Destinasi wisata di Aceh Utara

Destinasi wisata paling populer di Aceh Utara, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Utara. Aceh Utara merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Utara berada di Lhoksukon. Kabupaten Aceh Utara ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Aceh Utara.

 

Destinasi wisata paling populer di Aceh Utara, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Utara, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer di Aceh Utara, Aceh.

 

Air Terjun Blang Kolam

 

Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kota Makmur. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau, terutama dengan adanya dua air terjun dan banyak pohon yang rimbun dan indah di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati bermain air sepuasnya, mandi di bawah air terjun, atau hanya menikmati pemandangan sekitar.

Untuk mencapai Air Terjun Blang Kolam, pengunjung harus menuruni anak tangga sebanyak 660. Biaya masuk ke Destinasi wisata ini sebesar Rp 2.500. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi, namun untuk mencapai air terjun harus berjalan kaki.

Baca  Tempat wisata paling populer di Siak, Riau

Lokasi: Desa Sido Mulyo, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

 

Pantai Ulee Rubek

 

Pantai Ulee Rubek terletak di Kecamatan Seunuddon. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dan memiliki ciri khas sendiri, yaitu pasir pantainya yang halus dan lingkungannya yang bersih. Bahkan pengunjung dapat mengambil sedikit pasir putih dari pantai dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Pengunjung dapat mencapai Pantai Ulee Rubek menggunakan transportasi publik atau pribadi melalui jalur darat. Waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Lhokseumawe dengan jarak sekitar 49 km. Di pantai ini, tersedia berbagai fasilitas pendukung untuk pengunjung.

Lokasi: Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

 

Rumah Adat Cut Nyak Meutia

 

Rumah Adat Cut Nyak Meutia terletak di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, dan merupakan salah satu warisan budaya yang dijaga keasliannya. Bangunan berbahan kayu ini diubah menjadi museum untuk mengenang sosok pahlawan wanita asal Aceh, Cut Meutia, yang memperjuangkan kemerdekaan selama 20 tahun melawan penjajahan Belanda. Rumah Adat Cut Nyak Meutia menawarkan pengalaman belajar sejarah bagi pengunjung tentang keberanian dan semangat juang Cut Meutia. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 9 km dari Kota Lhokseumawe.

Lokasi: Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

 

Pantai Sawang

 

Pantai Sawang terletak di Desa Sawang, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir yang memesona dan bentuk pantainya yang unik seperti mangkok serta garis pantainya yang sangat panjang. Pengunjung dapat menikmati air yang jernih dan pasir yang berwarna kecoklatan yang membuat pengunjung betah di pantai ini.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Barito Kuala, Kalimantan Selatan

Selain menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga dapat membeli berbagai jenis ikan tangkapan hasil nelayan setempat. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 29 km dari Kota Lhokseumawe.

 

Pantai Krueng Geukuh

 

Pantai Krueng Geukuh, sebuah destinasi wisata laut yang terletak di Kecamatan Dewantara, Lhokseumawe. Pantai ini menawarkan keindahan pasir dan air laut yang masih alami dan akan mempesona mata pengunjung. Penduduk di desa sekitar Pantai Krueng Geukuh sangat peduli dengan lingkungan. Nelayan setempat menggunakan kapal perahu tradisional untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Pantai Krueng Geukuh juga terkenal dengan Mie Aceh yang lezat. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil menikmati hidangan Mie Aceh yang enak.

Lokasi: Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

 

Pantai Lancok

 

Pantai Lancok merupakan destinasi wisata yang cocok untuk bersantai, terletak di Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu. Ciri khas dari Pantai Lancok adalah pondok-pondok yang tegak berdiri berjejer di sepanjang garis pantai. Pengunjung dapat menikmati sensasi gemuruh ombak sambil menikmati kelapa muda dan mie kepiting, makanan khas di Destinasi wisata ini.

Pantai Lancok juga dikenal sebagai penghasil kerang darah. Para pemburu kerang darah biasanya turun langsung ke laut yang berjarak sekitar 200-200 meter dari bibir pantai.

Lokasi: Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Destinasi wisata paling populer di Aceh Utara, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *