Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi

Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi

Table of Contents

Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tanjung Jabung Barat. Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat berada di Kuala Tungkal. Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tanjung Jabung Barat.

 

Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tanjung Jabung Barat, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi.

 

Pantai Pangkal Babu

 

Terletak langsung menghadap Laut Cina Selatan, Pantai Pangkal Babu dengan pasir putihnya menawarkan pesona alam yang sangat indah. Pantai ini terletak di dua dusun, yaitu Dusun Makmur dan Dusun Bahagia, di Desa Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir. Meskipun tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kuala Tungkal, pantai ini tidak begitu dikenal oleh banyak orang karena sulit dijangkau. Jalan menuju pantai tersebut sempit dan licin, terutama saat musim hujan.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

Bagi penduduk sekitar, keberadaan pantai pasir putih Pangkal Babu ini cukup menakjubkan karena wilayah ini sebenarnya dikenal sebagai pantai berlumpur. Tidak jauh dari pantai pasir putih Pangkal Babu, terdapat hutan mangrove yang luas, berfungsi untuk menahan erosi dan banjir akibat pasang air laut. Pemandangan di sekitar hutan mangrove sangat indah dengan banyaknya tumbuhan hijau yang mempercantik kawasan tersebut.

Lokasi: Tungkal I, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

 

Waterfront City

 

Waterfront City awalnya dibangun dengan tujuan khusus untuk memecah ombak di laut, namun kemudian menjadi Destinasi wisata yang menarik karena keindahan alamnya. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang senang mengunjungi tempat ini. Di sore hari, Destinasi wisata ini yang terletak di Jalan Panglima Anjungan Marina Pengabuan Permai, Kuala Tungkal, ramai dikunjungi oleh penduduk setempat dan wisatawan. Diiringi oleh angin yang berhembus, pengunjung dapat menikmati suara deburan ombak yang menenangkan mata.

Lokasi: Sungai Serindit, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

 

Bukit Senyum

 

Salah satu destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi saat berada di Tanjung Jabung Barat adalah Bukit Senyum yang terletak di Area Petrochina Pematang Lumut, Kecamatan Betara. Seperti namanya, siapa pun yang mengunjungi tempat ini akan tersenyum melihat pemandangan gemerlap lampu kota yang indah. Dari atas bukit ini, pemandangan perkotaan yang cantik dengan berbagai warna lampu menjadi lebih menarik saat mengunjunginya di malam hari. Ketenangan dan kedamaian dapat dirasakan di lokasi ini karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

 

Danau Hijau

 

Baca  Destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh, Jambi

Di Desa Rantau Benar, Kecamatan Renah Mendaluh, terdapat danau yang indah yang tercipta oleh Sang Pencipta. Pemandangan danau hijau ini sangat memukau dan eksotis. Batu-batu putih di sekitar danau hijau semakin menambah kecantikan lokasi wisata di kawasan PT Bukit Kausar. Mengabadikan momen di tempat indah ini menjadi suatu keharusan karena akan terlihat sangat indah.

Lokasi: Desa Rantau Benar, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Calista Irawan

 

Salah satu dari banyak air terjun yang ada di Tanjung Jabung Barat, air terjun Calista Irawan menjadi tempat yang cukup diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Akses menuju lokasi sangat mudah sehingga selalu ramai pengunjung. Dengan memiliki 7 tingkatan air terjun, Destinasi wisata ini semakin terlihat indah.

Di bagian paling bawah, terdapat kolam besar yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar berendam sambil menikmati air yang mengalir dari atas. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Ketenangan alam bisa dinikmati sambil memandang kehijauan tumbuhan di sekitar air terjun.

Lokasi: Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun 12 Tingkat Sungai Lengginai

 

Air terjun dengan 12 tingkatan ini memiliki lokasi yang sulit dijangkau. Perjalanan menuju air terjun dengan pemandangan menakjubkan ini memakan waktu 1 jam. Namun, semua kelelahan terbayar lunas karena ada pemandangan indah di hadapan mata. Kesejukan dan suara gemuruh air yang jatuh dari 12 tingkat membuat suasana semakin tenang.

Saat mengunjungi air terjun 12 tingkat di Tanjung Jabung Barat ini, seolah-olah kesulitan dan masalah hidup sejenak menghilang.

Lokasi: Desa Sungai Gebar, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Baca  Objek wisata yang ada di Gayo Lues, Aceh

 

Demikianlah Destinasi wisata yang terdapat di Tanjung Jabung Barat, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *