Tempat wisata di Dogiyai

Rekomendasi tempat wisata yang ada di Dogiyai, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki pesona alam sangat indah dan keberagaman budaya yang sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Dogiyai. Dogiyai merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Tengah. Kabupaten Dogiyai dulunya adalah bagian dari wilayah Kabupaten Nabire, kini sudah dimekarkan menjadi kabupaten sendiri, yakni Kabupaten Dogiyai. Pusat pemerintahan Kabupaten Dogiyai berada di Kigamani atau Distrik Kamu. Nama Dogiyai berasal dari nama salah satu gunung yang ada di Kabupaten ini. Kabupaten Dogiyai ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 lalu diresmikan pada tanggal 20 Juni 2008 oleh Menteri Dalam Negeri di Nabire. Kabupaten ini dibentuk karena wilayah ini cukup jauh dari ibukota Nabire dan memiliki akses yang cukup sulit karena terletak di kawasan Pegunungan. Maka dari itu, dibentuklah Kabupaten baru di bagian selatan Nabire untuk mendorong peningkatan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

 

Rekomendasi tempat wisata yang ada di Dogiyai, Papua Tengah

 

Wilayah Dogiyai ini masih ditumbuhi oleh hutan-hutan yang rimbun sehingga memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak tempat wisata di Kabupaten Dogiyai ini. Kabupaten Dogiyai sebagian besar di huni oleh Suku Mee yang hidup dengan tradisional. Kabupaten Dogiyai juga terkenal akan kopi arabika khasnya. Berikut adalah Rekomendasi tempat wisata yang ada di Dogiyai, Papua Tengah.

Baca  Destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Nduga, Papua Pegunungan

 

Pusat Kabupaten Dogiyai

Pusat Kabupaten Dogiyai

Gambar di atas merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Dogiyai. Di tempat ini, penduduk Kabupaten Dogiyai masih hidup dengan cara tradisional. Walau begitu, di Pusat Kabupaten Dogiyai ini sudah terdapat transportasi serta sistem perekonomian yang sudah cukup modern. Sangat berbeda dengan suku pedalaman lainnya yang ada di Papua. Kamu bisa mengunjungi pemukiman penduduk Kabupaten Dogiyai untuk mengamati secara langsung sembari belajar bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para penduduk Kabupaten Dogiyai.

 

Danau Makamo

Danau Makamo

Danau Makamo merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Kabupaten Dogiyai. Danau Makamo ini terletak di Kampung Bukapa, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah. Danau Makamo ini memiliki air yang jernih berwarna kebiruan. Di sekitar Danau Makamo ini ditumbuhi pepohonan yang tumbuh rimbun dan lebat sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan sangat asri. Udara di sekitar Danau Makamo ini terasa masih sangat bersih dan segar. Danau Makamo ini berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl dan memiliki luas danau sekitar 1.500 hektar. Danau ini memiliki sebuah keunikan, yakni jika dilihat dari sisi sebelah timur, kamu akan menemukan pemandangan danau yang berbentuk menyerupai Pulau Papua. Tentu danau ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata yang keren di Dogiyai. Menurut kepercayaan warga setempat, air Danau Makamo ini dipercaya bisa digunakan sebagai obat malaria, obat luka, dan obat untuk beberapa penyakit lainnya. Warga setempat biasanya menjadikan serangga yang hidup di sekitar Danau Makamo sebagai santapan mereka.

 

Jalan Trans Nabire – Dogiyai

Jalan Trans Nabire - Dogiyai

Jalan Trans Nabire – Dogiyai merupakan sebuah jalan protokol yang menghubungkan antara Kabupaten Nabire dengan Kabupaten hasil pemekarannya, yakni Kabupaten Dogiyai. Jalan ini kerap digunakan sebagai jalur transportasi untuk kegiatan ekonomi. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menemukan pemandangan bukit dan pepohonan yang menghiasi pinggiran jalanan. Jika kamu jenuh ketika melintasi jalan ini, kamu bisa menepi sejenak untuk berfoto-foto dengan latar yang sangat indah dan menikmati suasana alam yang sangat sejuk dengan udara yang sangat segar.

Baca  The loss is not all that surprising

 

Perkampungan Suku Mee

Perkampungan Suku Mee

Perkampungan Suku Mee merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Dogiyai. Perkampungan Suku Mee terletak di Kampung Idakebo, Distrik Kamu Utara, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah. Seluruh wilayah kamu ini dihuni oleh Suku Mee. Suku ini masih hidup dengan gaya hidup kuno, yakni mereka masih menggunakan koteka sebagai pakaian, dan tinggal di dalam Rumah Honai. Mereka bertahan hidup dengan cara berladang. Beberapa tumbuhan yang biasa mereka tanam berupa pisang, umbi-umbian, dan juga sayuran. Masyarakat kampung ibu biasanya berkomunikasi dengan dua bahasa sebagai bahasa pergaulan. Kedua bahasa tersebut yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Mee.

 

Lembah Hijau

Lembah Hijau Dogiyai

Lembah Hijau merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Dogiyai. Tempat wisata Lembah Hijau ini terletak di Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah. Di Lembah Hijau ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan tanah lapang yang menghijau dengan diselimuti ilalang yang tumbuh liar.

 

Demikianlah Rekomendasi tempat wisata yang ada di Dogiyai, Papua Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *