tempat wisata di buru

9 Rekomendasi tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Buru, Maluku

Table of Contents

Buru merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Maluku, tepatnya di Pulau Buru. Kabupaten Buru menyimpan keindahan alam yang tak kalah cantik jika dibandingkan dengan wilayah lainnya.

 

9 Rekomendasi tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Buru, Maluku

 

Di Kabupaten Buru kamu bisa menemukan perbukitan hingga pantai. Berikut adalah 9 rekomendasi tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Buru, Maluku.

 

Pantai Telaga

Pantai Telaga

Pantai Telaga merupakan sebuah pantai yang terletak di Nametek Kodim, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Pantai Telaga juga kerap disebut dengan Pantai Talaga. Pantai ini cukup ramai diminati oleh wisatawan. Hal tersebut terjadi karena fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai, seperti saung-saung dan kursi dari kayu yang sudah tertata dengan rapi. Pantai ini memiliki suasana yang cukup sejuk karena terdapat pepohonan khas pantai yang tumbuh dengan rimbun di sekitar pantai. Jadi kamu tidak perlu takut kepanasan karena kamu bisa berteduh di bawah pepohonan yang cukup rindang. Kamu bisa melakukan aktivitas seru di Pantai Telaga ini, seperti berenang menikmati segarnya air pantai yang jernih berwarna kebiruan, dan kamu juga bisa menikmati keindahan panorama matahari terbenam pada sore hari dan matahari terbit pada pagi hari di tepi Pantai Telaga. Untuk sampai ke pantai ini, kamu akan menempuh sekitar 5 menit perjalanan dari pusat kota. Kamu bisa berkemah di pantai ini namun harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola pantai.

 

Bukit Tatanggo

Bukit Tatanggo

Bukit Tatanggo merupakan sebuah bukit yang terletak di Jalan Raya Namlea-Waeapo, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Suasana di Bukit Tatanggo ini hampir sama dengan bukit lainnya. Di Bukit Tatanggo, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan sebuah bukit yang diselimuti hamparan rumput ilalang yang menjadikan suasana Bukit Tatanggo ini terlihat sangat alami. Bukit ini juga ditumbuhi pepohonan-pepohonan kecil khas pepohonan bukit. Bukit ini biasanya ramai dikunjungi para wisatawan pada sore hari karena kebanyakan pengunjung ingin menikmati panorama langit senja yang indah dari atas ketinggian, lalu berlanjut menikmati gemerlap lampu Kota Namlea. Kamu juga bisa menikmati bukit ini dari pagi hari hingga hari mulai gelap, namun kamu harus menyiapkan kebutuhan logistik seperti makanan dan minuman karena minimnya penjual makanan di puncak Bukit Tatanggo ini. Bukit ini biasanya dijadikan tempat untuk melakukan relaksasi sembari menikmati udara yang segar.

Baca  Rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Ambon, Maluku

 

Agrowisata Buah Naga

Agrowisata Buah Naga

Agrowisata Buah Naga terletak di Desa Grandeng, Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, Maluku. Di sana kamu bisa menemukan sebuah tempat wisata berupa perkebunan Buah Naga. Di tempat ini, para wisatawan bisa melakukan aktivitas memetik buah naga yang telah matang. Pemandu wisata di tempat ini akan menjelaskan kepada para pengunjung tentang jenis-jenis buah Naga tersebut. Setelah puas memetik buah Naga, para pengunjung bisa memotong buah yang sudah dipetik tersebut dah langsung menyantapnya. Di sana juga bisa melakukan aktivitas perdagangan buah Naga karena cukup banyak yang menjual hasil petikan buah Naga tersebut. Buah Naga di perkebunan ini merupakan pasokan buah Naga untuk memenuhi kebutuhan pasar buah Naga di Kota Ambon.

 

Danau Rana

Danau Rana

Danau Rana merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, Maluku. Danau Rana merupakan danau terbesar yang ada di Provinsi Maluku. Danau Rana ini berada di ketinggian 700 mdpl sehingga danau ini selalu diselimuti oleh kabut. Disarankan kepada para pengunjung yang akan berkunjung ke Danau Rana agar menggunakan pakaian yang cukup tebal agar tidak merasa kedinginan. Terdapat pepohonan hijau yang tumbuh di sekeliling Danau Rana ini. Para wisatawan bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu sewaan.

 

Pantai Ratu

Pantai Ratu

Pantai Ratu merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Waeperang, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru, Maluku. Selain di sebut dengan nama Pantai Ratu, pantai ini juga kerap disebut dengan nama Pantai Waeperang. Pantai Ratu ini terletak berjarak sekitar 6 kilometer dari pantai Jikumerasa. Di sana kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan laut yang membentang sangat luas tanpa terhalang apapun. Terdapat ekosistem laut yang sangat indah di dalamnya. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut. Hal ini merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Selain itu, berbagai fasilitas umum bisa kamu akses dengan mudah di sekitar Pantai Ratu.

Baca  6 Destinasi wisata yang ada di Pulau Taliabu, Maluku Utara

 

Pantai Jikumerasa

Pantai Jikumerasa

Pantai Jikumerasa merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Jikumerasa, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru, Maluku. Pantai Jikumerasa ini adalah pantai paling terkenal di Kabupaten Buru. Hal tersebut terjadi karena salah satu saluran televisi sempat meliput pantai ini, sehingga kini sudah dibangun taman bermain di sana. Pantai Jikumerasa memiliki hamparan pasir putih yang bersih, terdapat semacam hilir kecil yang bermuara langsung ke pantai. Di sana juga terdapat jembatan kayu yang di ujungnya terdapat pondok kayu dibangun di atas air. Pantai ini hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari Namlea.

 

Air Terjun Waeura

Air Terjun Waeura

Air Terjun Waeura merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Waeura, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, Maluku. Air Terjun Waeura berupa air terjun pendek yang airnya mengalir melalui celah-celah bebatuan. Air di tempat wisata ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna hijau tosca. Kamu bisa berenang di kolam alami yang cukup besar dengan air yang sangat segar. Air terjun ini terletak berjarak cukup jauh dari Namlea, yakni berjarak sekitar 120 kilometer. Ketika sampai di tempat wisata ini, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan 3 tingkatan air terjun.

 

Benteng VOC Kayeli

Benteng VOC Kayeli

Benteng VOC Kayeli merupakan sebuah benteng bersejarah peninggalan VOC yang terletak di Desa Kayeli, Kecamatan Teluk Kaiyeli, Kabupaten Buru, Maluku. Benteng ini berada di sepanjang Teluk Namlea. Kamu akan menyeberangi teluk selama 20 menit dan berjalan kaki sepanjang 500 meter untuk sampai ke benteng ini. Benteng VOC ini dibangun pada tahun 1785. Benteng ini dibangun sebagai tanda pusat pemerintahan Buru yang sekarang sudah beralih ke Namlea. Sebagian benteng ini terhanyut banjir besar pada abad 19, pada saat itulah ketenaran Desa Kayeli berangsur memudar.

Baca  MENJELAJAHI SEJARAH DAN ISI MUSEUM KEDATON SULTAN TERNATE, MALUKU UTARA

 

Pantai Lala

Pantai Lala

Pantai Lala merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Lala, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Nama pantai ini diambil dari nama daerah letaknya, yakni Desa Lala. Pantai ini cenderung masih sepi pengunjung sehingga pemandangannya masih sangat alami. Pantai ini biasa dikunjungi pada sore hari. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru di pantai seperti berlari-lari di tepi pantai dan menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan di Pantai Lala ini.

 

Demikianlah Tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Buru, Maluku. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *