tempat wisata di Sumba Barat Daya

13 Tempat Wisata yang sangat populer di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Table of Contents

Sumba Barat Daya merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumba Barat Daya memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya di Nusa Tenggara Timur. Mulai dari jajaran pantai yang sangat eksotis hingga perbukitan yang menyejukkan bisa kamu temukan di Kabupaten Sumba Barat Daya.

 

13 Tempat Wisata yang sangat populer di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

 

Kawasan Timur Indonesia terkenal akan keindahan pantai yang memiliki panorama yang sangat mempesona. Sumba Barat Daya juga memiliki hal tersebut. Berikut adalah 13 Tempat Wisata yang sangat populer bagi para wisatawan di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Pantai Karakat Indah

Pantai Karakat Indah

Pantai Karakat Indah merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Bukambero, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini terkenal akan kebersihannya. Pantai ini memiliki pemandangan hamparan pasir putih yang bersih serta dikombinasikan dengan air laut yang jernih dan berwarna gradasi hijau kebiruan.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di pantai ini, seperti mendaki batu karang yang ada di sekeliling pantai. Dari sana kamu dapat menikmati pemandangan pantai yang sangat indah dari ketinggian. Pantai ini juga bagus di jadikan spot berfoto.

 

  1. Wisata Waikelo Sawah

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Waikelo Sawah berupa sebuah bendungan sebagai sumber mata air untuk pengaliran sawah. Tempat wisata ini memiliki bentuk yang cukup unik, yakni menyerupai gua alam yang memiliki lebar sekitar 4 meter dan tinggi sekitar 3 meter. Memiliki air se jernih kristal dan air yang tenang menyebabkan banyak orang berminat untuk mengunjungi tempat ini. Di dalam guanya terdapat aliran sungai kecil yang terlihat sangat jernih dan menyegarkan.

Baca  10 destinasi wisata yang ada di Alor, Nusa Tenggara Timur, sangat cocok buat kamu pecinta snorkeling dan diving

 

  1. Wisata Ratenggaro

Ratenggaro

Ratenggaro merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Disana kamu bisa menemukan 3 suasana yang berbeda dalam 1 frame, yakni rumah adat Ratenggaro, Sungai Ratenggaro, dan Pantai Ratenggaro. Kamu bisa belajar tentang sejarah desa adat Ratenggaro. Kamu juga bisa menikmati keindahan sungai yang memiliki hamparan pasir putih di tepiannya yang langsung terhubung ke pantai Ratenggaro. Memiliki air yang sangat jernih dan bersih, menyebabkan tempat wisata ini terlihat sangat indah. Selain itu, disana juga masih terdapat pepohonan yang masih rimbun sehingga menciptakan suasana yang sejuk.

 

  1. Wisata Bukit Lendongara

Bukit Lendongara

Bukit Lendongara merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata ini ramai diminati para wisatawan, mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Dari atas puncak bukit, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan Kota Sumba Barat Daya yang sangat indah. Di bukit ini kamu bisa menemukan beberapa spot foto yang sangat keren dan indah. Di kawasan ini kamu akan menemukan gugusan perbukitan yang menghijau di musim hujan dan menguning di musim kemarau.

 

  1. Wisata Pantai Bawana

Pantai Bawana

Pantai Bawana merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang memiliki hamparan pasir putih bersih bertekstur halus dan air laut yang terlihat kebiruan dari kejauhan. Kamu bisa mengunjungi pantai ini di sore hari untuk mendapatkan suasana matahari terbenam di temani dengan hembusan angin yang menyejukkan.

 

  1. Wisata Danau Weekuri

Danau Weekuri

Danau Weekuri merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki air yang berasa asin. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi air dari sela-sela batuan karang yang berbatasan langsung dengan laut. Danau ini dikelilingi oleh bebatuan karang yang menimbulkan kesan yang indah dan terlihat sangat eksotis. Danau ini memiliki air jernih berwarna gradasi biru kehijauan.

Baca  Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

 

  1. Wisata Pantai Pero

Pantai Pero

Pantai Pero merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Pero Kodi, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Banyak orang lokal yang bermain bola voli pada sore hari di pantai ini. Kamu bisa menikmati pantai yang berlatarkan matahari terbenam serta menikmati sejuknya udara pantai. Kamu juga bisa melakukan hunting foto karena dipantai ini terdapat banyak spot foto yang menarik.

 

  1. Wisata Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu terletak di Desa Rewarara, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Barat. Air Terjun ini memiliki keindahan yang masih sangat terjaga. Kamu bisa menemukan pepohonan yang rimbun tumbuh disana sehingga menciptakan hawa yang sejuk. Air terjun unu menawarkan suasana yang tenang dan sejuk, sehingga cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Airnya mengalir deras terlihat sangat jernih dan sangat segar.

 

  1. Wisata Tana Wai Humba

Tana Wai Humba

Tana Wai Humba merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa menikmati suasana alam bebas di sini. Di temani pepohonan rindang yang menciptakan suasana yang sangat sejuk. Kamu bisa menyaksikan aktivitas cocok tanam yang dilakukan warga sekitar dan sekaligus mempelajari dari mereka.

 

  1. Wisata Rumah Budaya Sumba

Rumah Budaya Sumba

Rumah Budaya Sumba ini terletak di Jalan Rumah Budaya No.212, Kalembu Nga, bangga Weetebula, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata Rumah Budaya Sumba ini berdiri sejak tahun 2011. Kamu bisa menemukan berbagai informasi mengenai kebudayaan di Pulau Sumba disana. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar pertunjukkan seni.

 

  1. Wisata Pantai Kawona

Pantai Kawona

Pantai Kawona merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Wee Londa, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini masih cenderung sepi pengunjung. Sehingga sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang ingin menikmati suasana yang tenang. Terdapat hamparan pasir pantai putih yang bersih ditemani deburan ombak yang tidak begitu keras. Di pantai ini juga terdapat spot foto yang sangat keren.

Baca  10 Rekomendasi objek wisata yang ada di Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

  1. Wisata Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro terletak di Desa Eweta, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter dengan debit air yang cukup stabil. Air terjun ini memiliki suasana yang sangat sejuk karena masih terdapat pepohonan yang rimbun di sekitar air terjun ini.

 

  1. Air Terjun Deku Watu

Air Terjun Deku Watu

Air Terjun Deku Watu terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan waikelo sawah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan kolam yang memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 7 meter. Air terjun ini memiliki beberapa tingkat.

 

Nah itu dia 13 Tempat Wisata yang sangat populer di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *