Tempat wisata di Timor Tengah Selatan

9 Objek wisata yang ada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Nusa Tenggara Timur selalu berkaitan dengan Labuan Bajo. Namun apakah kamu tahu jika masih banyak tempat wisata lain yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Seperti di Timor Tengah Selatan. Timor Tengah Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

9 Objek wisata yang ada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

 

Timor Tengah Selatan memiliki tempat wisata yang sangat beragam dan tentunya indah. Berikut adalah 9 objek wisata yang ada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

 

Pantai Oetune

Pantai Oetune

Pantai Oetune merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pantai Oetune ini memiliki sebuah keunikan yang belum tentu kamu temukan di pantai lain, yakni di sini kamu bisa menemukan hamparan gurun pasir khas Timur Tengah yang dipadu dengan pesona pantai. Di sana kamu Hiss menemukan pemandangan hamparan gurun pasir yang sangat bersih dan di dampingi hamparan laut biru yang membentang. Serta terdapat pohon kasuari dan pohon lontar di pinggir Pantai Oetune ini. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 127 kilometer dari pusat Kota Kupang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

 

Fatumnasi

Hutan Bonsai Fatumnasi

Fatumnasi merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kecamatan Fatumnasi ini sangat populer di kalangan wisatawan karena memiliki panorama alam yang indah, hamparan rerumputan hijau yang luas, serta dilengkapi hewan ternak. Di kecamatan ini di tinggali oleh Suku Dawan yang terkenal sebagai penjaga alam di Gunung Mutis. Kamu bisa menemukan pepohonan yang tumbuh dengan subur dan beberapa jenis hewan ternak, seperti kuda dan sapi.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

 

Gunung Mutis

Gunung Mutis

Gunung Mutis merupakan sebuah Gunung yang terletak di Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Gunung Mutis merupakan salah satu gunung tertinggi yang terdapat di Pulau Timor. Salah satu objek wisata yang terkenal di kawasan Gunung Mutis adalah Cagar Alam Gunung Mutis. Gunung Mutis ini terkenal dengan kekayaan marmer yang terdapat di sana. Gunung Mutis ini memiliki tiga puncak gunung. Ketiga puncak gunung tersebut memiliki nama masing-masing dan juga view berbeda yang pastinya indah. Selain itu, Gunung Mutis ini juga terkenal dengan hutan bonsai yang terdapat di sana. Hutan tersebut kerap disebut dengan nama Akuna, yang memiliki arti Hutan Tanaman Kerdil.

 

Bukit Fatukopa

Bukit Fatukopa

Bukit Fatukopa merupakan sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Bukit Fatukopa merupakan bukit yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Nama Bukit Fatukopa ini diambil dari bentuk bukitnya. Fatukopa memiliki arti Batu Kapal. Kamu bisa menikmati panorama matahari terbenam di sekitar bukit ini. Bukit ini tidak bisa di daki oleh para pengunjung. Hal tersebut terjadi karena akses jalur menuju puncak bukit ini terbilang sangat sulit untuk diakses dan sangat berbahaya. Kamu bisa menikmati keindahan bukit ini dari spot yang terdapat di seberang bukit ini. Spot tersebut kerap dijadikan tempat untuk camping oleh para wisatawan.

 

Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala terletak di Desa Oehala, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Di sana kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjun memiliki suasana alam yang sangat asri karena terdapat pepohonan rimbun yang tumbuh disekitar air terjun ini. Air Terjun Oehala ini merupakan air terjun berundak yang memiliki 7 tingkatan dengan rata-rata ketinggian sekitar 2 meter. Air terjun ini memiliki kolam alami yang memiliki kedalaman cukup dangkal dengan air jernih yang mengalir dari Gunung Mutis. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu akan melakukan trekking menyusuri sekitar ratusan anak tangga.

Baca  Rekomendasi objek wisata yang ada di Manggarai, Nusa Tenggara Timur

 

Air Tagepe

Air Tagepe

Air Tagepe merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Jika aliran air dari Gunung Mutis mengalir menuju Air Terjun Oehala, maka air yang mengalir dari Air Terjun Oehala akan mengalir menuju objek wisata Air Tagepe. Aliran air di objek wisata Air Tagepe ini mengalir di antara tebing bebatuan yang menjulang tinggi dan kokoh. Di objek wisata ini kamu akan disuguhkan oleh view air yang agak kebiruan serta keindahan alam yang masih sangat asri. Objek wisata ini memiliki kedalaman air yang bervariasi yakni sekitar 5 centimeter hingga 1 meter. Objek wisata ini bisa kamu jadikan spot foto yang memiliki latar sangat indah.

 

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki keindahan yang sangat langka di Indonesia. Pantai Kolbano memiliki sebuah keunikan yang jarang bisa ditemukan di pantai lainnya, yakni jika kebanyakan Pantai-pantai memiliki hamparan pasir yang indah, berbeda dengan Pantai Kolbano. Pantai Kolbano ini memiliki hamparan baru kerikil dengan warna yang beragam menggantikan posisi pasir. Ini merupakan daya tarik dari wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

 

Hutan Bunga Lavender

Hutan Bunga Lavender

Hutan Bunga Lavender atau Taman Bunga Lavender ini terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah objek wisata musiman. Kamu bisa mengunjungi objek wisata ini di bulan Juni hingga bulan Agustus.

 

Taman Wisata Bu’at

Taman Wisata Bu'at

Taman Wisata Bu’at merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Objek wisata yang satu ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Hutan Bunga Lavender atau Taman Bunga Lavender. Di objek wisata ini memiliki berbagai macam wahana permainan anak. Kamu bisa menemukan banyak spot foto di sekitar taman ini.

Baca  Destinasi wisata paling populer di Mesuji, Lampung

 

Demikian lah 9 objek wisata yang ada di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *