Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

Table of Contents

Sulawesi Barat tidak cuma populer dengan tempat wisatanya, Provinsi ini pula menyuguhkan berbagai macam kuliner khas yang enak. Inilah saran kuliner khas Sulawesi Barat yang dipastikan membuat Kamu ketagihan, mulai dari olahan ikan, kudapan hingga makanan pokok.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat

 

Provinsi Sulawesi Barat ini mempunyai pesona alam yang indah pada tempat wisatanya. Tidak hanya itu, Sulawesi Barat pula memiliki karakteristik tertentu berbentuk kuliner khas yang jadi sasaran para turis. Lalu, apa saja kuliner khas dari wilayah ini yang menarik dicicipi? Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat.

 

Tumpi Tumpi

 

Tumpi Tumpi merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan berpenampilan seperti nugget ikan yang menjadikannya makanan khas daerah. Tumpi Tumpi ini terbuat dari ikan-ikan kecil seperti halnya ikan teri yang diberi kelapa parut goreng lalu diberi adonan untuk menjadi sebuah segitiga. Tumpi Tumpi ini cocok buat dihidangkan untuk menu berbuka puasa.

 

Bau Peapi

 

Bau Peapi merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang unik dan lezat. Bau Peapi sendiri berasal dari Bahasa Mandar, yaitu Bau dan Peapi. Bau yang artinya ikan dan Peapi yang artinya dimasak. Jadi, Bau Peapi adalah makanan yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan racikan rempah-rempah. Bau Peapi adalah makanan yang berkuah yang cocok buat dinikmati dengan nasi putih. Jenis ikan yang sering disajikan adalah ikan cakalang serta ikan tuna. Kedua ikan tersebut memiliki tekstur yang tidak mudah hancur saat dibuat, dan menjadikannya bahan dasar untuk membuat Bau Peapi.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Soppeng, Sulawesi Selatan

 

Toppa Ikan Tuna

 

Toppa Ikan Tuna merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat. Makanan ini banyak memiliki rempah-rempah yang cocok buat dijadikan sebagai lauk. Toppa Ikan Tuna memiliki tampilan yang sangatlah menarik dengan sambal yang berwarna kuning kecoklatan yang sangat menggugah selera makan. Sesuai dengan namanya, Toppa Ikan Tuna berbahan dasar Ikan Tuna yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembang otak. Rempah rempah yang dibuat dengan seperti halnya bawang merah, putih, tomat, kemiri, dan cabai. Yang membuat sambal terlihat sedap buat dipandang.

 

Kue Cucur

 

Kue Cucur merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan bentuknya yang unik dan lezat. Kue Cucur memiliki rasanya yang manis tapi tidak terlalu legit yang menjadikannya salah satu jajanan favorit yang laris buat dibeli. Di Sulawesi Barat tepatnya Mamuju, kue ini sering kali disuguhkan dalam acar pesta dan hajatan. Kue Cucur terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah dan dibentuk menyerupai seperti gunung pipih.

 

Kue Paso

 

Kue Paso merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan keunikan tersendiri. Paso sendiri berasal dari Bahasa Mandar yang memiliki arti paku. Kue Paso menyerupai paku berwarna putih bersih yang dililit dengan daun pisang. Dengan keunikan makanan ini menjadi salah satu daya tarik pecinta kuliner yang mau mencicipinya. Bukan hanya bentuknya saja yang menjadi daya tarik, rasa yang dihasilkan ini juga manis dan gurih. Kue Paso terbuat dari bahan campuran tepung beras, gula aren cair dan santan. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dicetak dengan berbentuk paku yang terbuat dari daun pisang.

Baca  6 Tempat wisata yang terdapat di Jeneponto, Sulawesi Selatan

 

Kue Tutu

 

Kue Tutu merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan bentuknya yang unik seperti perahu membuat makanan ini banyak yang menyukai makanan ini khususnya oleh masyarakat Sulawesi Barat. Kue Tetu berasal dari bahasa setempat yang berarti perahu. Kue Tutu merupakan simbol kebanggaan masyarakat Sulawesi Barat sebagai provinsi dengan julukan seribu sungai. Bukan hanya terkenal di Sulawesi Barat saja, kue ini juga terkenal di palu.

 

Lapis Mandar

 

Lapis Mandar merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan bentuknya yang sangatlah cantik membuat makanan ini banyak disukai. Lapis Mandar memiliki cita rasa yang manis cocok bagi Anda untuk yang sedang berbuka puasa. Tak hanya cantik, dengan perpaduan warna hijau dan putih yang berlapis lapis membuat makanan ini terlihat lembut dan khas untuk dipandang. Bahan dasar untuk membuat Lapis Mandar yaitu, santan, telur, gula, dan pasta pandan.

 

Jepa

 

Jepa merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat dengan bentuknya yang unik seperti lingkaran. Jepa atau dibaca “Yepa” adalah roti pipih yang berbahan dasar parutan kelapa dan singkong. Tak hanya bentuknya yang unik, makanan ini memiliki cita rasa yang gurih nan manis ketika mencicipinya. Makanan ini juga sangat cocok ketika disantap dengan gula aren. Tak hanya gula aren, jepa juga sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Jepa atau Emplek-Emplek juga sering dihidangkan bersama makanan khas Sulawesi Barat yaitu Bau Peapi.

 

Sokkol Ubi

 

Sokkol Ubi merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat. Sokkol Ubi memiliki cita khas rasa yang lezat. Tak hanya lezat, harganya pun dibilang sangat murah dan ramah dikantong. Dengan harganya yang terbilang murah, Anda dapat mencicipi makanan lezat ini. Sokkol Ubi memiliki bahan dasar yang khas seperti, kacang hijau serta prutan kelapa yang bercampur dengan lezatnya singkong. Dengan berlapis kulit pisang ini adalah untuk menciptakan rasa yang benar-benar khas serta lezatnya dari olahan.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kepulauan Riau

 

Sambusa

 

Sambusa merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Barat. Sambusa sekilas terlihat seperti Samosa yang berasal dari India. Sambusa juga tidak kalah saing lezatnya seperti Samosa. Perbedaan dari kedua makanana ini ialah isiannya. Sambusa sering kali menggunakan isian seperti daging-dagingan seperti daging ikan, sedangkan Samosa yang berasal dari India menggunakan isian rempah-rempah yang bercampur dengan kacang-kacangan serta daun ketumbar.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Barat. Apakah kamu tertarik untuk mencicipi salah satu kuliner di atas?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *