diving di menjangan

Menikmati keindahan panorama bawah laut milik Pulau Menjangan, Bali

Table of Contents

Tentunya sudah menjadi rahasia umum jika Pulau Bali selain menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan juga menjadi tempat favorit bagi peselancar, Pulau Bali juga merupakan surga nya bagi penyelam. Maka tidak heran lagi jika banyak diver baik dari luar negara maupun dari dalam negara yang senang liburan ke Pulau Bali.

Setidaknya ada sekitar 20 lebih Spot diving yang terkenal di pulau Bali ini. Terdapat banyak spot dengan berbagai jenis seperti ada yang berpasir, berkarang, dan juga ada yang langsung menuju lautan lepas yang sangat dalam serta dingin. Dari beberapa banyak Spot diving yang ada, kamu bisa mencoba mengeksplor beberapa Spot diving yang ada di daerah Bali Barat, tepatnya yaitu di Pulau Menjangan, Bali, yang merupakan bagian dari taman nasional Bali Barat, kamu akan berkendara sekitar 170 km dari kota Denpasar untuk sampai ke pulau menjangan.

Kamu bisa mencoba 4 tempat diving populer di kalangan wisatawan di Pulau Menjangan ini, yakni Pos 2, Garden Reef, Anchor Wreck, dan Garden Ell.

diving di pulau menjangan

Di hari pertama kamu bisa mengeksplor dua lokasi pertama yakni Pos 2 dan Garden Reef. Kamu bisa memulainya dari pukul 09.00 pagi waktu setempat, kamu bisa langsung menuju ke Spot pertama yakni Pos 2. Pos 2 ini sebenarnya merupakan lokasi pos penjagaan polisi kehutanan di Pulau Menjangan tersebut. Selain diving, di pos 2 ini juga bagus untuk kamu yang suka aktivitas snorkeling. Di sana kamu akan mendapatkan pengarahan tentang bawah laut di pos 2 tersebut, lalu setelah itu barulah kamu bisa memulai penyelaman dengan cara berjalan perlahan dari bibir pantai menuju ke lokasi penyelaman.

Di sana kamu akan menikmati suasana diving yang sangat keren di tempat diving pos 2 ini, tempat ini memiliki arus yang tidak begitu deras dengan memiliki jarak pandang sekitar 15 meter hingga 20 meter, membuat Spot ini sangat digemari dan cocok untuk tingkat penyelam pemula hingga tingkat penyelam  profesional. Di sana kamu akan menemukan beraneka ragam ikan dan karang. Di sana sangat banyak terdapat Bat fish dan Angel fish, Selain itu kamu juga bisa menemukan karang berbentuk kipas yang biasanya menjadi sebuah tempat tinggal bagi pygmy seahorse. Pygmy seahorse adalah kuda laut yang berukuran sangat kecil yaitu sekitar 2 cm. Hewan berukuran kecil ini sangat pandai berkamuflase dengan Karang yang menjadi tempat tinggal mereka, sehingga membutuhkan kejelian mata agar bisa melihat kuda laut yang sangat mini ini. Jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan White tip reef shark, yaitu ikan hiu yang menghuni Karang.

Baca  Agenda yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Bali Zoo dan wisata yang ada di sana

Setelah kamu mengeksplor tempat diving Pos 2, kamu bisa beristirahat sebentar dan melepas penat, lalu selanjutnya kamu bisa melanjutkan untuk mengeksplor spot diving Garden Reef. Di sana kamu akan menemukan banyak sekali Spesies ikan, yakni diantaranya ada spesies Frog fish, Scorpion fish, dan kadang kamu akan menemukan Ghost pipe fish. Selain menemukan banyak spesies ikan, di sini kamu bisa menemukan Nudibranch yakni suatu makhluk laut bertubuh lunak atau moluska yang memiliki warna berwarna-warni, di sana kamu akan sangat mudah untuk menemukannya. Terkadang, kamu juga bisa menemukan sekelompok cumi-cumi yang sedang mencari makan.

anchor wreck

Selanjutnya kamu bisa mengeksplor Anchor Wreck. Di sana kamu akan semakin bersemangat karena di spot diving Anchor Wreck ini terdapat bangkai kapal kayu yang karam. Bangkai kapal ini berada di kedalaman laut sekitar 40 meter. Hampir seluruh bagian kapal tersebut dipenuhi oleh karang-karang. Jangkar dari bangkai kapal tersebut berada di kedalaman 6 meter dan bisa kamu gunakan sebagai tempat awal memulai penyelaman.

Konon katanya, bangkai kapal kayu tersebut dulunya adalah kapal dagang yang tenggelam sekitar awal abad 19. Kamu bisa menyelami lokasi bangkai kapal ini di kedalaman 20 meter hingga 45 meter. Di sana kamu juga akan menemukan beraneka ragam spesies ikan dan karang yang sangat indah. Di kedalaman tersebut kamu bisa menemukan sekumpulan ikan Jack trevallies. Jika kamu semakin turun menuju ke dasar laut, kamu disana akan menemukan ikan-ikan seperti ikan gobies dan juga ikan moray.

Dan Terakhir kamu bisa mengeksplore spot diving Garden Ell. Lokasi spot diving Garden Ell ini berada di kawasan sebelah timur Pulau Menjangan. Untuk memulai dan mengakhiri kegiatan penyelaman, kamu akan menggunakan kapal boat. Kamu akan mulai dengan menyusuri dinding Karang dengan tinggi sekitar 40 meter. Dinding karang tersebut sangat banyak ditumbuhi oleh Karang. Di sana kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang lembut dan kamu bisa melihat berbagai macam spesies belut dalam jumlah yang lumayan banyak.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *