Tempat wisata di Jayawijaya

7 Tempat Wisata yang ada di Jayawijaya, Papua Pegunungan

Table of Contents

Jayawijaya merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Pegunungan. Kabupaten Jayawijaya memiliki sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di dunia. Kabupaten Jayawijaya ini terletak di kawasan dataran tinggi sehingga tempat wisata di wilayah Kabupaten Jayawijaya ini kebanyakan berupa lembah dan pegunungan. Kabupaten Jayawijaya ini memiliki kekayaan budaya, tradisi, dan adat istiadat yang masih sangat terjaga dan selalu diwariskan turun temurun dari nenek moyang mereka. Selain terkenal akan keindahan tempat wisata alamnya, Kabupaten Jayawijaya juga terkenal akan wisata budaya dan sejarahnya.

 

7 Tempat Wisata yang ada di Jayawijaya, Papua Pegunungan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Pulau Papua, kamu bisa mengunjungi Jayawijaya, di sana kamu akan disuguhkan sebuah tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat setelah bekerja. Berikut adalah 7 Tempat Wisata yang ada di Jayawijaya, Papua Pegunungan.

 

Goa Kontilola

Goa Kontilola

Goa Kontilola adalah sebuah goa yang bisa kamu kunjungi di Desa Miliama, Distrik Asologaima, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Goa ini terkenal memiliki banyak hal-hal mistis dan rahasia. Menurut kepercayaan penduduk sekitar, goa ini pernah di tempati oleh para alien. Namun dibalik semua mitos yang beredar di masyarakat tersebut, Goa Kontilola ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan goa yang memiliki bentuk yang sangat indah dan memiliki banyak nilai sejarah. Disana juga terdapat lukisan-lukisan dinding yang dipercaya oleh masyarakat sekitar jika lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh para Manusia Purba. Namun ada juga beberapa masyarakat yang percaya jika lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh para alien.

 

Kampung Wisata Suroba

Kampung Wisata Suroba

Kampung Wisata Suroba merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di  Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Kampung wisata Suroba ini termasuk ke wisata budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Jayawijaya. Masyarakat kampung Suroba masih sangat menjaga tradisi dan adat istiadat yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka. Di Kampung Suroba ini kamu bisa menyaksikan secara langsung bagaimana kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat Desa Suroba dari pagi hari hingga malam hari. Di kampung ini kamu akan menemukan banyak rumah warga yang berupa rumah adat khas Papua, yakni rumah Honai yang merupakan warisan para leluhur mereka.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Lebong, Bengkulu

 

Rumput Mei

Rumput Mei

Tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi di Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan yang sangat indah. Jika biasanya sebuah lembah diselimuti hamparan rerumputan yang hijau, namun di tempat wisata yang satu ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan hamparan rumput ilalang yang memiliki warna ungu.

Tempat wisata Rumput Mei ini berada di dalam sebuah lembah Kampung Parema. Namun untuk menemukan pemandangan hamparan rumput berwarna ungu yang sangat indah, kamu harus datang pada waktunya pas, karena fenomena rumput berwarna ungu ini hanya akan bisa kamu temukan sekali dalam setahun.

 

Air Terjun Walesi

Air Terjun Walesi

Air Terjun Walesi merupakan sebuah air terjun yang bisa kamu kunjungi di Desa Walesi, Distrik Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Nama air terjun ini diambil dari nama daerah tempat terletaknya air terjun ini, seperti kebanyakan tempat wisata di Jayawijaya. Di tempat wisata ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang sangat indah dan bersih dengan ketinggian air terjun yang masih relatif aman. Aliran air terjun ini tidak begitu deras, dengan kolam alami di bawah air terjun yang kedalamannya cukup dangkal. Kamu bisa bermain air di kolam tersebut dengan selalu merasa aman sembari menikmati keindahan alam yang masih sangat asri dengan suasana yang sangat sejuk.

 

Danau Habbema

Danau Habbema

Danau Habbema merupakan salah satu tempat wisata danau yang terbilang cukup langka di Indonesia. Danau Habbema ini terletak di Desa Tailarek, Distrik Asotipo, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Hal yang membuat danau ini disebut langka karena Danau Habbema ini berada di ketinggian 3.225 mdpl, sehingga membuat danau ini menyandang julukan sebagai danau di atas awan. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sangat segar dan sejuk.

Baca  Rekomendasi objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Pegunungan Arfak, Papua Barat

 

Jembatan Sinatma

Jembatan Sinatma

Jembatan Sinatma merupakan sebuah tempat wisata ekstrim yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Tempat wisata Jembatan Sinatma ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang suka dengan tantangan. Di tempat wisata ini, kamu bisa mencoba melewati jembatan yang terletak di atas sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras. Yang akan membuat liburanmu terasa lebih ekstrim adalah Jembatan Sinatma ini berupa jembatan gantung dengan bahan yang digunakan untuk membangun jembatan ini hanyalah kayu saja, tanpa menggunakan besi. Kamu akan merasakan sensasi yang sangat menegangkan ketika mencoba berjalan di atas jembatan ini.

 

Pasir Putih Desa Aikima

Pasir Putih Desa Aikima

Pasir Putih biasanya akan kita temukan di pantai, namun kali ini kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda. Kamu bisa menemukan pasir putih yang berada di dataran tinggi Desa Aikima, Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Tempat wisata yang satu ini tepatnya terletak di Desa Aikima, Lembah Baliem. Kamu akan disuguhkan sebuah tempat wisata berupa bukit yang diselimuti alih pasir putih. Selain memiliki pasih putih, tempat wisata yang satu ini juga memiliki banyak keunikan yang membuat siapapun yang mengunjunginya akan terkagum-kagum.

 

Demikianlah 7 Tempat Wisata yang ada di Jayawijaya, Papua Pegunungan. Sungguh keindahan alam yang luar biasa. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk rencana liburan kamu. Selamat berlibur.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *