Tempat wisata di kabupaten sumbawa

Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Table of Contents

Kurang rasanya jika kamu berkunjung ke pulau Sumbawa namun tidak mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di Kabupaten Sumbawa ini kamu bisa menemukan bukit hingga pantai. Hal inilah yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumbawa ini. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

 

Pulau Bungin

Pulau Bungin

Pulau Bungin merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau Bungin ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sumbawa yang wajib banget kamu kunjungi. Pulau Bungin ini disebut-sebut sebagai pulau terpadat di dunia. Di Pulau ini terdapat hampir 3400 penduduk dengan pulau yang memiliki luas hanya 8,5 hektar. Sebuah keunikan terdapat di Pulau Bungin ini, yakni penduduk Pulau Bungin hanya menikah dengan sesama penduduk Pulau Bungin. Hal inilah yang menyebabkan kepadatan di Pulau Bungin ini semakin bertambah.

Istana Dalam Loka

Istana Dalam Loka

Istana Dalam Loka ini merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Lokasi Istana Dalam Loka ini berdekatan dengan Bandara. Objek wisata yang satu ini menyimpan aneka peninggalan sejarah Kesultanan Sumbawa di dalamnya. Istana Dalam Loka ini terbuat dari kayu jati dan pasak kayu sehingga bangunan tua ini disebut-sebut bangunan anti gempa.

 

Air Terjun Agal

Air Terjun Agal

Air Terjun Agal merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Marenteh, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini berada di tengah area hutan lindung Gunung Agal. Dari pintu masuk, kamu akan menempuh 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Air Terjun Agal ini. Namun pastinya perjalanan kamu tersebut akan terbayarkan ketika kamu sudah sampai di air terjun ini. Di sana kamu akan disuguhkan oleh panorama keindahan air terjun yang masih asri dan suasana yang sangat sejuk. Air Terjun Agal ini memiliki tinggi sekitar kurang lebih 100 meter sehingga air terjun ini memiliki arus yang cukup deras.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Tanggamus, Lampung

 

Pulau Bedil

Pulau Bedil

Pulau Bedil merupakan sebuah pulau yang berada di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa dan hanya memiliki satu bangunan, yaitu rumah seorang penjaga pulau. Untuk sampai di Pulau ini kamu harus menyeberang dari Labuan Pade dengan menggunakan kapal. Kamu bisa melakukan aktivitas seru di Pulau ini seperti memancing kemudian memasak ikan hasil pancingan mu langsung dengan peralatan yang kamu bawa dari rumah, lalu kamu bisa menyantap masakan kamu setelah matang sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar Pulau bedil ini.

 

Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu merupakan sebuah air terjun yang terletak di tengah hutan Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Air Terjun Mata Jitu ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan, memiliki air yang bersih dan jernih serta memiliki suasana yang masih asri menjadikan air terjun ini menjadi air terjun populer di kalangan para wisatawan. Walaupun kamu harus melewati medan yang cukup sulit untuk sampai ke air terjun ini, namun perjuangan kamu pastinya akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan di Air Terjun Mata Jitu ini.

Taman Wisata Liang Bukal

Taman Wisata Liang Bukal

Taman Wisata Liang Bukal merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Taman wisata ini sangat cocok kamu kunjungi ketika musim hujan datang. Untuk mengunjungi taman wisata ini kamu akan melewati sebuah gua dengan panjang sekitar 200 meter yang dihuni banyak kelelawar.

 

Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir merupakan sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini terkenal akan hamparan pasir putihnya yang lembut serta jernih nya air laut yang memberi aksen kebiruan. Di pantai ini kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti snorkeling dan diving. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang mengunjungi Pantai Tanjung Pasir ini.

Baca  Menikmati Keindahan Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat.

 

Kawasan Lindung Poto Jarum

Kawasan Lindung Poto Jarum

Kawasan Lindung Poto Jarum ini terletak di Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Sesuai dengan namanya kawasan objek wisata ini merupakan sebuah pulau yang dijadikan kawasan lindung. Objek wisata ini merupakan lokasi untuk melindungi beragam jenis flora dan fauna endemik pulau Sumbawa untuk menghindari dari kepunahan nya. Kamu bisa berkunjung ke sana untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sana.

 

Gua Liang Petang

Gua Liang Petang

Gua Liang Petang merupakan sebuah gua yang terletak di Desa Batutering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di dalam Gua Liang Petang ini kamu bisa menikmati keindahan relief yang ada di dalamnya. Pesona nya mampu menarik para wisatawan untuk datang mengunjunginya. Menurut sejarah, gua ini merupakan tempat untuk persembunyian para penyebar agama Islam di Pulau Sumbawa.

 

Pantai Sili dan Pantai Maci

Pantai Sili dan Pantai Maci

Pantai Sili dan Pantai Maci terletak di Desa Mata, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya kedua pantai ini berada di area perbatasan antara Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Dompu. Karena kedua pantai ini berdekatan, pantai ini sering disebut dengan Pantai Sili Maci. Pantai ini sangat cocok menjadi spot berselancar bagi para peselancar. buat kamu yang nggak suka atau tidak bisa berselancar, kamu bisa melihat para peselancar itu beraksi sambil menikmati keindahan panorama pantai Sili Maci ini.

 

Itulah Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *