Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi

Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi

Table of Contents

Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tanjung Jabung Timur. Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Timur berada di Muara Sabak. Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Tanjung Jabung Timur.

 

Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tanjung Jabung Timur, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi.

 

Pantai Cemara

 

Salah satu Tempat wisata yang ada di kabupaten ini adalah pantai Cemara. Selain cantik, pantai ini juga menjadi tempat migrasi berbagai jenis burung dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa peneliti hewan, terutama burung, sering melakukan penelitian di tempat ini. Pantai Cemara terletak jauh dari pemukiman penduduk. Meskipun tidak ada penginapan di sekitar pantai Cemara, bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang, berkemah di pantai Cemara adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan luas 450 hektar, pantai Cemara sebenarnya tidak terlalu jauh dari Taman Nasional Berbak, tetapi karena aksesnya sulit, tidak ada penduduk yang tinggal di sana.

Baca  Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

Pantai yang terletak di Kecamatan Sabung ini menjadi rumah bagi sekitar 26.000 ekor burung, terdiri dari 230 jenis burung hutan, 27 jenis burung pantai, dan 11 jenis burung laut. Semua burung berkumpul di tepi pantai untuk berjemur.

Lokasi: Desa Air Laut Hitam, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

 

Pulau Berhala

 

Pulau ini menawarkan keindahan yang tak tertandingi yang akan membuat pengunjung merasa bahagia. Secara teritorial, pulau Berhala berada di wilayah Tanjung Jabung Timur, tetapi sekarang menjadi bagian dari kepulauan Riau. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dengan pantainya yang indah, pasir putih yang bersih, dan ombak yang tenang, pulau Berhala semakin memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Keberadaan bebatuan besar juga menambah keelokan pemandangan pulau Berhala.

Untuk mencapai pulau Berhala, Anda perlu menyewa speed boat yang memakan waktu sekitar 45 menit dari Nipah. Beberapa agen pariwisata juga telah menyediakan paket wisata untuk mengunjungi pantai Berhala.

Lokasi: Pulau Berhala, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

 

Sumber Mata Air Panas

 

Salah satu potensi wisata yang melimpah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah sumber air panas yang dapat dinikmati kapan saja. Sumber mata air ini terletak di Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, dan memiliki empat titik dengan suhu yang berbeda-beda.

Untuk mencapai tempat pemandian air panas ini, Anda perlu menghubungi penduduk sekitar untuk membantu mengantarkan Anda ke lokasi sumber air panas tersebut karena akses jalannya masih sulit dilalui.

Lokasi: Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Baca  Tempat wisata terpopuler di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

 

Crocodile Safari

 

Seperti namanya, tempat ini menawarkan pengalaman wisata bersama buaya. Sebagai salah satu tempat penangkaran buaya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tempat ini sangat dijaga keberadaannya. Anda dapat berfoto bersama buaya dan juga merasakan adrenalin yang berbeda saat berada di tempat ini.

Lokasi: Teluk Dawan, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

 

Pantai Air Hitam

 

Tempat wisata ini dinamakan sesuai dengan warna airnya yang hitam. Terletak di Desa Air Hitam Laut, pemandangan pantai ini juga tidak kalah indah dengan Tempat wisata lainnya. Selain kekayaan hasil laut yang menjadi mata pencaharian warga sekitar, pantai ini juga terkenal dengan burung walet. Budaya yang diadakan setahun sekali di pantai Air Hitam ini adalah “mandi safar” yang menarik minat turis mancanegara.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

 

Taman Nasional Berbak

 

Sebagai taman nasional terluas di Asia Tenggara, Taman Nasional Berbak terletak 12,5 meter di atas permukaan laut. Dengan curah hujan sebesar 2.300 mm setiap tahunnya, kawasan hutan rawa ini terdiri dari rawa gambut dan air tawar, menjadikannya sangat unik. Suhu di tempat ini berkisar antara 25-28 derajat Celsius.

Taman Nasional Berbak memiliki luas 100.000 hektar dan kaya akan berbagai flora dan fauna. Terdapat 261 jenis tanaman yang terdiri dari 73 famili, termasuk 23 jenis pohon palem dan pandan dengan 10 jenis yang berbeda. Untuk fauna, terdapat 224 jenis burung, 28 jenis mamalia, 44 jenis reptil, dan 35 jenis fauna lainnya yang masih ada di Taman Nasional Berbak. Tempat ini sangat alami dan jarang terjamah oleh manusia. Pelestarian Taman Nasional Berbak dijaga melalui undang-undang yang disahkan oleh pemerintah, sehingga tidak ada perburuan liar atau tindakan melanggar hukum. Taman Nasional Berbak terletak di Jalan Yos Sudarso Km 4, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Setiap orang yang ingin mengunjungi tempat ini harus melapor terlebih dahulu agar dapat menikmati keindahan alam dan merasakan keasliannya.

Baca  Rekomendasi Destinasi wisata yang ada di Nias Selatan, Sumatera Utara

Lokasi: Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *