Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu

Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu

Table of Contents

Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah barat Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Bengkulu ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Bengkulu. Provinsi Bengkulu memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Mukomuko. Mukomuko merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu. Ibu kota Kabupaten Mukomuko berada di Kota Mukomuko.  Kabupaten Mukomuko ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Mukomuko.

 

Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Mukomuko, Bengkulu. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu.

 

Benteng Anna

 

Benteng Anna adalah sebuah saksi bisu perang yang terjadi di Indonesia. Benteng ini didirikan pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1798. Seiring berjalannya waktu, benteng ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Beberapa meriam kecil yang digunakan pada masa lampau masih utuh dan dapat ditemukan di beberapa lokasi.

Ada dugaan bahwa benteng ini dulunya berbentuk limas dengan banyak lorong di dalamnya. Namun, karena saat ini hanya tersisa puing-puing dan bagian tengahnya hanya berupa tanah, hal tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Yang pasti, pemandangan di tempat ini sangat indah karena lokasinya dekat dengan laut dan Sungai Selagan.

Baca  Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Palopo, Sulawesi Selatan

Lokasi: Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Pantai Batu Kumbang

 

Pantai ini disebut Batu Kumbang karena dulu terdapat tiga batu besar yang sangat mirip dengan tungku. Konon, batu tungku tersebut sering dikunjungi oleh kumbang pada malam hari. Saat ini, batu-batu tersebut hampir hilang akibat abrasi. Mungkin masih bisa melihat sedikit bagian yang tersisa dengan ukuran yang lebih kecil di tengah laut.

Keunikan lain dari pantai ini adalah banyaknya penyu yang bertelur di sekitar pantai. Jika beruntung, pengunjung dapat bertemu dengan penyu saat mereka menetas dan berjalan menuju laut. Pengalaman ini sangat indah dan memukau.

Lokasi: Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Pantai Abrasi Mukomuko

 

Pantai Abrasi Mukomuko awalnya mungkin dibangun dengan tameng berundak untuk mencegah abrasi di sepanjang pantai. Namun, siapa sangka upaya tersebut menghasilkan keajaiban. Banyak pengunjung yang menyukai pantai ini karena keindahan dan daya tariknya.

Pemandangan di pantai ini tidak jauh berbeda dengan Pantai Air Punggur, hanya saja terdapat sedikit gazebo. Meskipun demikian, pantai ini tetap nyaman untuk duduk santai sambil menikmati ombak dan angin yang sejuk. Saat ini, tidak banyak jalan yang rusak di sekitar pantai ini, sehingga bisa menjadi tambahan Tempat wisata yang sempurna.

Lokasi: Jalan Lintas Barat Sumatera, Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Muara Lima Sungai

 

Seperti namanya, muara ini adalah tempat pertemuan lima sungai yang berbeda. Tidak mengherankan jika terdapat banyak ikan di muara ini. Bagi pecinta memancing, ini adalah tempat yang cocok karena ukuran ikan air payau di sini juga cukup baik. Terletak dekat dengan laut, udara dan iklim di sekitarnya juga panas.

Baca  10 Objek wisata yang ada di Lembata, Nusa Tenggara Timur

Meskipun begitu, Anda akan merasa nyaman karena sering terjadi tiupan angin kencang seperti di pantai. Terdapat juga pohon cemara dan beberapa pohon hijau di sekitar sungai. Namun, bagi yang tidak suka cuaca panas, mungkin akan sedikit kesulitan berada di muara lima sungai ini.

Lokasi: Kota Jaya, Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Muara Mukomuko

 

Tempat wisata ini hampir mirip dengan muara lima sungai, hanya saja luas dan area yang berbeda. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati senja bersama orang yang dicintai. Terdapat banyak spot menarik yang cocok untuk berfoto atau duduk santai sambil menikmati matahari terbenam. Selain itu, terdapat pesona air dan ikan yang beragam. Bagi para penggemar memancing, tempat ini juga merupakan tempat yang menarik.

Lokasi: Pasar Ipuh, Kecamatan Mukomuko Selatan, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Sungai Air Berau

 

Sungai ini memiliki lebar yang mengesankan, sekitar 10-15 meter. Dengan lebar yang besar, tidak heran bahwa aliran air di sungai ini cukup deras. Di sekitar sungai juga terdapat berbagai aktivitas menarik. Sungai ini dekat dengan hutan yang memiliki air terjun.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Jika menggunakan transportasi umum, perjalanan cukup jauh dan Anda akan berjalan kaki dengan jarak yang panjang. Lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi: Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Danau Bai

 

Danau Bai dikelola dengan lebih modern, sehingga tidak mengherankan jika danau ini populer di kalangan wisatawan. Terdapat berbagai wahana seperti perahu, sepeda bebek, dan berbagai kuliner. Karena popularitasnya, banyak restoran lezat di sekitar tempat wisata ini. Anda dapat memilih mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti ikan bakar, bakso, atau soto.

Baca  Objek wisata paling populer yang terdapat di Malinau, Kalimantan Utara

Lokasi: Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

 

Demikianlah Tempat wisata terindah yang ada di Mukomuko, Bengkulu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *