Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

Table of Contents

Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Riau. Provinsi Jambi ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Jambi. Provinsi Jambi memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bungo. Bungo merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Ibu kota Kabupaten Bungo berada di Muara Bungo. Kabupaten Bungo ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bungo.

 

Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bungo, Jambi. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi.

 

Air Terjun Tegan Kiri

 

Air Terjun Tegan Kiri terletak sekitar 31 km dari pusat Kota Muara Bungo, tepatnya di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Air terjun ini memiliki ketinggian 26 meter dan lokasi wisatanya terjaga kebersihannya, sehingga nyaman untuk dikunjungi. Keistimewaan Air Terjun Tegan Kiri adalah kealamian yang masih terjaga, jarang tersentuh oleh tangan manusia.

Sesampainya di Air Terjun Tegan Kiri, Anda akan terpesona oleh pemandangan alam yang memukau. Batu-batu besar mengelilingi aliran air terjun ini. Ditambah lagi dengan air yang dingin, udara yang sejuk, dan rimbunnya pepohonan di sekitarnya. Dahulu, Air Terjun Tegan Kiri ditemukan oleh Suku Anak Dalam (SAD). Banyak yang menganggap bahwa Air Terjun Tegan Kiri memiliki cerita mistis karena suara gemericiknya yang menyerupai tangisan air.

Baca  Destinasi wisata yang terdapat di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

Lokasi: Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Taman Kota Muara Bungo

 

Taman Kota Muara Bungo terletak di pusat kota, tepatnya di Bungo Barat, Muara Bungo, Jambi. Taman ini dilengkapi dengan fasilitas jogging track yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, memberikan udara yang sejuk dan cocok untuk berolahraga di pagi atau sore hari.

Taman Kota Muara Bungo juga merupakan tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga sambil menikmati makanan bekal dari rumah. Anda dapat duduk bersantai di atas tikar sambil menikmati angin sejuk yang berhembus di Taman Kota Muara Bungo.

Lokasi: Jl. Baharudin, Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Telago Jando

 

Air Terjun Telago Jando terletak di Desa Buat, Kabupaten Bungo. Air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang indah dan setiap tingkatannya memiliki keunikannya sendiri.

Air Terjun Telago Jando menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam di Kabupaten Bungo. Untuk mencapai air terjun ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 60 km dari Kota Muaro Bungo atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor.

Lokasi: Muara Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Dam Semagi

 

Dam Semagi terletak di Kecamatan Tanah Tumbuh. Untuk mencapai lokasinya, Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 40 km dari ibu kota Kabupaten Bungo menggunakan kendaraan bermotor. Dam ini merupakan aliran sungai pegunungan yang dihiasi dengan bebatuan besar yang indah.

Dam Semagi terletak di tengah hutan dan dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonan yang rindang. Namun, fasilitas di Dam Semagi masih kurang lengkap, sehingga dengan pemeliharaan yang lebih baik, dam ini dapat menjadi aset wisata yang menguntungkan.

Baca  Tempat wisata paling populer di Buton, Sulawesi Tenggara

Lokasi: Pelayang, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Punjung Empat

 

Air Terjun Punjung Empat terletak di Bukit Punjung dan memiliki puncak air terjun yang tinggi dan terbagi menjadi beberapa tingkat. Air Terjun ini terletak di Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat. Untuk mencapai Air Terjun Punjung Empat, Anda perlu mengendarai kendaraan sejauh 26 km dari pusat kota dan melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 km.

Meskipun perjalanan cukup jauh, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan dan melewati tiga gua alam yang dapat Anda kunjungi.

Lokasi: Desa Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Air Terjun Renah Sungai Besar

 

Air Terjun Renah Sungai Besar terletak di Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya cukup deras, namun ketika mencapai dasar, airnya menjadi tenang. Oleh karena itu, banyak orang yang berenang di bagian dasar air terjun ini. Untuk mencapai lokasi ini dari Kabupaten Bungo, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 80 km atau sekitar 1,5 jam.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *