Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau

Table of Contents

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau – Meskipun setiap orang memiliki preferensi makanan yang berbeda-beda, jika suatu hari Anda memiliki kesempatan untuk datang ke Riau, ada baiknya mencicipi semua kuliner khas yang ada di sana. Jika Anda ingin mengetahui informasi tentang makanan khas Riau yang menjadi favorit banyak orang, berikut ini beberapa rekomendasinya. Mulai dari makanan yang gurih, bersantan, hingga yang manis. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau.

 

Sup Tunjang

 

Salah satu makanan khas Riau yang menjadi favorit banyak orang adalah Sup Tunjang. Hidangan sup ini terbuat dari kaldu tunjang, yaitu tulang kaki sapi, sehingga dapat dipastikan Anda akan mendapatkan cita rasa kaldu yang sangat khas dan gurih. Jika Anda baru saja tiba di Riau, maka semangkuk sup tunjang dengan nasi tentu bisa menyegarkan diri setelah menempuh perjalanan.

Salah satu hal yang membuat sup tunjang cukup unik adalah adanya sedikit sisa daging yang sengaja dibiarkan menempel pada bagian kaki sapi. Bagian ini biasanya direndam bersama campuran rempah-rempah. Cita rasa yang dihasilkan sangat empuk dan lembut sehingga akan membuat Anda ingin makan lagi, lagi, dan lagi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sumsum di dalam tulang kaki sapi.

 

Gulai Ikan Patin

 

Makanan khas Riau selanjutnya yang wajib Anda cicipi adalah Gulai Ikan Patin. Gulai ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga setibanya di Riau, baik itu untuk santap siang atau makan malam. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah menemukan gulai ini hampir di setiap restoran yang ada di Riau. Makanan khas Riau ini terkenal dengan kuahnya yang berwarna kuning pekat dan kental.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Aceh Timur, Aceh

Selain itu, saat menyantapnya, Anda juga akan merasa puas karena gulai ini menggunakan bahan dasar ikan patin yang dipotong dalam ukuran besar. Gulai ikan patin ini akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat dan sayur ubi yang direbus. Kelezatan dan rasa gurih yang dihasilkan dari rempah-rempah pilihan yang digunakan akan membuat Anda ketagihan.

 

Gulai Belacan

 

Makanan khas Riau lain yang juga sangat populer adalah Gulai Belacan. Gulai ini merupakan hidangan yang menggunakan olahan udang dengan kuah kental yang terbuat dari santan. Kuah gulainya memiliki cita rasa khas yang dihasilkan dari campuran kemiri, lada, dan asam jawa. Biasanya, Anda akan menemukan gulai belacan dengan menggunakan udang air tawar atau udang laut. Kedua jenis udang tersebut memberikan cita rasa yang lezat saat dikombinasikan dengan kuah kental bercita rasa khas, dan disajikan dengan nasi putih yang hangat.

 

Nasi Lemak

 

Anda mungkin sudah akrab dengan nasi lemak sebagai makanan khas dari Malaysia, tetapi ketika Anda mengunjungi Riau, Anda juga akan menemukan hidangan nasi lemak. Selain Riau dan Malaysia, nasi lemak juga dapat ditemukan di Brunei Darussalam dan Singapura. Nasi yang mirip dengan nasi uduk ini sangat cocok sebagai menu sarapan di pagi hari.

Rasa gurih pada nasi lemak berasal dari campuran santan dan daun pandan yang juga memberikan aroma harum pada nasi ini. Nasi lemak sering disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan teri goreng, telur sambal, dan irisan mentimun. Selain lauk pelengkap tersebut, hidangan nasi lemak juga sering disertai dengan tempe, daging, sayur kacang panjang, dan masih banyak lagi variasi menu lain yang dapat Anda nikmati.

Baca  Deretan rekomendasi wisata air terjun yang ada di Lampung

 

Mie Sagu

 

Apabila Anda merasa bosan dengan hidangan berbahan santan, Anda dapat mencoba hidangan mie yang sangat unik dan kreatif dari Riau, yaitu mie sagu. Jika biasanya mie terbuat dari tepung terigu, mie ini menggunakan olahan tepung sagu sebagai bahan utamanya. Mie sagu ini menjadi salah satu makanan khas Riau yang sering dicari oleh wisatawan karena rasanya yang lezat dan membuat ketagihan.

Selain kelezatannya, mie sagu ini juga disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ikan teri sambal goreng, tauge rebus, dan daun kucai. Selain memberikan kenikmatan, mie sagu juga kaya akan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

 

Mie Lendir

 

Mie lendir merupakan salah satu olahan mie khas Riau yang unik. Meskipun namanya mungkin terdengar kurang menarik, sebenarnya mie lendir ini memiliki cita rasa yang luar biasa. Kuahnya yang kental seperti lendir memberikan keunikan tersendiri, namun bumbu khas yang digunakan akan membuat Anda ketagihan. Hidangan ini terdiri dari mie kuning, telur rebus, tauge, dan potongan cabe rawit. Mie lendir ini sangat nikmat saat disajikan hangat, terutama saat cuaca sedang dingin.

 

Lakse Kuah

 

Jika ingin mencoba hidangan yang bersantan, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati lakse kuah saat mengunjungi Riau. Lakse kuah memiliki kuah kental yang terbuat dari campuran rempah seperti ketumbar, adas manis, dan berbagai rempah lainnya yang akan menggoyang lidah Anda. Mie yang digunakan dalam hidangan ini adalah mie sagu, dan rasanya akan semakin lezat ketika disajikan dengan ikan laut segar, ikan tongkol, atau ikan teri yang telah dihaluskan.

 

Sup dan Sate Rusa

 

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Selatan

Salah satu hidangan unik yang menjadi makanan khas Riau dan patut Kamu coba saat mengunjungi Riau adalah sup dan sate rusa. Berbeda dengan sate daging sapi atau ayam yang biasa Kamu nikmati, sate ini terbuat dari daging rusa.

Jangan khawatir, daging rusa memiliki tekstur yang lembut dan memberikan sensasi rasa yang khas saat Kamu mencicipinya. Sate dan supnya juga disajikan dengan bumbu khas yang membuatnya semakin menggugah selera. Rasa manis daging rusa ini cocok dinikmati oleh siapa saja. Selain sate, jangan lupa mencicipi supnya yang disajikan dengan nasi putih hangat.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Riau.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *