kuliner khas maluku utara

11 Kuliner khas Maluku Utara yang wajib kamu cobain ketika berlibur di sana

Table of Contents

Maluku Utara tidak cuma populer dengan tempat wisatanya, Provinsi ini pula menyuguhkan macam kuliner istimewa yang enak. Inilah saran kuliner khas Maluku Utara yang dipastikan membuat Kamu ketagihan, mulai dari olahan ikan, kudapan hingga makanan pokok.

 

11 Kuliner khas Maluku Utara yang wajib kamu cobain ketika berlibur di sana

 

Wilayah yang terdapat di sisi timur area Indonesia ini mempunyai pesona alam yang indah pada tempat wisatanya. Tidak hanya itu, Maluku Utara pula memiliki karakteristik tertentu berbentuk kuliner khas yang jadi sasaran para turis. Lalu, apa saja kuliner khas dari wilayah ini yang menarik dicicipi? Berikut adalah 11 Kuliner khas Maluku Utara yang wajib kamu cobain ketika berlibur di sana.

 

Ikan Asap

Ikan asap jadi kuliner di list awal yang harus Kamu coba kala bertamu ke Maluku Utara. Semacam namanya, ikan ini diolah dengan metode pengasapan. Umumnya, tipe ikan yang dipakai ialah ikan tuna serta cakalang. Sebabnya, tipe ikan itu bisa bertahan pada durasi yang lama kala diasapi. Hasil olahan dari pengasapan membuat rasanya amat khas.

Biasanya, ikan asap hendak lebih menggoyang lidah bila dimakan dengan nasi, sambal colo colo, serta kerupuk. Kehebohan rasanya lebih menggugah hasrat bila dikonsumsi dengan bonus sambal. Sebab diolah sedemikian muka, kuliner ini dapat kuat sepanjang 7 hari andaikan ditaruh dalam media yang pas serta rapat.

 

Ikan Kuah Pala

Berikutnya kuliner yang harus dicicipi kala ada di wilayah Kepulauan Banda ialah Ikan Kuah Pala Banda. Di wilayah ini, populer dengan berbagai macam rempah rempah yang banyak. Alhasil, tidak bingung bila olahan ikan terbuat dengan bahan bahan khas. Kuliner Ikan kuah pala banda diolah dengan dengan cara konvensional dengan bahan khas versi Maluku.

Kuliner yang satu ini lumayan populer dengan bahan rempah yang dipakai selaku materi donatur rasanya. Bumbunya lumayan beraneka ragam, alhasil membuahkan perasaan rasa yang amat enak. Paling tidak ada bahan rempah semacam pala, rempah rempah, lada, cabai serta lain serupanya. Perihal inilah yang membuat perasaan rasa khas permasalahan ini tidak tertandingkan.

Ikan kuah pala banda ini diolah sedemikian muka hingga membuahkan perasaan rasa asam pedas yang begitu fresh. Buat menyantapnya, Kamu dapat menuntun sepiring nasi putih ketika hangat. Rasa kuliner yang satu ini lebih nikmat bila dimakan dengan dampingan yang lain semacam sambal bakasang serta balik balik.

Baca  Mengupas sejarah dari keindahan Bukit Senyum Lima Ribu, Maluku Utara

Menariknya, ikan kuah pala banda tadinya cuma dapat dimakan serta dihidangkan selaku persembahan eksklusif buat kuliner Belanda. Bersamaan berjalannya durasi, kuliner ini dijual di bermacam gerai makan serta restoran yang terdapat di Maluku Utara. Jadi, janganlah hingga lewati persembahan khas ikan kuah pala banda kala liburan ke wilayah yang satu ini.

 

Papeda

Siapa tidak tergiur dengan kuliner khas timur Indonesia ini? Papeda jadi sasaran para turis kala lagi ada di Maluku Utara. Perihal ini sebab karakteristik komposisi serta rasanya yang lumayan enak. Tidak hanya itu, kuliner papeda ini cuma dapat ditemui dalam wilayah khusus. Alhasil, banyak turis serta turis yang mencari kuliner menggoda yang satu ini.

Papeda sendiri ialah kuliner khas dari Maluku Utara yang dibuat dari materi bawah aci bertam. Komposisi dari kuliner yang satu ini lumayan pekat, lengket seperti perekat. Tetapi kala dimakan berbarengan dengan lauk, sehingga Kamu hendak ketagihan. Papeda ini dapat dikonsumsi dengan cara langsung serta pula bisa dimakan dengan lauk pauk semacam ikan tongkol serta kuah mubara.

Karakteristik yang lain yang bisa Kamu temui dalam kuliner papeda ialah mengenai metode menyantapnya. Karena, Kamu membutuhkan dorongan 2 perlengkapan makan buat menyantapnya. Tidak hanya itu Kamu pula dapat menyeruputnya langsung dari cawan ataupun piring. Tetapi, bila merasa kesusahan dengan metode makan mencarak, sehingga Kamu dapat memakai sumpit saja.

 

Gatang Kenari

Gatang kenari jadi salah satu kuliner enak yang jadi karakteristik khas dari Maluku Utara. Kuliner ini dibuat dari materi bawah ketam bumi yang amat enak bila diolah. Bagi masyarakat setempat, ketam ini mempunyai rasa yang lebih enak serta halus apabila dibanding dengan tipe ketam yang lain. Tidak bimbang bila banyak wisatawan yang berburu Gatang Kenari ini.

 

Kuliner khas ini hingga pada saat ini masih dipertahankan. Karena, pemakaian binatang ketam buat dimasak telah dibatasi oleh pihak penguasa setempat. Perihal ini sebab aspek populasi ketam bumi yang terus menjadi sedikit. Tetapi, sebagian pihak restoran telah mengurus perizinan buat memasak persembahan ini supaya kuliner khas Maluku konsisten terdapat.

 

Kasbi Komplet

Kasbi Komplet ialah kuliner khas Maluku Utara yang harus Kamu cicipi kala berkunjung ke wilayah yang satu ini. Sesungguhnya Kasbi ialah gelar lain dari ketela pohon. Biasanya, warga setempat menghasilkan kasbi selaku kuliner utama. Alasannya, ketela pohon memiliki isi yang lumayan besar dalam karbohidratnya.

Baca  Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu cobain ketika liburan di Nusa Tenggara Timur

Buat metode pembuatan persembahan kasbi komplet ialah dengan metode direbus terlebih dulu. Bila dirasa telah matang, sehingga hendak ditambahkan dengan sebagian bonus materi yang lain semacam sayur jantung pisang, tumisan bunga pepaya, kohu kohu ikan istana, serta ikan bakar rica. Bila mau menikmati kuliner khas ini dengan cara langsung, Kamu dapat mencelupkan ke sambal colo colo.

 

Waku Komo-Komo

Kuliner yang tidak bisa dilewatkan begitu saja kala ada di Maluku Utara ialah Waku Komo Komo. Kuliner yang satu ini lumayan khas serta tidak dapat ditemui di wilayah yang lain. Jadi, banyak turis yang berburu waku komo komo selaku hidangan yang menggugah hasrat. Rasa lezatnya dipastikan membuat Kamu tidak mau menyudahi menyantapnya.

Materi pembuatan kuliner waku komo komo dibuat dari aci serta batang rumbia. Bahan yang dipakai buat memasak kuliner itu terdiri dari bawang putih, bawang merah, serai, jahe, garam, lada, serta santan pekat. Dengan campuran materi materi itu, tidak bingung bila keenakan kuliner ini lumayan menggoyang lidah para penggemar kuliner.

 

Nasi Lapola

Tidak hanya Kasbi, terdapat pula kuliner penting yang berawal dari Maluku Utara. Kuliner ini diketahui dengan gelar Nasi Lapola. Yang menghasilkan kuliner ini lumayan disukai banyak orang ialah sebab parutan kelapa belia di dalamnya. Tidak hanya itu, terdapat pula bonus materi materi yang lain ialah berbentuk kacang tolo yang membuat komposisi nasi ini terus menjadi beraneka ragam.

Untuk Kamu yang mau menikmati kuliner yang satu ini, sehingga dapat dihidangkan kala hangat dengan sebagian lauk di dalamnya. Kamu bisa menambahkan olahan ikan teri, tongkol berair, lalapan anom serta sambal. Sehingga dari itu, janganlah hingga lewati kuliner enak khas Maluku Utara kala ada di wilayah timur Indonesia ini.

 

Sambal Colo-Colo

 

Nyaris tiap kuliner yang terdapat di Maluku Utara dihidangkan dengan Sambal colo colo. Lalu, apa sesungguhnya sambal colo colo ini? Hidangan ini ialah sambal khas dari Maluku Utara yang dibuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat, gula, serta garam. Sehabis itu, seluruh materi dicampur jadi satu serta diberi bonus daun kemangi fresh buat menaikkan aroma.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sulawesi Utara

 

Lapis Palaro

 

Kala mengikuti namanya sejenak, pasti Kamu langsung terbesit dengan julukan kue. Sementara itu Lapis Palaro ini ialah salah satu persembahan khas Maluku Utara yang dibuat dari materi penting daging lembu. Kuliner yang satu ini diolah dengan bahan rempah spesial, alhasil membuahkan rasa yang begitu menggugah hasrat.

 

Kohu- Kohu

 

Bila Kamu memandang kuliner yang satu ini, sehingga hendak langsung terkenang dengan kuliner urapan. Memanglah kuliner ini nyaris mendekati semacam urap-urap, tetapi isinya lumayan berlainan. Sayur- mayur yang dipakai buat menghidangkan kohu-kohu ialah tauge, kacang jauh, serta daun kemangi. Seluruh sayur- mayur tidak dimasak terlebih dulu sebab didiamkan anom serta diberi bahan spesial.

 

Berakhir diberi bahan itu, tahap selanjutnya kohu-kohu wajib ditambahkan dengan parutan kelapa, bawang merah anom, suwir ikan cakalang yang diasap, serta aksesoris semacam perasan lemon. Walhasil, rasa kuliner yang satu ini amat nikmat terlebih bila kohu kohu dimakan dengan memakai nasi, ketela, ketela pohon, serta lauk beraneka ragam yang lain.

 

Halua Kenari

 

Kuliner khas berikutnya yang harus dicicipi kala bertamu ialah Halua Kenari. Kuliner yang satu ini lumayan populer di golongan turis, karena tidak dapat ditemui di wilayah yang lain. Semacam namanya, kuliner ini dibuat dari kombinasi kenari serta materi bonus gula merah. Perihal inilah yang membuat kuliner ini nampak coklat serta berupa istimewa.

 

Kuliner yang masuk pada pengelompokan kemilan ini amat sesuai dimakan untuk orang yang lagi melaksanakan diet. Alasannya, di pada halua kenari telah dilengkapi dengan protein serta lemak yang lumayan kecil dari kacang kenari. Tidak hanya itu, halua kenari mempunyai rasa yang lumayan manis serta nikmat. Tidak bingung bila banyak turis yang bawa kuliner ini selaku oleh oleh khas Maluku Utara.

 

Sehabis mengenali bermacam berbagai kuliner khas Maluku Utara, pasti membuat Kamu terus menjadi penasaran gimana keenakan kuliner itu. Sehingga dari itu, janganlah hingga melupakan kuliner enak kala bertamu ke Maluku Utara. Karena, kuliner serta kuliner di situ dijual dengan harga yang amat terjangkau serta tidak menghabiskan kantung Kamu kala liburan di timur Indonesia ini.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *