tempat wisata di pulau buru

Tempat wisata paling populer di Pulau Buru, Maluku

Table of Contents

Pulau Buru merupakan salah satu pulau yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Maluku. Pulau Buru terbagi menjadi 2 kabupaten, yakni Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Pulau Buru terletak di sebelah barat Pulau Seram dan Pulau Ambon. Pulau Buru juga memiliki banyak keindahan alam yang tak kalah menarik dengan wilayah lainnya. Pulau ini diresmikan pada tahun 1999 dan telah mampu menarik minat para wisatawan. Tempat wisata di Pulau Buru cenderung kebanyakan masih sepi pengunjung, sehingga masih terjaga keasriannya. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai tempat wisata yang ada di Pulau Buru.

 

Tempat wisata paling populer di Pulau Buru, Maluku

 

Pulau Buru memiliki beranekaragam tempat wisata, mulai dari perbukitan hingga pantai bisa kamu temukan di Pulau Buru. Berikut adalah tempat wisata paling populer di Pulau Buru, Maluku.

 

Pantai Baikolet

pantai baikolet

Pantai Baikolet merupakan salah satu pantai yang bisa kamu temukan di Desa Jikumerasa, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Pantai yang satu ini memiliki sebuah keunikan yang tidak bisa kamu temukan pada pantai yang ada di daerah lainnya, yakni lautan Pantai Baikolet berbentuk menyerupai sungai yang memanjang dengan air laut jernih serta kebiruan. Banyak yang mengira pantai ini adalah aliran sungai. Setelah tiba di pantai ini, kamu akan menemukan papan nama yang bertuliskan “Pantai Baikolet” sehingga kamu tidak kesulitan lagi untuk menemukan letak pantai ini. Akses menuju pantai ini terbilang cukup mudah.

 

Pantai Merah Putih

pantai merah putih

Pantai Merah Putih merupakan salah satu pantai yang bisa kamu temukan di Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Pantai Merah Putih adalah salah satu pantai yang memiliki sejarah perjuangan NKRI. Di dalam sejarah, Pantai Merah Putih tercatat sebagai tempat perbuatan kekuasaan yang terjadi antara pejuang dengan kolonial. Pantai ini memiliki sebuah keunikan yang jarang ditemukan di pantai-pantai daerah lainnya, yakni setiap malam hari terdapat banyak pedagang kaki lima, mulai dari penjual makanan hingga penjual pakaian. Mereka menjajakan jualan mereka di pinggir Pantai Merah Putih. Kini, Pantai Merah Putih sudah memiliki fasilitas yang memadai dan rapi. Beberapa fasilitas untuk liburan sudah tersedia di sekitar Pantai Merah Putih, seperti toilet, kursi dan meja, masjid, hingga rumah makan yang menyediakan beraneka menu makanan khas Pulau Buru, Maluku.

Baca  5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Teluk Wondama, Papua Barat

 

Bukit Dusun Watampuli

bukit dusun watampuli

Dusun Watampuli merupakan sebuah Dusun yang bisa kamu temukan di Desa Nafrua, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Di sekitar Dusun Watampuli ini kamu bisa menemukan sebuah bukit kecil. Bukit ini bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata ketika berlibur ke Pulau Buru. Dari atas bukit kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan permukiman warga yang berwarna dominan kebiruan dari atas ketinggian. Kamu bisa bertemu anak-anak sekitar yang mendaki gunung untuk bermain. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi bukit ini adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit dan pada sore hari sebelum matahari terbenam. Kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan sunrise atau sunset yang mampu memanjakan mata.

 

Air Terjun Watiena

Air Terjun Watiena

Air Terjun Watiena merupakan sebuah air terjun yang dapat kamu temukan di Desa Bara, Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Air Terjun Watiena ini memiliki debit air yang cukup deras, jadi selalu berhati-hatilah ketika berkunjung ke air terjun ini. Memiliki air yang jernih dan terlihat sangat menyegarkan, membuat siapapun yang mengunjunginya akan tidak sabar untuk menikmati aliran air dengan berenang di sana. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang menjulang tinggi dan berdiri dengan kokoh yang bisa digunakan untuk bersantai oleh para pengunjung. Kondisi alam di sekitar air terjun ini masih sangat terjaga keasriannya karena terdapat pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitarnya. Air terjun ini juga memiliki suasana yang sangat hening sehingga sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang mencari sebuah ketenangan untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat.

 

Air Terjun Babunyi

Air Terjun Babunyi

Air Terjun Babunyi ini bisa kamu temukan di Desa Leksula, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku. Air Terjun Babunyi ini dikenal sebagai air terjun terpanjang yang terdapat di Provinsi Maluku. Ketika berkunjung ke tempat wisata air terjun ini, kamu akan merasakan suasana pedalaman hutan, padahal letak air terjun ini berdekatan dengan Pantai Babunyi. Lokasi air terjun yang satu ini terletak jauh dari pemukiman warga, sehingga suasananya sangat hening. Kawasan air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan besar dan juga banyak pepohonan yang tumbuh rimbun sehingga suasana di sekitar air terjun terasa masih sangat asri dan sejuk. Suasana yang hening serta asri menjadikan air terjun ini sangat cocok dikunjungi untuk menyegarkan pikiran setelah penat bekerja. Setelah puas menikmati keindahan Air Terjun Babunyi, kamu bisa sekalian mengunjungi Pantai Babunyi yang memiliki pesona alam yang tidak kalah indah. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di pantai ini sembari menikmati bekal yang kamu bawa. Jangan lupa bawa bekal ya!

Baca  6 Objek wisata yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Pulau Buru, Maluku. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Buru?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *