Tempat wisata kabupaten manggarai timur

10 Destinasi wisata andalan yang ada di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Manggarai Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Manggarai Timur ini memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Mulai dari gunung hingga pantai bisa kamu temukan di Kabupaten Manggarai Timur ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata andalan yang ada di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

 

10 Destinasi wisata andalan yang ada di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur

 

Pantai Watu Pajung

pantai watu pajung

Pantai Watu Pajung merupakan sebuah pantai yang terletak di Watu Pajung, Nanga Baras, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini menyuguhkan sebuah pemandangan hamparan pasir putih yang bersih di sepanjang pantai ditemani air laut yang jernih berwarna kebiruan serta terdapat batu karang yang berdiri dengan kokoh membelakangi area perbukitan yang terlihat asri ditumbuhi pepohonan yang cukup rimbun.

Di sebelah timur pantai ini kamu akan menemukan Padang yang cukup luas, sedangkan di sebelah barat kamu akan menemukan lahan persawahan milik warga sekitar. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Pantai ini dinamakan Pantai Watu Pajung, karena di tepi pantai ini berdiri sebuah batu karang yang menghadap ke arah laut, berbentuk menyerupai payung yang mengembang. Watu Pajung berarti Batu Payung atau batu yang berbentuk menyerupai payung.

 

Danau Rana Tonjong

danau rana tonjong

Danau Rana Tonjong merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Nusa Tenggara Timur. Danau ini terletak di dataran rendah yang dikelilingi oleh perbukitan di bagian sebelah Barat, Selatan, dan Utara. Sedangkan di sebelah timur kamu akan menemukan hamparan sawah yang sangat luas milik masyarakat sekitar.

Danau Rana Tonjong ini memiliki sebuah keunikan yakni ditumbuhi oleh banyak bunga teratai raksasa atau bisa disebut Victoria amazonica dan disebut dengan Tonjong dalam bahasa sekitar. Tumbuhan bunga teratai Raksasa ini menutupi hampir seluruh permukaan danau sehingga Danau ini terlihat seperti tidak memiliki air. Waktu yang sangat tepat berkunjung ke pantai Rana Tonjong ini adalah pada bulan April. Di sana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu banyak bunga teratai yang bermekaran di danau ini.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang terdapat di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah

 

Danau Rana Mese

danau rana mese

Danau Rana Mese merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Danau Rana Mese ini terletak di dalam kawasan hutan lindung yang dikelilingi oleh deretan pegunungan Mando Sawu dan Poco Ranaka. Banyak orang yang beranggapan bahwa Danau Rana Mese ini merupakan sebuah berlian yang tersembunyi di balik gunung Mandosawu. Danau ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti memancing, tracking, dan menikmati keindahan serta suasana yang disuguhkan oleh Danau Rana Mese.

 

Air Terjun Cunca Rede

air terjun cunca rede

Air Terjun Cunca Rede merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Sano Lokom, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki Debit air yang cukup deras. Air terjun ini memiliki suasana yang sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun. Air terjun Puncak Rede ini memiliki tinggi sekitar 10 meter. Kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang berdekatan dengan kawasan persawahan dan kebun kopi milik warga sekitar. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di sini seperti berenang, menelusuri air terjun, dan melihat aktivitas kebun kopi di sekitar air terjun.

 

Air Terjun Radi Ntangis

air terjun radi ntangis

Air Terjun Radi Ntangis merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Ulu Wae, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi yakni gugusan pegunungan dan hamparan kebun kopi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter dengan debit air yang cukup deras.

 

Benteng Empu

Benteng Empu merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Pocolia, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Empu merupakan sebuah nama kampung. Sekitar 173 tahun yang lalu penduduknya berpindah di sekitar lokasi Empu. Kampung tersebut sekarang diberi nama Maro. Kampung Empu ini terletak di atas Wadas yang di sekitarnya dikelilingi tebing curam dan berbatu. Di depannya terdapat sebuah batu besar berbentuk gua alam. Dulu tempat ini sering dijadikan benteng Peperangan antara masyarakat sipil. Maka dari itu Kampung Empu ini dibangun benteng pertahanan dari kumpulan-kumpulan batu. Konon katanya di kawasan ini terdapat benda peninggalan sejarah yakni Parang Sakti milik Empu Seheng.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Soppeng, Sulawesi Selatan

 

Air Panas Rana Masak

Air panas rana masak

[Air Panas Rana Masak ini terletak di Desa Rana Masak, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Objek wisata ini memiliki luas sekitar satu hektar dan didominasi oleh pemandangan persawahan milik penduduk dan pegunungan yang hijau dan sangat asri memberikan suasana yang sejuk di sekitar Air Panas Rana Masak ini. Di sana kamu akan menemukan tiga mata air dengan suhu 40 derajat Celcius.

 

Pantai Cepi Watu

pantai cepi watu

Pantai Cepi Watu merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih di sepanjang bibir pantai yang membentang sekitar 3,5 kilometer dari barat hingga ke timur sampai ke sungai Wae Bobo. Pantai ini memiliki sebuah keunikan yakni pada musim barat sebagian bibir pantai di bagian barat memunculkan hamparan batu, sedangkan pada musim timur maka pantai ini akan tertutupi oleh pasir putih.

 

Pantai Laing Lewe

pantai laing lewe

Pantai Laing Lewe merupakan sebuah pantai yang terletak di kampung Dampek, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih didampingi dengan lautan yang memiliki air jernih serta kebiruan. Di sana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan pantai yang sangat indah. Pantai ini dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang cukup rimbun. Inilah yang menyebabkan udara di sekitar pantai ini menjadi sangat segar dan sejuk.

 

Gunung Poco Ndeki

gunung poco ndeki

Gunung Poco Ndeki merupakan sebuah gunung yang terletak di kecamatan borong, Kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur. Gunung ini menyuguhkan wisata petualangan yang sangat unik dan tentunya menantang. Gunung ini memiliki pemandangan hutan tropis yang sangat asri dan rimbun. Gunung Poco Ndeki ini menjadi rumah bagi beberapa spesies burung yang sangat langka dan dilindungi. Dan ada lagi hal yang unik di Gunung ini yakni di balik hutan yang sangat rimbun terdapat kampung tua suku Motu Poso yang sekarang sudah menempati Kampung Sere dan Kampung Kisol. Kamu bisa mencoba mendaki gunung ini dengan memulai dari Kampung Sere.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Kalimantan Selatan

 

Demikianlah berapa rekomendasi destinasi wisata andalan yang terdapat di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *