Tempat wisata di Bireuen

Tempat wisata yang terdapat di Bireuen, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Bireuen. Bireuen merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Bireuen berada di Bireuen. Kabupaten Bireuen ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Bireuen.

 

Tempat wisata yang terdapat di Bireuen, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Bireuen, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang terdapat di Bireuen, Aceh.

 

Air Terjun Ceuraceu

 

Air Terjun Ceuraceu memiliki tebing batu yang tinggi dan mempesona. Air yang mengalir dari sungai menambah eksotisme tempat ini. Berenang di kolam air terjun bisa membuat tubuh terasa segar.

Sayangnya, tempat indah ini tercemar sampah dan kurang terawat. Mungkin karena jaraknya hanya 8 km dari pusat kota, sampah di sini sulit terkendali. Para pengunjung yang datang juga tidak memperhatikan kebersihan, sehingga semuanya menjadi tidak peduli. Jika ada pengurus aktif dan pengunjung yang sadar akan kebersihan, lingkungan yang bersih akan tercipta.

Lokasi: Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Baca  Rekomendasi tempat wisata terpopuler di Kutai Barat, Kalimantan Timur

Pantai Peuneulet Baroh

 

Pantai Peuneulet Baroh di Kota Bireuen menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini memiliki air yang jernih, pasir putih yang luas dan daun hijau yang berputar-putar, membuatnya terlihat seperti surga dunia yang dicari-cari oleh semua orang.

Di bibir pantai, terdapat sebuah pembatas yang dibangun sehingga pengunjung bisa menikmati air sambil duduk santai di tepi pantai, terutama saat air pasang datang. Suasana yang diciptakan benar-benar luar biasa. Sayangnya, pantai yang indah ini terletak cukup jauh dari pusat kota, sekitar 38 Km.

Lokasi: Desa Peuneulet Baroh, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Le Rhop

 

Air Terjun Le Rhop di Bireuen memiliki daya tarik yang istimewa dengan nuansa alam yang memukau. Air terjun ini memiliki anak tangga alami yang menjadikan pemandangan lebih eksotis dan menarik perhatian para pengunjung.

Walau harus menempuh rute yang sulit dan berbatu, banyak orang yang rela melakukan trekking demi menikmati keindahan air terjun ini. Tidak heran jika Le Rhop menjadi salah satu Tempat wisata yang populer di Bireuen.

Lokasi: Desa Le Rhop, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Piramida

 

Air Terjun Piramida memiliki bentuk unik yang menyerupai piramida dengan tebing batu segitiga. Fenomena ini terjadi karena abrasi dan kondisi alam yang alami. Pemandangan yang langka ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin melihat keajaiban alam yang tidak biasa.

Air Terjun Piramida terletak di Desa Alue, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Cot Panglima

 

Cot Panglima adalah sebuah Tempat wisata yang terletak di puncak bukit Panglima. Lokasi ini sering dijadikan rute trekking mini bagi para pemula, karena jalannya mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncaknya. Meskipun lokasinya agak jauh dari pusat kota, pemandangan di bukit ini sangat indah dan cocok bagi mereka yang mencari ketenangan dan kedamaian. Di sini, Anda tidak akan menemukan kebisingan kota seperti Jakarta, hanya suara burung liar dan udara yang sejuk semilir. Lokasinya berada di Desa Suka Tani, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Pohuwato, Gorontalo

 

Wisata Air Krueng

 

Tempat wisata ini bernama Wisata Air Krueng yang menawarkan keindahan aliran sungai yang jernih dengan view indah dan mempesona. Di sepanjang sungai, terdapat banyak pemandangan hijau yang akan memanjakan mata Anda. Ditambah dengan deretan batu kali yang tersusun secara alami, sungai ini semakin memukau. Meskipun belum banyak yang mengetahui tentang tempat ini, beberapa pengunjung sudah mulai mengunggah foto dan cerita mereka di media sosial sehingga lambat laun tempat ini menjadi populer sebagai wisata alam yang menarik.

Lokasi: Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Pantai Reuleung Manyang

 

Pantai Reuleung Manyang adalah sebuah pantai yang indah dengan view yang sangat eksotis, menjadi tujuan wisata bagi banyak pengunjung karena keunikan tebing batu yang dimilikinya. Batuan di pantai ini cukup unik karena memiliki lapisan warna tertentu. Tiap lapisan warna tersebut memiliki makna dan usia yang berbeda sehingga banyak pelajar yang datang untuk menelitinya. Biasanya, para pelajar yang sedang melakukan penelitian di lapangan akan mempelajari lapisan batu ini. Bagi pengunjung yang ingin duduk santai sambil menikmati senja di Pantai Reuleung Manyang, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Lokasinya terletak di Desa Reuleung Manyang, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Pante Karya

 

Pante Karya bukanlah sebuah pantai, melainkan Pante Karya ini merupakan sebuah sungai indah yang disana terdapat bebatuan unik. Para wisatawan yang mengunjungi sungai ini biasanya memilih untuk bermain air atau hanya sekedar duduk santai saja. Karena sungai ini tidak begitu cocok untuk berenang.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, ada beberapa spot menarik yang cocok sekali untuk menyalurkan hobi memancing tersebut. Beberapa pengunjung yang datang ke sungai ini untuk memancing biasanya lebih memilih lokasi yang agak dalam untuk mendapatkan ikan yang berukuran besar. Konon katanya, ikan-ikan yang berukuran besar kerap bersembunyi di lokasi yang lebih dalam.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Bengkulu Utara, Bengkulu

Lokasi: Pante Karya, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Tempat wisata yang terdapat di Bireuen, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *