Tempat wisata di Kotawaringin Timur

Tempat wisata paling populer di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kotawaringin Timur. Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur berada di Sampit. Kabupaten Kotawaringin Timur ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Tempat wisata di Kotawaringin Timur.

 

Tempat wisata paling populer di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Tempat wisata paling populer di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

 

Pantai Satiruk

 

Buat sampai ke wisata ini Kamu wajib menempuh paling tidak satu jam dengan kecepatan standar. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang amat bagus. Dapat dibilang pantai ini masih perawan sebab alam yang belum terkontaminasi oleh manusia.

Wisata ini pula menawarkan berbagai sarana yang biasa terdapat di pantai seperti klotok serta speed boat. Bila mau menyewa, Kamu harus mengeluarkan bayaran yang lumayan besar sebab lokasi ini belum banyak penduduk alhasil warga kesusahan bila harus berkendara.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Melawi, Kalimantan Barat

Lokasi: Desa Satiruk, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Pantai Ujung Pandaran

 

Lokasi wisata ini ada di 80 Kilometer dari arah sampit, ataupun memakan waktu sekitar 2 jam bila memakai alat transportasi pribadi dengan kecepatan standar. Di pantai mempesona ini, Kamu akan disuguhkan bermacam panorama alam elok para nelayan yang kemudian lalang berburu ikan. Terutama bila pada malam hari, lokasi ini akan lebih banyak oleh nelayan yang akan berburu ikan.

Di sekitar pantai ada banyak hotel yang dapat Kamu sewa dengan harga terjangkau. Sembari menikmati panorama alam pantai, Kamu dapat mencicipi berbagai macam kuliner nikmat khas warga Sampit. Hidangan aneka ikan serta hasil laut semacam udang, kerang serta cumi dapat Kamu cicipi dengan nikmat sembari menikmati hawa segar.

Lokasi: Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Susur Sungai Mentaya Sampit

 

Kota Sampit ini masih mempunyai segudang wisata yang tidak kalah menarik. Salah satunya dengan susur Sungai Mentaya ini. Dengan berlayar memakai kapal kecil, Kamu bisa menikmati keelokan Kota Sampit lebih sekitar. Dikala berlayar, Kamu sapat sekaligus memandang panorama alam sekitar sungai. Dapat pula singgah ke sebagian tempat wisata lain seperti perkampungan sekitar patung ikan jelawat serta landasan pacu Bandara Haji Asan.

Bila naik perahu tersebut, Kamu dapat sekaligus berhenti di Dermaga Sagonta Kota. Lokasi ini ada di area Baamang Hulu yang tidak kalah bagus dengan bermacam lokasi sebelumnya. Bisa dibilang wisata susur sungai ini adalah yang sangat terkenal digolongan para wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara.

Lokasi: Desa Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca  Deretan rekomendasi wisata danau yang ada di Kalimantan Tengah

 

Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur

 

Pemerintah setempat mengatur tempat wisata yang disebut dengan Taman Miniatur Budaya Kotawaringinn Timur ini. Lokasi wisata yang terdapat di Jalan. Pramuka ini bersebelahan dengan Area Monumen Perdamaian. Walaupun disebut dengan julukan miniatur tetapi keelokan yang ditawarkan begitu sangat luas. Keragaman adat serta budaya Kotawaringinn dapat Kamu amati di sini.

Taman luas yang dibentuk dengan beraneka ragam miniatur budaya ini membagikan ilmu serta pengetahuan mengenai Kotawaringinn. Kamu bisa memandang berbagai rumah adat, tempat ibadah serta beberapa keragaman budaya yang lain dari Kotawaringinn ini. Tambahan ilmu wawasan yang sekaligus jadi tempat wisata ini pantas buat kita jaga bersama selaku salah satu wujud perhatian kita akan Indonesia. Pasalnya, pemasukan dari Taman Mini ini jadi salah satu dari pemasok APBD.

Lokasi: Kecamatan Mentawa Baru/ Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Danau Alam Salju

 

Danau ini sesungguhnya tidak terdapat saljunya sama sekali. Hanya saja, taburan pasir putih yang diiringi dengan air danau yang biru membuat danau ini terasa diselumi oleh salju. Itulah kenapa tempat ini disebut dengan danau alam salju karena danau biasa yang dapat tertutupi pasir seperti salju.

Dulunya, lokasi ini dijadikan selaku tempat pemancingan biasa. Seiring perjalanan waktu, banyak orang yang senang datang serta beberapa ikan pula semakin menurun. Lama waktu berlalu setelah itu lokasi ini dijadikan wisata biasa yang penuh dengan sarana air seperti saat ini. Terdapat beberapa perahu karet, serta bebek air yang dapat disewa dengan harga yang lumayan terjangkau.

Lokasi: Jalan Betang Raya, Desa Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca  Deretan rekomendasi tempat wisata terindah yang ada di Kalimantan Selatan

 

Demikianlah Tempat wisata paling populer di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *