Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Table of Contents

Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tapanuli Tengah. Tapanuli Tengah merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah berada di Pandan. Kabupaten Tapanuli Tengah ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tapanuli Tengah.

 

Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

 

Pulau Mursala

 

Saat ini Pulau Mursala menjadi landmark Tapanuli Tengah. Ada keistimewaan di Pulau Mursala yang hilang dari wisata lain di Tapanuli. Kamu bisa melihat air terjun yang langsung mengalir ke lautan, pemandangan ini pasti akan sangat menawan jika dilihat secara langsung. Usahakan datang kesini saat cuaca sedang bagus dan belum musim hujan. Kemudian Anda bisa melihat Aliran air yang deras jatuh ke air samudra biru. Jika Anda naik speed boat dari salah satu pantai, tepatnya Pantai Pandan, Anda bisa mencapai Pulau Mursala yang berada di kecamatan Tapian Nauli, dalam waktu kurang lebih dua jam.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Bandar Lampung, Lampung

Memang, daya tarik utama pulau ini bagi wisatawan adalah lingkungan bawah lautnya yang menakjubkan. Yang lebih menarik lagi, air dari air terjun Pulau Mursala ini tidak pernah kering, hanya saja pada musim kemarau volume airnya agak berkurang.

Lokasi : Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Wisata Sejarah Titik Nol Islam Nusantara

 

Wisata ini bertempat di Barus, kota tertua di Pesisir Barat. Ada banyak wisata otentik di kota ini, salah satunya terkenal dengan industri travelnya yang sudah teruji, khususnya No Point of Islam Nusantara. Meski terbilang masih baru di Tapanuli Tengah, wisata ini tidak pernah sepi.

Pada 24 Maret 2017, Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, meresmikan Titik Nol Islam di Nusantara. Pintu masuk utama Islam Nusantara adalah Kota Barus sendiri. Barus secara historis dianggap sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Asia pada saat itu.

Karena merupakan kota tertua di nusantara, Anda bisa menemukan banyak makam pedagang Timur Tengah di sini. Karena itu, mayoritas masyarakat di daerah ini juga menganut agama Islam. Luangkan waktu untuk mengunjungi kota Barus jika ingin berwisata sekaligus belajar lebih banyak.

Lokasi: Pasar Batu, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pulau Kalimantung

 

Ya, Pulau Kalimantung merupakan salah satu wisata alam indah yang ditawarkan Sumatera. Masih ingat dengan pernyataan bahwa Sumatera memiliki tempat-Destinasi wisata tersebut? Bisa dipastikan wisata alam yang tiada duanya ini tidak akan mengecewakan anda. Sejauh mata memandang, airnya sangat biru dan jernih. Asumsi tentang pulau yang indah dan tenang memang akan diakui melalui keindahan Pulau Kalimantung.

Baca  Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung

Dari Pandan, ibu kota Tapteng, dibutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara menuju pulau yang satu ini. Untuk mencegah sengatan matahari, jangan lupa gunakan tabir surya.

Lokasi : Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pulau Putri

 

Pulau Putri adalah pilihan bagus jika Anda mencari kedamaian dan ketenangan. Pulau Putri Anda benar-benar bisa merasakan kedamaian yang diberikan pulau ini. Ada banyak pohon yang rindang di pulau yang indah ini. Waktu tempuh untuk sampai di tempat ini terbilang cukup lama yaitu 90 menit dengan cuaca yang sangat bagus.

Anda bisa mencoba menjelajahi Pantai Pulau Putri bagi pecinta snorkeling. Untuk kenyamanan olahraga air seperti snorkeling, ombak di sini sangat bisa diandalkan.

Lokasi : Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pulau Pandan

 

Lokasi selanjutnya adalah Pulau Pandan . Jika anda ke Tapanuli Tengah, sepertinya perjalanan wisata alam anda tidak akan ada habisnya. Bahkan, Anda masih bisa menemukan banyak pulau dan pantai di sini. Salah satu yang paling mencengangkan adalah Pulau Pandan.

Pulau ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai bersama orang terkasih atau teman. Anda bisa berharap akan disambut oleh deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Lokasi: Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pantai Kade Tigo Barus

 

Masih banyak lagi pantai-pantai di Tapanuli Tengah yang bisa Anda kunjungi selain berwisata bersama turis. Pantai-pantai di Pulau Pandan dan Kalimantung lebih terkenal dari pantai yang satu ini. Namun keindahan pantai ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Ketika Anda mengunjungi lokasi ini, Anda akan memiliki pemandangan alam yang indah. Bagaimanapun, jangan datang ke sini tanpa teman, bersenang-senang sendirian di pantai yang indah akan sangat tidak menyenangkan.

Baca  10 Rekomendasi tempat wisata di Ngada, Nusa Tenggara Timur

Lokasi: Kedai Gedang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pantai Sindeas

 

Ingin ke pantai, tapi tak mau suasananya ramai? Anda bisa berwisata ke Pantai Sindeas yang memiliki ombak tenang dan angin sepoi-sepoi dari laut. Cocok digunakan sebagai tempat berlibur untuk menyaksikan matahari tenggelam atau terbenam.

Pantainya lebih sejuk dan teduh karena banyaknya pohon pinus yang tinggi di sepanjang bibir pantai. Tentunya fakta bahwa pantai ini tidak memiliki pasir putih tidak mengurangi keindahannya.

Lokasi:  Manduamas, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Coral Island

 

Coral island adalah pulau yang wajib dikunjungi yang juga bisa menjadi tempat melepas penat dan sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota. Di pulau ini, air lautnya merupakan perpaduan antara hijau dan biru yang tentunya menyejukkan mata. Jika Anda berkunjung ke lokasi ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.

Lokasi: Sitiris-tiris, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

 

Demikianlah Destinasi wisata terindah yang ada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *