Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan

Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan

Table of Contents

Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Musi Rawas. Musi Rawas merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Musi Rawas berada di Muara Beliti. Kabupaten Musi Rawas ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Musi Rawas.

 

Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Musi Rawas, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan.

 

Danau Aur

 

Danau Aur adalah destinasi wisata yang terletak di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumber Harta. Danau ini telah lama dikelola dan menjadi aset pariwisata Musi Rawas. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan danau ini. Harga tiket masuknya awalnya hanya 2 ribu rupiah, namun sekarang telah naik menjadi 23 ribu rupiah. Kenaikan harga tiket di Danau Aur ini disebabkan oleh adanya penambahan fasilitas yang memanjakan para pengunjung, seperti perpustakaan terapung yang berada di tengah atau di atas permukaan air danau.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Lokasi: Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Gegas

 

Danau ini terletak di Desa Sugiwaras, Kecamatan Sukakarya. Mungkin masih banyak yang belum mengenal nama danau ini karena belum dimanfaatkan sepenuhnya sebagai Destinasi wisata. Padahal, Danau Gegas memiliki keindahan yang luar biasa, terutama saat dilihat dari atas tebing di sisi bendungan. Suasana rindang di tepi danau memberikan kesan yang nyaman dan teduh, sehingga siapa pun akan betah saat mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Suro, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Bukit Cogong

 

Destinasi wisata ini terletak di kawasan cagar alam di Desa Sukakarya. Untuk mencapai lokasi ini, hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Lubuk Linggau. Jalan yang sudah beraspal memudahkan pengunjung mengakses tempat ini. Para pecinta alam akan betah di kawasan ini karena alamnya yang masih alami, dengan pepohonan rindang dan batu-batu besar di sekitarnya.

Bukit ini juga memiliki air terjun kecil yang airnya mengalir dari bebatuan besar, serta terdapat tempat istirahat yang dekat dengan air terjun. Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini adalah warung-warung yang berada di pintu masuk. Ketersediaan fasilitas yang lengkap membuat Bukit Cogong menjadi tempat yang cocok untuk berkemah dan kegiatan outbond.

Lokasi: Sukaraya, Suku Tengah Lakitan Ulu, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Curug Tinggi

 

Di Musi Rawas terdapat air terjun yang disebut Curug Tinggi, terletak di Desa Taba Remanik. Untuk mencapai tempat ini, Anda perlu mengendarai sepeda motor sejauh 2 km karena sudah ada jalan setapak yang dibangun di area tersebut. Destinasi wisata menarik ini memiliki keindahan alam yang masih sangat alami dengan empat air terjun berukuran kecil dan besar. Ada yang memiliki ketinggian 30 meter, 50 meter, dan juga yang memiliki ketinggian 20 meter.

Baca  Objek wisata yang ada di Pagar Alam, Sumatera Selatan

Lokasi: Taba Remanik, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Curug Panjang Durian Remuk

 

Curug Panjang Durian Remuk, juga dikenal sebagai Curug Panjang, memiliki bentuk air terjun yang tidak tinggi seperti air terjun pada umumnya, melainkan memanjang dan terlihat sangat eksotis. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena Destinasi wisata ini mudah dijangkau dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Terdapat area parkir yang luas, kamar mandi, dan juga warung yang menyajikan berbagai jenis makanan lezat.

Lokasi: Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Tengkuyung

 

Meskipun terletak di kawasan hutan, akses ke Air Terjun Tengkuyung ini cukup mudah. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini, terutama mereka yang hobi hiking atau petualangan trail. Pesona yang ditawarkan oleh air terjun ini tidak hanya terletak pada keindahan sekitar air terjun, tetapi juga pengunjung akan merasakan hal yang menarik saat memasuki kawasan hutan. Terdapat pepohonan yang rimbun, sungai kecil yang bisa dijangkau, memberikan nuansa yang berbeda terutama bagi pecinta alam.

Lokasi: Desa Pasenan, Kecamatan STl Ulu, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Kati

 

Air Terjun Kati terletak di tengah aliran sungai yang mempesona, dikelilingi oleh pepohonan hijau. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini karena keindahannya yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Air Terjun Kati memiliki sumber air dari aliran Sungai Kati di Bukit Barisan, sehingga airnya tidak hanya jernih tetapi juga memiliki suhu yang dingin.

Lokasinya berada di Desa Durian Remuk, berbatasan langsung dengan Lubuk Linggau dan Bengkulu. Untuk mencapai tempat ini, Anda perlu memiliki semangat petualangan karena harus berjalan kaki melalui daerah hutan yang cukup terjal.

Baca  Tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, Aceh

Lokasi: Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Destinasi wisata terpopuler di Musi Rawas, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *