Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau

Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau

Table of Contents

Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau – Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah tenggara Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Riau ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Rokan Hulu. Rokan Hulu merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu kota Kabupaten Rokan Hulu berada di Pasir Pengaraian. Kabupaten Rokan Hulu ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Rokan Hulu.

 

Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Rokan Hulu, Riau. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau.

 

Aek Martua

 

Aek Martua adalah salah satu air terjun yang terletak di Rokan Hulu. Keistimewaan air terjun ini terletak pada struktur bertingkat-tingkatnya. Fenomena ini membuat Aek Martua dikenal sebagai air terjun dengan “tangga seribu”.

Nama “Aek Martua” berasal dari bahasa suku Mandailing dan memiliki arti “air bertuah”. Air terjun ini dianggap memiliki keberkahan dan keistimewaan khusus.

Lokasi Aek Martua terletak di Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba Timur Jaya, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

 

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan

Istana Rokan

 

Istana Rokan terletak di Desa Rokan Koto, yang berjarak sekitar 45 km dari Kabupaten Rokan Hulu. Bangunan ini telah berusia lebih dari 200 tahun dan didirikan pada masa kekuasaan Kesultanan Nagari Tuo. Jika kita melihat rumah-rumah penduduk sekitar, kita akan melihat kesamaan desain dengan Istana Rokan. Istana Rokan menjadi sebuah bangunan bersejarah dengan arsitektur yang mirip dengan bangunan Melayu.

Ketika mengunjungi Istana Rokan, kita akan menemui tiga tingkat tangga yang ada di bangunan istana tersebut. Tangga-tangga tersebut melambangkan hubungan kekerabatan antara penduduk Rokan pada masa lalu. Setiap tingkat tangga memiliki makna simbolis, yaitu penguasa, alim ulama, dan adat istiadat. Selama mengunjungi Istana Rokan, kita juga dapat melihat rumah-rumah suku Melayu, suku Mais, dan suku Modang.

Lokasi Istana Rokan berada di Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

 

Benteng Tujuh Lapis

 

Jika Anda ingin mengenal bangunan bersejarah di Rokan Hulu, Anda dapat mengunjungi Benteng Tujuh Lapis. Tempat ini menjadi Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai salah satu peninggalan bersejarah, Benteng Tujuh Lapis dahulu digunakan sebagai benteng pertahanan oleh bangsa Dalu-dalu. Pembangunan benteng ini memakan waktu yang cukup lama dan menggunakan tanah liat yang diambil dari tepian Sungai Batang.

Selama Perang Paderi, Benteng Tujuh Lapis menjadi lokasi strategis bagi serangan bangsa Indonesia terhadap Belanda. Dengan sejarah panjang yang dimilikinya, Benteng Tujuh Lapis menjadi salah satu tujuan wisata yang penting di Rokan Hulu yang layak dikunjungi saat liburan tiba.

Lokasi Benteng Tujuh Lapis berada di Tambusai Tengah, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara

 

Goa Huta Sikafir

 

Tidak jauh dari objek pemandian Pawan, terdapat hutan yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar dengan akar yang menjalar. Pohon-pohon di dalam hutan ini terlihat menjijikkan dan menyeramkan. Meskipun terkesan menyeramkan, terdapat beberapa goa yang dapat ditemukan di dalam hutan tersebut. Salah satu goa yang menarik adalah Goa Huta Sikapir.

Bagi para petualang, Goa Huta Sikapir adalah tempat wisata yang layak dipertimbangkan. Anda dapat menjelajahi goa yang luas ini. Untuk menghindari tersesat, disarankan menggunakan jasa pemandu ketika memasuki goa lebih dalam.

Goa Huta Sikapir terletak di Pawan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

 

Sungai Bungo

 

Wisata alam di Rokan Hulu tak pernah habisnya. Hal itu terbukti dengan keberadaan Sungai Bungo di daerah tersebut. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita harus melalui jalan kecil dan melewati hutan. Meski begitu, hal tersebut tidak menghalangi kita untuk mengunjungi Sungai Bungo.

Selama perjalanan menuju Sungai Bungo, kita akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami. Sungai Bungo menjadi tujuan wisata bagi para petualang yang menyukai petualangan alam.

Lokasi: Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

 

Sungai Rokan Kiri

 

Sungai Rokan Kiri merupakan salah satu tempat wisata di Rokan Hulu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Terkenal sebagai wisata air deras, Sungai Rokan Kiri memiliki aliran air yang kencang dan tebing-tebing curam.

Untuk menikmati keindahan alam Sungai Rokan Kiri, cukup dengan menghabiskan waktu sekitar 1 jam menggunakan perahu. Setelah sampai di tebing, kita akan menemukan dua air terjun yang berada di sekitar tebing tersebut.

Lokasi: Sangkir, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Baca  Loss angeles compound th is trying to sell

 

Cipogas

 

Saat mengunjungi Rokan Hulu, pengalaman tak lengkap tanpa menghabiskan waktu di Cipogas. Cipogas adalah Tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Di tempat ini, kita dapat menemukan batuan besar yang dilalui oleh aliran sungai. Menurut penduduk setempat, Cipogas dahulu digunakan sebagai tempat bermeditasi. Orang-orang datang ke Cipogas dengan tujuan mendapatkan pengetahuan spiritual.

Meskipun dulunya digunakan untuk bermeditasi dan mencari pengetahuan spiritual, Cipogas sekarang menjadi tempat wisata alam yang populer. Keindahan alam yang masih alami menjadi daya tarik utama dari Cipogas.

Lokasi: Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Rokan Hulu, Riau. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *