Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau

Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau

Table of Contents

Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau – Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Riau ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Pelalawan. Pelalawan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu kota Kabupaten Pelalawan berada di Pangkalan Kerinci. Kabupaten Pelalawan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Pelalawan.

 

Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Pelalawan, Riau. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau.

 

Danau Wisata Betung

 

Danau Wisata Betung, seperti namanya, terletak di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras. Danau ini terletak di pusat budaya Melayu. Salah satu keunggulan Destinasi wisata Danau Wisata Betung adalah adanya bangunan bersejarah yang berada di tengah danau, sehingga Danau Wisata Betung diakui sebagai Pusat Budaya Petalangan.

Di Danau Wisata Betung, Anda dapat menemukan beragam seni dan budaya asli masyarakat Kabupaten Pelalawan yang dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Danau Kajuit

 

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Destinasi selanjutnya adalah Danau Kajuit. Destinasi wisata Danau Kajuit terletak di Kecamatan Langgam, dekat dengan Masjid Raya Langgam. Danau ini juga dikenal dengan nama Danau Kaduik atau Danau Tajwid. Saat menginjakkan kaki di Danau Kajuit, Anda akan terpesona dengan keindahan alam yang disajikan. Danau ini terletak di tengah hutan yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dan rindang yang sudah berusia puluhan tahun.

Bayangkanlah udara yang segar dan sejuk yang dapat Anda rasakan di Danau Kajuit. Danau ini baru saja dibuka untuk umum dan telah menjadi salah satu destinasi wisata terkemuka di Kabupaten Pelalawan. Di Danau Kajuit, Anda dapat menikmati fasilitas bermain seperti perahu, bebek-bebekan, dan perahu karet. Selama masa liburan sekolah, Danau Kajuit menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat sekitar.

Lokasi: Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Istana Sayap Pelalawan

 

Jika Anda tertarik dengan wisata sejarah, tak ada salahnya untuk mengunjungi Istana Sayap Pelalawan. Bangunan ini adalah salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Pelalawan yang terletak di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Istana ini terdiri dari bangunan utama serta dua bangunan tambahan di sisi kiri dan kanan yang membentuk bentuk seperti sayap.

Dahulu kala, Istana Sayap Pelalawan merupakan pusat Kerajaan Pelalawan yang terletak di tengah Sungai Rasau. Namun, kemudian istana ini dipindahkan ke tepian Sungai Kampar atau di muara Sungai Rasau.

Lokasi: Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Ombak Bono

 

Fenomena alam yang terkenal dengan sebutan Ombak Bono menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Kabupaten Pelalawan. Ombak Bono merupakan gelombang tinggi yang terjadi di Sungai Kampar, dan seringkali digunakan sebagai lokasi untuk berselancar dan mengadakan perlombaan selancar yang populer. Bahkan, destinasi ini telah meraih penghargaan sebagai salah satu tempat berselancar terbaik oleh Kementerian Pariwisata. Ombak Bono berlokasi di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Baca  Objek wisata yang ada di Empat Lawang, Sumatera Selatan

Lokasi: Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Taman Publik Kreatif

 

Taman Publik Kreatif merupakan destinasi wisata selanjutnya di Kabupaten Pelalawan. Terletak di depan kantor bupati Pelalawan, taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang dirancang untuk masyarakat Kabupaten Pelalawan dapat bersantai dan bermain bersama keluarga di pusat kota.

Taman Publik Kreatif dilengkapi dengan beberapa fasilitas sederhana, termasuk gazebo dan taman yang indah dengan keberagaman bunga. Taman ini juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto.

Lokasi: Jl. Lintas Timur Jambi – Riau, Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Suaka Margasatwa Kerumutan

 

Setelah Suaka Margasatwa Sungai Kerumutan terkenal setelah diekspos oleh salah satu stasiun televisi swasta, popularitas destinasi wisata ini tiba-tiba meningkat dan banyak dikunjungi oleh orang-orang. Suaka Margasatwa ini merupakan Destinasi wisata yang mempertahankan kearifan lokal dengan baik oleh masyarakat sekitar hingga saat ini.

Di Suaka Margasatwa Kerumutan, pengunjung dapat melihat berbagai hewan khas Kabupaten Pelalawan dan menikmati kegiatan wisata susur sungai. Lokasi pengamatan hewan-hewan ini aman dan memiliki akses yang relatif mudah.

Lokasi: Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Taman Nasional Tesso Nilo

 

Taman Nasional Tesso Nilo adalah destinasi yang ideal untuk menghabiskan akhir pekan. Di taman nasional ini, Anda dapat melihat flora dan fauna khas Kabupaten Pelalawan. Taman Nasional Tesso Nilo memiliki 218 jenis tumbuhan vaskular setiap 200 meter. Selain itu, taman ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang paling tinggi di antara hutan dataran rendah lainnya di dunia.

Penelitian LIPI pada tahun 2003 mencatat bahwa Taman Nasional Tesso Nilo memiliki setidaknya 114 jenis burung, 3 jenis primata, 15 jenis reptil, 50 jenis ikan, dan 82 jenis tumbuhan obat dan herbal lainnya. Taman Nasional Tesso Nilo juga menjadi habitat bagi gajah Sumatera yang hanya tersisa sekitar 200 ekor dan menjadi tempat perlindungan bagi harimau Sumatera yang semakin langka.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Lampung

Lokasi: Indragiri Hulu, Desa Segati, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Tugu Equator Pelalawan

 

Tugu Equator terletak di Dusun Tua, Jalan Lintas Timur Sumatera, sekitar 56 km dari Pangkalan Kerinci, Ibu Kota Pelalawan. Pada masa penjajahan Belanda, Tugu Equator dibangun sebagai jembatan melingkar yang menghubungkan Desa Tua dengan Desa Pangkalan Lesung. Setelah jembatan besi tersebut runtuh, pemerintah setempat membangun Tugu Equator sebagai simbol perlintasan Garis Khatulistiwa.

Jika Anda tertarik dengan wisata sejarah, kunjungi Tugu Equator ini. Di tempat ini, Anda juga dapat menikmati kelezatan madu asli Pelalawan.

Lokasi: Jalan Lintas Sumatera, Desa Sangkalan, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Demikianlah Destinasi wisata paling populer di Pelalawan, Riau. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *