada hari biasa, harga tiket masuk sekitar Rp. 15.000,- dan pada akhir pekan menjadi Rp. 20.000,- Meskipun tergolong mahal, fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Anda tidak akan merasa kecewa dengan biaya yang relatif terjangkau ini karena fasilitas yang diberikan cukup memadai. Sementara itu, tarif parkirnya juga standar, yaitu Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Lokasi: Jalan Letjend Jamin Ginting, Desa Lau Gumba, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Danau Lau Kawar

 

Baca  Objek wisata paling populer di Bener Meriah, Aceh

Danau Lau Kawar adalah sebuah danau yang indah dan cocok untuk menjadi tempat berkemah. Menghabiskan waktu di sini sambil bermalam di sekitar api unggun akan menjadi pengalaman yang menarik. Anda dapat menikmati kebersamaan dengan sahabat atau keluarga sambil memanggang ayam, jagung, atau ubi. Keunikan dan daya tarik tempat ini membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Lokasinya juga cukup dekat dengan pusat kota, hanya memerlukan waktu sekitar 50 menit perjalanan.

Lokasi: Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Sikulikap

 

Air Terjun Sikulikap menawarkan pemandangan yang sangat indah dan nyata. Selain melihat keindahan air terjunnya, Anda juga dapat menikmati berbagai tumbuhan hijau yang menambah keelokan tempat ini. Keberadaan Monyet Gibon juga membuat suasana semakin hidup.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup lengkap, termasuk toilet, area parkir yang luas, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengunjungi, tidak perlu khawatir karena tidak ada biaya masuk.

Lokasi: Desa Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Desa Lingga

 

esa Lingga adalah salah satu desa budaya yang masih dihuni oleh Suku Karo. Di desa ini, terdapat rumah adat yang lebih tua daripada yang ada di Desa Peceren. Selain itu, terdapat pula bangunan-bangunan tua lainnya seperti museum, Jambur Geliten, dan Sapo Page. Setiap rumah adat biasanya ditempati oleh 10 kepala keluarga.

Lokasi: Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Gunung Sibayak

 

Gunung Sibayak adalah gunung yang memiliki jalur pendakian yang mudah dan menyenangkan. Bagi pendaki pemula, mungkin diperlukan waktu sekitar 2-3 jam, namun bagi mereka yang sudah berpengalaman, waktu pendakian bisa kurang dari 2 jam.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Simalungun, Sumatera Utara

Fasilitas di gunung ini cukup lengkap, termasuk adanya toilet, tempat makan, dan area parkir yang aman. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya aman.

Lokasi: Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

 

Demikianlah Objek wisata paling populer di Karo, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *