Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Table of Contents

Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Aceh. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tapanuli Selatan. Tapanuli Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan berada di Sipirok. Kabupaten Tapanuli Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Tapanuli Selatan.

 

Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

 

Danau Siais

 

Destinasi wisata Sipirok, Tapanuli Selatan yang satu ini sangat layak untuk dikunjungi. Dengan luas kurang lebih 4,5 hektar, Danau Siais merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara, setelah Danau Toba.

Lokasi ini berada di Desa Rianiate Sumatera Utara, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pemandangan Danau Siasi sangat mempesona, ditambah dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Lokasi: Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Aek Sijorni

 

Aek Sijorni adalah salah satu air terjun di Kabupaten Tapanuli Selatan, menurut backpackerjakarta.com. Air terjun di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini menarik karena bentuknya yang bertingkat dan tingginya sekitar 10 meter.

Baca  5 Objek Wisata yang wajib kamu kunjungi di Konawe, Sulawesi Tenggara

Uniknya, air terjun ini tidak pernah surut sedikitpun saat musim kemarau. Selain itu, sejumlah fasilitas seperti penginapan dan kolam renang bisa ditemukan di sekitar air terjun.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Gunung Sibual

 

Jika Anda suka mendaki dan menuruni gunung, Gunung Sibual-buali mungkin tempat yang bagus untuk memulai. Sibual-buali adalah stratovolcano di wilayah Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Ini adalah gunung berapi berbentuk kerucut atau komposit.

Di Sumatera Utara, gunung ini dapat ditemukan di titik paling selatan Bukit Barisan. Dimana kawasan tersebut memiliki banyak keunikan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung saat melakukan pendakian.

Memang gunung dengan ketinggian sekitar 1.819 meter di atas permukaan laut atau meter di atas permukaan laut ini juga memiliki berbagai jenis vegetasi, bahkan ada yang endemik di gunung ini.

Lokasi : Gunung Sibualbuali, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Silima-Lima

 

Jika anda menyukai Air Terjun. Air terjun Silima-lima dapat ditemukan di Desa Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, di Tapanuli Selatan.

Namun, sangat menantang dan membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi air terjun ini. Karena wisatawan harus berjalan kurang lebih dua kilometer dengan tanjakan dan turunan yang sangat melelahkan.

Namun, semua kelelahan Anda akan terbayar saat melihat keindahan air terjun yang tingginya mencapai lebih dari 80 meter ini. Selain itu, lokasi ini cukup eksotik karena pemandangan pepohonan rimbun yang mengelilinginya.

Lokasi: Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Sisundung Parsalakan

 

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Padang Sidempuan, Sumatera Utara

Air Terjun Sisundung Parsalakan adalah air terjun lain di Tapanuli Selatan, menurut Wisatalengkap.com. Karena jaraknya yang kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan, lokasi ini cukup mudah dijangkau.

Fakta bahwa air terjun yang berada di Desa Ssundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, ini memiliki dua air terjun sekaligus—disebut juga air terjun kembar—yang membuatnya menarik. Kolam yang sama dengan airnya yang bersih, cocok untuk melepas penat, bisa dicapai melalui air terjun. Tidak jarang para tamu bermain air, berenang, mencuci dan lain sebagainya latihan.

Lokasi: Sisundung, Kecamatan Angkol Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air terjun Aek Malakkut

 

erupakan air terjun berikutnya di Tapanuli Selatan. Lebih banyak upaya diperlukan untuk perjalanan ini. Lokasinya berada di Desa Marancar Gondang yang berada di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Tempat ini masih sangat teratur dan jarang dihubungi. Wisatawan harus membelah hutan dan berjalan kaki selama kurang lebih dua jam karena lokasinya.

Meski akan sulit, semuanya akan terbayar saat melihat dinding batu lurus dan tanaman rambat hijau yang tak kalah indahnya.

Lokasi : Julu Marancar, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Danau Marsabut

 

Tidak hanya ada satu danau di Tapanuli Selatan, tetapi ada juga danau lain di sana. Danau tersebut adalah Danau Marsabut yang berada di Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Memang wisata kali ini menyuguhkan udara danau yang nyaman, tenang, dan suhu udara yang sangat sejuk.

Lokasi : Kembang Bondar, Kecamatan Sipirok , Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Benteng Huraba

 

Ternyata di Kabupaten Tapanuli Selatan juga terdapat bukti atau simbol sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajah. Benteng Huraba adalah peninggalan yang dimaksud.

Baca  Objek wisata yang terdapat di Banjar, Kalimantan Selatan

Destinasi wisata ini terletak di Desa Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bagian yang tersisa yang bagaimanapun juga dapat dilihat adalah sebagai tiang yang kuat dengan desain Belanda kuno, senjata, dan beberapa perangkat konflik lainnya.

Lokasi : Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Air Terjun Sisoma

 

Di Tapanuli Selatan, mayoritas wisata berfokus pada air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Sisoma yang terletak di Kota Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Seperti air terjun Sebelumnya di Tapanuli Selatan, air terjun Sisoma ini masih sangat indah dan belum banyak terjamah. Pasalnya, untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus berjalan-jalan di hutan sekitar 2 kilometer. Secara alami, keindahannya tidak dapat disangkal, dan semua kelelahan akan hilang begitu saja.

Lokasi : Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

 

Pantai Muara Upu

 

Bukan hanya bukit atau air terjun saja. Selain itu, Tapanuli Selatan menawarkan wisata pantai. Pantai ini dikenal dengan nama pantai Muara Upu karena berada di Desa Muara Upu, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Karena letaknya di sebelah barat kabupaten Muara Batang Toru, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Barat Muara Batangtoru. Pasir putih di pantai ini memiliki sedikit rona kecokelatan, dan dikelilingi oleh pepohonan yang asri dan rindang. Pantai ini buka sepanjang hari, setiap hari, jadi Anda bisa datang ke sini kapan pun Anda mau.

Lokasi : Muara Upu, Kecamatan Batang Toru Muara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Demikianlah Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *