Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung

Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung

Table of Contents

Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung – Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Sumatera Selatan, atau tepatnya berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Provinsi Lampung ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Bandar Lampung. Provinsi Lampung memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Tulang Bawang Barat. Tulang Bawang Barat merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung. Ibu kota Kabupaten Tulang Bawang Barat berada di Panaragan.  Kabupaten Tulang Bawang Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Tulang Bawang Barat.

 

Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Tulang Bawang Barat, Lampung. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung.

 

Cakat Raya

 

Cakat Raya adalah salah satu Objek wisata yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang. Meskipun tidak jauh dari Tulang Bawang Barat, tempat ini layak masuk dalam daftar tujuan wisata Anda. Bisa dikatakan Cakat Raya mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) versi Tulang Bawang. Di sana terdapat replika Candi Prambanan, berbagai rumah adat dari seluruh Indonesia, dan koleksi lainnya yang menarik.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Bungo, Jambi

 

Desa Pagar Dewa

 

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi Desa Pagar Dewa. Di desa ini, Anda akan bertemu dengan masyarakat yang masih menjaga teguh adat dan budaya, serta tinggal di rumah adat khas Lampung bernama Nuwow Sesat. Alam di Desa Pagar Dewa juga masih asri, sehingga Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

 

Desa Panumangan

 

Anda juga bisa mengunjungi Desa Panumangan. Di sana, Anda akan melihat hamparan sawah hijau dan beberapa pondokan di tengah-tengah sawah. Keasrian alam dan suasana desa yang tenang membuat siapa pun betah berlama-lama di sana.

 

Islamic Center Tulang Bawang Barat

 

Islamic Center Tulang Bawang Barat terletak di Desa Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT). Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan desain Masjid Islamic Center atau Masjid Asmaul Husna, serta rumah adat khas Lampung yang teratur berdiri. Terdapat juga kolam ikan dan Taman Santai yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

 

Jembatan Desa Tirta Kencana

 

Desa ini tidak memiliki keunikan khusus kecuali jembatannya. Ya, jembatan bambu di desa ini terlihat sangat ikonik dengan atap lengkungnya yang terbuat dari bambu. Berjalan di jembatan ini akan membawa Anda ke suasana masa lampau.

 

Jurang Seribu

 

Tidak jauh dari Islamic Center Tulang Bawang Barat, terdapat Jurang Seribu. Tempat ini sebenarnya hanya merupakan sebuah gundukan tanah yang membentuk jalan kecil dan menjadi akses bagi warga yang ingin memancing atau pergi ke kebun. Pada musim penghujan, tempat ini akan menjadi semakin indah dengan penuh pepohonan hijau yang menenangkan mata.

 

Jalan Desa Panaragan

 

Baca  Destinasi wisata yang ada di Nias Utara, Sumatera Utara

Selanjutnya, ada Jalan Desa Panaragan. Yang unik dari jalan di desa ini adalah kelok-keloknya yang mengikuti kontur alam, dan di sepanjang jalan kamu akan dengan mudah menemukan pepohonan yang memberikan rindang. Keheningan jalan ini membuat tempat ini semakin terlihat indah.

 

Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat

 

Kemudian, terdapat Patung Relief Empat Marga Tulang Bawang Barat. Keempat relief ini menggambarkan empat tokoh Megow Pak suku Lampung. Keempat marga yang terpahat dalam relief tersebut adalah Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji, dan Marga Suwai Umpu. Patung relief ini terletak di pinggir jalan antar kabupaten dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

 

Patung Tugu Rato Nago Besanding

 

Selain Patung Relief Empat Marga, di Tulang Bawang Barat juga terdapat ikon unik bernama Patung Tugu Rato Nago Besanding. Patung ini menggambarkan dua ekor naga yang gagah berani menarik kereta dan dikendarai oleh seorang kusir. Patung tersebut menggambarkan pengantin Lampung yang mengendarai kereta.

 

Taman Agro Wisata

 

Tidak jauh dari Islamic Center Tulang Bawang Barat, terdapat Taman Agro Wisata. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai bibit tanaman buah dengan kualitas unggul. Selain itu, berbagai fasilitas pendukung telah dibangun untuk memanjakan para pengunjung. Objek wisata ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengenalkan berbagai jenis buah kepada anak-anak.

 

Demikianlah Objek wisata paling populer di Tulang Bawang Barat, Lampung. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *