Tempat wisata di Halmahera Selatan

Tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Halmahera Selatan, Maluku Utara

Table of Contents

Maluku Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian timur Negara Indonesia. Maluku Utara resmi berdiri pada 4 Oktober 1999. Dulunya Provinsi Maluku Utara menjadi bagian dari Provinsi Maluku. Pada saat awal pendirian Provinsi Maluku Utara, ibukota Maluku Utara berada di Kota Ternate, tepatnya berlokasi di Kaki Gunung Gamalama. Seiring berjalannya waktu, sekitar 11 tahun lamanya, kini ibukota Provinsi Maluku Utara pindah ke Sofifi. Provinsi Maluku Utara memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya uang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Halmahera Selatan. Halmahera Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Kabupaten Halmahera Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Utara atau yang kini menjadi Kabupaten Halmahera Barat. Ibukota Kabupaten Halmahera Selatan berada di Kota Labuha. Kabupaten Halmahera Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai tempat wisata di Kabupaten Halmahera Selatan.

 

Tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Halmahera Selatan, Maluku Utara

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di daerah timur Indonesia, khususnya Pulau Maluku dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kabupaten Halmahera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

 

Pantai Sibela

Pantai Sibela

Pantai Sibela merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di Halmahera Selatan. Pantai Sibela ini terletak di Desa Babang, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Pantai Sibela ini juga dikenal sebagai Pantai Dermaga Merah. Sesuai dengan julukannya, di Pantai ini terdapat sebuah dermaga yang dicat dominan berwarna merah menyala. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di pantai ini, salah satunya adalah berenang. Di pantai ini sangat cocok menjadi tempat untuk berenang karena memiliki ombak dan arus yang cukup bersahabat. Kamu juga bisa mencoba berkuliner di sekitar Pantai Sibela, salah satu kuliner yang wajib kamu coba adalah Ikan Fufu.

Baca  Menjelajahi keindahan alam yang ada di Pulau Seram, Maluku

 

Pantai Nusara

Pantai Nusara

Pantai Nusara merupakan salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi di Halmahera Selatan selain Pantai Sibela. Pantai Nusara terletak di Desa Indomut, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Di Pantai yang satu ini kamu akan menemukan sebuah ketenangan yang sangat di idam-idamkan. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Kamu bisa bersantai di bawah pohon kelapa yang tumbuh di sana. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan juga udara yang sangat segar. Kamu bisa mengunjungi pantai ini untuk melepas penat setelah lelah bekerja.

 

Air Mata Belanda

Air Mata Belanda

Air Mata Belanda merupakan nama salah satu sungai jeram di Maluku Utara. Air Mata Belanda ini terletak di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Warga sekitar mempercayai bahwa nama unik tempat wisata yang satu ini tercipta karena pada zaman dahulu di tempat ini terdapat keluarga Belanda yang menangisi salah satu anaknya yang hanyut terseret arus sungai. Kini tempat hanyutnya anak Belanda tersebut dikenal dengan sebutan Air Mata Belanda. Untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini, kamu akan melakukan tracking sejauh 1 kilometer. Hal tersebut terjadi karena kamu harus melewati hutan hujan tropis yang cukup lebat sehingga harus berjalan kaki untuk melewatinya.

 

Air Terjun Bibinoi

Air Terjun Bibinoi

Air Terjun Bibinoi merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Di tempat wisata yang satu ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan air terjun yang megah dan indah berkombinasi dengan asrinya alam sekitar. Air Terjun Bibinoi ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Kamu akan terpukau oleh pemandangan alam yang sangat indah oleh air yang jatuh secara bertingkat di Air Terjun Bibinoi. Kamu bisa sampai ke Air Terjun Bibinoi menggunakan kendaraan roda empat. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk tracking karena akses jalan menuju tempat wisata yang satu ini sudah ditata dengan baik oleh pengelola tempat ini. Air Terjun Bibinoi juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Baca  5 Danau Terluas serta paling populer di Sulawesi Selatan

 

Benteng Bernaveld

Benteng Bernaveld

Benteng Bernaveld merupakan sebuah tempat wisata sejarah yang bisa kamu temukan di Halmahera Selatan. Benteng Bernaveld ini terletak di Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Benteng ini memiliki ketebalan sekitar 60 centimeter dengan ketinggian dinding mencapai sekitar 4 meter. Benteng Bernaveld ini sudah berdiri sejak tahun 1558. Benteng Bernaveld ini dibangun oleh bangsa Portugis ketika tiba di Labuha. Walau di bangun oleh bangsa Portugis, benteng ini juga pernah diduduki oleh bangsa Spanyol dan bangsa Belanda. Walau sudah direnovasi pada tahun 1601, Benteng Bernaveld ini masih berdiri dengan kokoh dan kuat hingga saat ini.

 

Demikianlah Tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *