destinasi wisata di Seram Bagian Barat

Rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku

Table of Contents

Seram Bagian Barat merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Maluku. Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki slogan yang berbunyi “Saka Mese Nusa”, slogan ini memiliki arti yakni setia terhadap kesatuan kabupaten dengan berdasar kepada nilai adat istiadat. Seram Bagian Barat memiliki banyak pulau-pulau kecil yang memiliki pesona alam yang sangat indah dengan pulau utamanya yakni Pulau Seram.

 

Rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku

 

Tak hanya pantai, kamu juga bisa menemukan wisata air lainnya di Seram Bagian Barat, seperti Air terjun. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku.

 

Pulau Marsegu

Pulau Marsegu

Pulau Marsegu merupakan sebuah pulau yang terletak di Desa Etty, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Pulau Marsegu memiliki arti Pulau Kelelawar dalam bahasa setempat. Sesuai dengan namanya, Pulau Marsegu ini dihuni oleh banyak kelelawar. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Selain Kelelawar, ada Burung Maleo dan Kepiting Kenari yang siap menemani liburan kamu. Pulau ini menyuguhkan pemandangan hutan mangrove di sepanjang pesisir pantainya yang berpadu dengan pasir putih dan bebatuan karang.

 

Pulau Osi

pulau osi

Pulau Osi merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Pulau Osi ini terletak bersebelahan dengan Pulau Marsegu. Pulau Osi menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah dengan pulau lainnya dan pastinya memiliki pesona yang berbeda. Terdiri dari gugusan pulau-pulau, penduduk sekitar membangun jembatan kayu yang cukup kuat untuk menghubungkan antar pulaunya. Kamu bisa mencoba berjalan melalui jembatan kayu yang melayang di atas permukaan laut untuk mendapatkan sensasi liburan yang berbeda. Saat berjalan di atas jembatan kayu, kamu akan di suguhkan sebuah pemandangan hutan mangrove dan hamparan pantai yang sangat menawan serta asri.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sibolga, Sumatera Utara

 

Air Putri

air putri

Air Putri merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di Desa Negeri Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Air Putri berupa mata air tawar yang bercampur dengan air laut. Mata air tawar ini terletak di pesisir pantai dan membentuk laguna yang menjorok ke arah daratan serta memiliki sungai kecil yang mengalir menuju laut. Maka di di sanalah tempat pertemuan antara air tawar dengan air laut.

Di sana kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan kolam air tawar yang berisi sungai dan terdapat pantai di dekatnya serta pepohonan di sekelilingnya. Hal ini menjadikan Air Putri menjadi tempat yang memiliki suasana sangat segar dan asri. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di sekitar Air Putri, seperti berpiknik bersama keluarga.

 

Air Terjun Lumoli

air terjun lumoli

Air Terjun Lumoli terletak di Desa Lumoli, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Air Terjun ini memiliki sebuah keunikan yang jarang di temukan di Air Terjun lainnya, yakni air terjun ini terletak di batuan yang berundak. Air Terjun Lumoli memiliki 3 tingkatan yang membentuk air terjun-air terjun kecil. Air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan sehingga suasana di sekitarnya menjadi cukup sejuk. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar.

 

Air Terjun Waisia

air terjun waisia

Selain Air Terjun Lumoli, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Waisia. Air Terjun Waisia terletak di Desa Rumahkay, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan diapit oleh bebatuan-bebatuan besar yang memiliki bentuk yang sangat indah. Kamu akan berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 500 meter dengan pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi berdiri dengan kokoh ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun serta aliran sungai yang jernih untuk sampai ke Air Terjun Waisia. Setelah sampai ke air terjun ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang sangat indah dengan suasana alam yang sangat nyaman dan menyejukkan. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di air terjun ini, seperti bersantai menikmati keindahan alam dan berenang di sana.

Baca  Destinasi wisata paling populer yang ada di Pinrang, Sulawesi Selatan

 

Goa Hatuhurang

goa hatuhurang

Tak hanya wisata air, ada beberapa wisata alam yang lainnya bisa kamu temukan di Seram Bagian Barat. Contohnya Goa Hatuhurang. Goa Hatuhurang merupakan sebuah goa yang terletak di Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Tidak hanya memiliki pemandangan pesisir yang indah, goa ini juga memiliki nilai sejarah. Di goa ini kamu bisa menemukan beberapa tengkorak dan juga tulang manusia, gerabah yang berbentuk menyerupai peralatan rumah tangga, serta meja yang dibuat menggunakan batu pipih. Warga sekitar mempercayai bahwa penggalan sejarah tersebut merupakan sebuah bukti adanya penduduk pesisir yang menjadikan goa tersebut menjadi tempat tinggal pada zaman dahulu.

 

Demikian lah rekomendasi destinasi wisata terpopuler di Seram Bagian Barat, Maluku. Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satu destinasi wisata di atas?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *