Destinasi wisata di Pidie Jaya

Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pidie Jaya, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Pidie Jaya. Pidie Jaya merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Pidie Jaya berada di Meureudu. Kabupaten Pidie Jaya ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Pidie Jaya.

 

Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pidie Jaya, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Pidie Jaya, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pidie Jaya, Aceh.

 

Pantai Meurah Seutia

 

Pantai Meurah Seutia atau yang dikenal juga sebagai Pantai Manohara merupakan sebuah pantai yang terdapat di Kabupaten Pidie Jaya. Pantai ini pernah ditutup setelah terjadinya gempa bumi di Pidie Jaya pada tanggal 7 Desember 2016 silam. Pantai ini ditutup karena dituduh sebagai ladang maksiat oleh warga sekitar. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya pariwisata di Pidie Jaya, Pantai Meurah Seutia dibangkitkan lagi dengan konsep yang lebih Islami. Pantai ini terletak di Desa Meunasah, Kecamatan Meuredu, Kabupaten Pidie Jaya, dan menawarkan keindahan alam yang memukau serta fasilitas yang lengkap. Wisatawan dapat menikmati kuliner khas Aceh sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan merdunya deburan ombak. Pantai Manohara juga sering dijadikan sebagai latar belakang untuk foto pre-wedding.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Wajo, Sulawesi Selatan

 

Krueng Lhok Gop

 

Jika Anda merasa bosan dengan wisata pantai, Pidie Jaya memiliki destinasi wisata yang menarik yaitu Krueng Lhok Gop atau Sungai Lhok Gop. Terletak di Gampong Beurasan, Bandar Dua, pengunjung akan menempuh perjalanan yang lumayan jauh untuk bisa sampai ke Krueng ini. Namun jangan khawatir, keletihan dalam perjalanan akan terbayar setelah tiba di lokasi karena pemandangannya yang sangat asri dan memukau.

Krueng Lhok Gop sangat direkomendasikan bagi mereka yang bosan dengan pantai, ingin refreshing, atau mencari ketenangan sambil mendengarkan suara air yang mengalir melalui celah batu alam. Lokasi Krueng Lhok Gop berada di Desa Kumba, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya.

 

Irigasi Jiem-Jiem

 

terletak di sekitar sawah hijau yang luas, menawarkan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Meskipun untuk mencapainya memerlukan upaya yang melelahkan dan melelahkan, tetapi ketika merasakan kesegaran dari air irigasi yang dingin, segala lelah dan kepenatan dari perjalanan dapat hilang.

Berkunjung ke Irigasi Jiem-Jiem sangat cocok bagi mereka yang bosan dengan suasana kota atau pekerjaan dan ingin bersantai bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Desa Jijiem, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Gunung Palang

 

Air Terjun Gunung Palang yang berada di Desa Abah Lueng, Bandar Baru, Pidie Jaya merupakan destinasi berikutnya yang dapat dikunjungi. Meski perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan menaiki gunung, pemandangan air terjun yang indah di sana akan membuat setiap lelah terbayar. Di samping itu, Anda juga dapat memasang tenda di sekitar air terjun dan menikmati suasana yang menenangkan di sana. Pasti asyik tidur dengan suara gemuruh air terjun sebagai musik pengantar tidur!

Baca  Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

Lokasi: Desa Abah Lueng, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

 

Krueng Meureudu

 

Krueng Meureudu atau Sungai Meureudu adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang suka olahraga ekstrem seperti arung jeram atau rafting. Sungai ini cocok untuk pemula maupun profesional di bidang arung jeram atau rafting. Lingkungannya masih sangat alami dan ekosistemnya terjaga dengan baik. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir akan adanya sampah yang dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab di tempat ini.

Lokasi: Desa Meuko, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

 

Benteng Kuta Batee

 

Setelah mengunjungi wisata religi, Pidie Jaya juga menyediakan destinasi wisata sejarah, salah satunya adalah Benteng Kuta Batee. Benteng ini juga dibangun oleh Sultan Iskandar Muda seperti Masjid Kuta Batee pada tahun 1620 Masehi.

Benteng bersejarah ini terbuat dari batu dan campuran putih telur serta tepung ketan, mengingat semen belum ditemukan pada masa itu. Pemandangan benteng ini sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto sekaligus mengenang sejarah kejayaan Sultan Iskandar Muda.

Lokasi: Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

 

Taman Kota Pidie Jaya

 

Taman Kota Pidie Jaya merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke kota tersebut. Terdapat kolam dan berbagai jenis bunga yang indah menghiasi taman ini, sehingga memberikan suasana yang lebih eksotis. Tempat ini kerap dikunjungi oleh remaja sebagai tempat nongkrong, atau sebagai tempat untuk bersantai dan menyegarkan pikiran bagi warga sekitar.

Lokasinya berada di Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

 

Baca  Tempat wisata paling populer di Natuna, Kepulauan Riau

Demikianlah Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pidie Jaya, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *