Kuliner di Kalimantan Selatan

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Selatan

Table of Contents

Kalimantan populer sebab kekayaan alamnya alhasil sanggup menghasilkan sayur- mayur serta rempah- rempah yang bermutu buat diolah serta disantap. Salah satunya adalah Kalimantan Selatan. Provinsi ini mempunyai puluhan kuliner khas yang telah populer di kalangan warga.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Selatan

 

Bisa jadi sebagian warga belum mengenali dengan perinci seperti apa saja santapan unik yang dipunyai oleh provinsi ini. Disini kita akan memberitahukan beberapa macam santapan khas Kalimantan Selatan yang bisa jadi belum Kamu tahu serta layak Kamu coba. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Selatan.

 

Sate Tulang

 

Sate tulang uniknya tidaklah sate yang dibuat dari bahan- bahan tulang. Tetapi, bahan dasar dari sate ini merupakan bahan- bahan yang jarang dipakai selaku bahan dasar sate.

Bahan dasar sate tulang ialah kulit serta lemak dari ayam yang masih terdapat pada bagian tulang dan leher. Rasanya yang khas amat cocok dimakan dengan sambal kacang atau kecap. Untuk Kamu penggemar sate, wajib mencoba sate tulang yang istimewa ini.

 

Sate Payau

 

Tidak hanya sate tulang, Kalimantan Selatan pula mempunyai Sate Payau. Keunikan sate payau sendiri adalah dari segi daging hewan. Daging hewan yang biasa digunakan sate adalah sapi, ayam atau kambing. Tetapi, sate payau memakai bahan pokok daging rusa yang susah diperoleh.

Kamu bisa menikmati sate payau ini kala bertamu ke Kota Banjarmasin. Bumbu rempah yang menyerap menghasilkan sate ini amat enak kala dicicipi. Kualitas tekstur serta rasa dari daging rusa juga amat empuk, menghasilkan sate payau selaku kuliner yang menarik.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Barat

 

Soto Banjar

 

Soto Banjar, santapan khas yang dapat kita temui di bermacam restoran atau rumah makan. Soto banjar sendiri merupakan primadona dari kuliner Kalimantan Selatan. Cara memasak serta penyajiannya juga serupa dengan soto lainnya, ditambahkan bahan lain seperti telur atau taburan bawang goreng.

Soto Banjar mempunyai karakteristik khas sebab aromanya lebih kuat dari soto lainnya. Soto banjar sendiri mempunyai 2 tipe, ialah kuah jernih serta kuah kental. Soto banjar amat cocok dimakan dengan nasi hangat, ketupat, ataupun sate.

 

Nasi Kuning Banjar

 

Nasi kuning merupakan santapan yang kerap ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Nasi kuning banjar juga pembuatannya hampir serupa dengan nasi kuning wilayah lain pada umumnya. Tetapi, nasi kuning banjar tidak seperti nasi kuning asal Jawa disebabkan warna kuning dari nasi tidak terlalu terang.

Kuliner yang satu ini umumnya jadi kesukaan semua kalangan. Santapan ini biasa dinikmati kala kumpul bersama keluarga atau pada suatu kegiatan syukuran. Nasi kuning banjar sendiri biasanya disajikan dengan daging ayam, bebek, ataupun ikan yang disertai dengan lauk bumbu merah.

 

Ayam Cincane

 

Ayam Cicane ialah salah satu kuliner dengan rasa nikmat dari Kalimantan Selatan. Bahan utama dari kuliner ini tentu adalah daging ayam. Ayam cicane telah lama jadi santapan tradisional dari wilayah ini.

Perbandingan ayam cicane dengan kuliner ayam yang lain merupakan bahan rempahnya. Daging ayam diberi bahan rempah terbaik asal Kalimantan, membuat rasa ayam terus menjadi nikmat. Kamu harus berupaya ayam cicane dengan rempah khas terbaiknya kala bertamu ke Kalimantan Selatan.

 

Nasi Itik Gambut

 

Nasi Itik gambut sendiri merupakan kuliner asal Kota Banjarmasin. Metode penyajian nasi itik gambut mirip dengan penyajian masakan Jawa serta Sunda. Nasi itik gambut dihidangkan dengan daun pisang dengan aroma daun yang khas.

Baca  10 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Bisa Kamu Coba!

Nasi itik gambut terdiri dari nasi putih dengan lauk utamanya itik disertai bumbu habang. Bumbu habang merupakan bumbu merah khas Banjarmasin. Nasi itik gambut banyak ditemui di warung- warung wilayah Banjarmasin, terutama di wilayah Gambut.

 

Habang Banjar

 

Habang Banjar merupakan masakan khas Banjarmasin yang menggunakan rempah- rempah terbaik. Habang banjar sendiri dikenal keunikannya bukan sebab bahan utamanya, tetapi dari segi pengolahannya.

Habang banjar merupakan daging kambing atau daging sapi yang dimasak dengan rempah- rempah terbaik disertai kuah kental. Aroma khas dari rempahannya menghasilkan habang banjar populer selaku masakan yang istimewa serta enak.

 

Lontong Orari

 

Lontong, santapan Indonesia yang kerap ditemui di warung makan ini sudah tidak asing lagi. Kalimantan Selatan juga mempunyai lontong yang istimewa bernama Lontong Orari. Perbedaan lontong orari dengan lontong lainnya ialah dari wujudnya. Lontong orari berbentuk segitiga, bukan bulat memanjang.

Lontong orari dapat disantap di pagi, siang atau malam. Lontong orari tidak dihidangkan dengan kuah yang berisi daging ayam serta jeroan sapi saja. Pada isi kuah lontong orari Kamu pula akan menemukan ikan haruan yang khas.

 

Laksa

 

Laksa merupakan santapan khas Banjarmasin yang terkenal dikalangan turis. Kala Kamu mendatangi Banjarmasin, Kamu harus mencoba laksa ini. Laksa dikenal selaku santapan tradisional yang diolah dengan resep khas turun- temurun.

Laksa merupakan santapan kuah yang umumnya dihidangkan dengan beberapa bahan lain semacam santan kental, ketupat, serta daging rebus. Laksa pula dihidangkan dengan beberapa topping berupa telur serta udang.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Kalimantan Selatan. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu kuliner di atas?

Baca  Objek wisata paling populer yang terdapat di Malinau, Kalimantan Utara

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *