tempat wisata di kota mataram

10 Rekomendasi Destinasi Wisata terpopuler di sekitar Kota Mataram, Lombok

Table of Contents

Jika kamu ingin berlibur dengan penuh ke seruan, namun kamu tak ingin meninggalkan Kota Mataram, maka kamu bisa coba beberapa rekomendasi yang ada di bawah ini.

Kota Mataram adalah salah satu Kota yang ada di Pulau Lombok. Kota Mataram merupakan ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok sendiri berada dekat dengan Pulau Bali, yakni di sebelah timur Pulau Nusa Penida, Bali. Kedua Pulau ini memiliki warisan budaya yang hampir mirip.

Banyak objek wisata yang kamu bisa temukan di Kota Seribu Masjid Ini. Berikut adalah 10 destinasi wisata yang ada di sekitar Kota Mataram yang cocok kamu kunjungi.

 

  1. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura batu bolong ini memiliki lokasi yang sangat unik, yakni pura ini berada di atas batu karang di tepi pantai yang menjorok ke tengah laut. Batu karang di bawah pura ini memiliki lubang yang cukup besar sehingga disebut sebagai pura Batu bolong. Dari pura tersebut kamu bisa menikmati indahnya pemandangan laut yang akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke sana. Ingatlah untuk selalu menjaga etika ketika berkunjung ke pulau ini.

Lokasi: Jalan Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Taman Mayura

Taman Mayura

Di Taman Mayura ini terdapat danau buatan yang menawarkan hawa yang sangat sejuk. Di Taman Mayura ini juga terdapat beberapa Spot foto yang populer bagi para wisatawan. Disana kamu bisa berfoto berlatar kan pemandangan Danau dengan pepohonan yang rimbun di sekitar danau tersebut.

Lokasi: Jalan Purbasari nomor 29, Desa Mayura, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan

Pantai Ampenan merupakan pantai dengan pinggiran beton yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Dulunya pantai ini adalah sebagai pusat perdagangan pada masa kolonial. Terdapat meja dan kursi yang berada di pinggir pantai Ampenan ini. Kamu bisa duduk disana sambil keindahan panorama sunset di pantai Ampenan ini sambil ditemani oleh beberapa jajanan khas Kota Mataram. Pertama kali masuk pantai ini, Kamu akan melihat tulisan Pantai Ampean yang berukuran besar. Meja dan kursi tepat di pinggir pantai disediakan pengelola setempat untuk duduk para pengunjung. Menikmati senja di pantai ini akan terasa lebih pas jika ditemani camilan khas Kota Mataram.

Baca  Rekomendasi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Manokwari Selatan, Papua Barat

Lokasi: Jalan Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Kota Tua Mataram

Kota Tua Mataram

Kota Tua Mataram ini berada dekat dengan pantai Ampenan. Di Kota ini kamu akan menemukan banyak gedung-gedung tua dengan gaya arsitektur yang sudah kuno berdiri di berbagai sudut kota ini. Bangunan-bangunan kuno tersebut dipertahankan oleh warga sekitar agar menjadi Icon menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Jalan Ampenan Tengah, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq

Pantai ini terletak bersebelahan dengan danau buatan. Disana kamu bisa menikmati sore hari bersama keluarga ataupun teman. Di danau nya juga terdapat beberapa wahana air yang bisa kamu coba. Pantai ini masih terbilang sepi, biasanya hanya dikunjungi oleh warga lokal yang ingin menikmati sore sambil bermain layang-layang.

Lokasi: Jalan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Water Park Kura-Kura

Water Park Kura-kura

Sesuai dengan namanya Waterpark ini memiliki tema hewan kura-kura. Waterpark ini didominasi oleh pengunjung seperti keluarga yang sedang berlibur bersama anak-anaknya. Di Waterpark ini kamu bisa menemukan wahana air yang cukup lengkap. Kamu bisa mencoba kolam arus yang memiliki arus seperti di pantai. Waterpark ini sangat cocok kamu kunjungi ketika ingin berlibur bersama anak-anak.

Lokasi: Jalan Sriwijaya nomor 95, Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Pura Meru

Pura Meru

Pura Meru ini merupakan pura terbesar yang ada di pulau Lombok. Kata Meru ini berasal dari nama gunung yang ada di Jawa Tengah. Konon katanya Kerajaan Singosari memiliki hubungan dengan gunung tersebut, maka dari itu nama keduanya hampir mirip. Di tengah pura ini terdapat Gazebo yang biasa digunakan musyawarah oleh umat Hindu di Lombok. Setelah selesai berjalan-jalan di kawasan pura, kamu bisa membeli oleh-oleh di pasar yang berlokasi berdekatan dengan pura Meru ini.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Muara Enim, Sumatera Selatan

Lokasi: Jalan Selaparang, Desa Cakranegara Timur, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Timur.

 

  1. Museum Nusa Tenggara Barat

Museum Nusa Tenggara Barat

Di Museum NTB ini kamu bisa menemukan peninggalan zaman pra aksara yang masih tersimpan rapi di dalam gedung museum NTB ini. Gedung museum NTB ini memiliki dua ruangan. Selain menemukan peninggalan tersebut kamu juga bisa menemukan buaya muara dengan panjang tubuh sekitar 4,1 m yang sudah diawetkan. Ruangan kedua museum ini menampilkan banyak koleksi baju adat dari berbagai suku yang ada di pulau Lombok dan disana juga terdapat peninggalan dari Dinasti Ching.

Lokasi: Jalan Panji Tilar Negara nomor 6, Desa Tamansari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Centre

Tidak hanya objek wisata Pura yang ada di Kota Mataram kamu juga bisa menemukan objek wisata religi untuk umat Islam, yakni namanya Masjid Islamic Center. Selain dibuka sebagai tempat beribadah untuk umat Islam, masjid ini juga dibuka untuk para wisatawan. Masjid ini memiliki kubah dengan motif batik khas Nusa Tenggara Barat. Masjid ini sangat ramai pengunjung dan uniknya, keempat menara yang ada di masjid ini memiliki tinggi 99 m yang memiliki arti jumlah Asmaul Husna.

Lokasi: Jalan Selaparang, Desa Gomong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

  1. Taman Sangkareang

Taman Sangkareang

Taman ini memiliki bentuk persegi panjang dan berada di tengah-tengah Kota Mataram. Taman sangkareang ini kerap digunakan sebagai tempat untuk mengadakan event atau pameran. Taman ini memiliki tempat yang cukup luas, bersih, dan tentunya nyaman. Terdapat air mancur di depan pintu masuk Taman, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto oleh para wisatawan. Selain itu Di taman ini juga terdapat areal permainan anak-anak, sehingga Taman ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga bersama anak-anaknya.

Baca  Tempat wisata paling populer yang ada di Parepare, Sulawesi Selatan

Lokasi: Jalan Pejanggik, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *