kuliner khas maluku

Rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib kamu cobain saat liburan di Maluku!

Table of Contents

Provinsi Maluku adalah sebuah wilayah yang kaya akan banyaknya keindahan destinasi wisata yang dimilikinya. Karena memiliki wilayah yang berupa kepulauan, tentunya Provinsi Maluku memiliki banyak sekali destinasi wisata air berupa Pantai. Selain pantai, kamu juga bisa menemukan beberapa destinasi wisata lainnya seperti gunung, bukit, air terjun, dan beberapa destinasi lainnya.

Selain memiliki kekayaan alam yang indah, Provinsi Maluku juga kaya akan kuliner khas mereka. Maluku dikenal sebagai tempat berasal rempah asli Nusantara, yaitu adalah buah Pala. Buah Pala merupakan salah satu rahasia yang membuat kuliner khas Maluku sering diminati oleh para pecinta kuliner karena memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

Pada awalnya, tanaman Pala adalah Satu-satunya tanaman hasil kekayaan bumi yang menjadi tanaman asli dari Kepulauan Banda. Rempah pala inilah yang menjadikan kawasan Kepulauan Banda ini menjadi incaran bangsa Portugis dan bangsa Eropa.

 

Rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib kamu cobain saat liburan ke Maluku!

 

Maluku memiliki berbagai aneka ragam kuliner khas yang tidak boleh terlewati. Berikut adalah Rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib kamu cobain saat liburan ke Maluku!

 

Papeda

Papeda adalah sebuah makanan yang menyerupai bubur sagu khas yang sering di sajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara lalu dibumbui dengan kunyit. Papeda juga bisa dinikmati dengan Ikan Gabus, Ikan Kakap Merah, dan Ikan Kue. Papeda memiliki tekstur yang lengket dan rasanya cenderung hambar karena terbuat dari Sagu. Untuk menyantap makanan ini, disarankan ketika masih panas, dan langsung seruput dari piring.

 

Ikan Kuah Pala Banda

Makanan ini merupakan makanan asli dari masyarakat Kepulauan Banda. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat karena Pulau Banda terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Kuah hidangan yang satu ini terasa sangat segar karena kombinasi asam dan pedas dari buah pala. Ikan kuah Pala kerap dinikmati ikan kakap merah bakar, urap daun pepaya, dan sambal bakasang yang dibuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Barat

 

Nasi Lapola

Kemudian besar kamu akan menganggap jika sagu merupakan makanan utama para penduduk Maluku, namun nyatanya tidak, Masyarakat Maluku juga tetap mengkonsumsi nasi, salah satu kuliner khas Maluku yang berbahan dasar Nasi adalah Nasi Lalopa

Kuliner yang satu ini dimasak dengan cara menambahkan kacang tolo. Cara membuat makan ini adalah dengan cara memasak beras dengan api kecil, lalu setelah matang, barulah nasi dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, dan juga garam. Setelah semuanya tercampur rata, barulah adonan ini akan dikukus hingga matang.

 

Kohu-kohu dengan kasbi rebus

Kuliner khas Maluku bernama Kohu-kohu memiliki penampilan menyerupai sayur urap yang kerap dinikmati oleh masyarakat di Pulau Jawa. Kohu-kohu ini dibuat dari ikan teri basah yang diolah dengan cara mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya seperti toge, kacang panjang, terong, dan juga kelapa parut. Setelah semua bahan diaduk rata, maka adonan tersebut diberi sebuah bumbu berupa perasan jeruk nipis, bawang merah dan bawang putih, serta cabai. Kuliner yang satu ini biasanya dinikmati dengan kasbi rebus (singkong rebus).

 

Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Maluku. Kuliner yang satu ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan dasarnya. Proses memasak makanan khas ini terbilang cukup unik, yakni dengan cara ditusuk dengan menggunakan bambu, lalu ikan tersebut diasapkan sekitar kurang lebih 1 jam. Kamu juga bisa menggunakan ikan lain, selain ikan cakalang, kamu juga bisa menggunakan ikan tuna atau ikan tongkol. Kuliner ini biasanya dihidangkan berdampingan dengan sambal colo-colo.

 

Sambal Colo-colo

Masyarakat Maluku akan merasa tidak lengkap makan tanpa ditemani sensasi pedas dari sambal Colo-colo. Sambal Colo-colo merupakan sambal pedas khas Ambon. Bahan utama untuk membuat sambal Colo-colo tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat sambal lainnya, yakni tomat muda, cabai rawit, dan bawang merah. Semua bahan tersebut diiris tipis-tipis lalu di beri taburan garam dan perasan jeruk nipis, tanpa diulek.

Baca  10 Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Bisa Kamu Coba!

 

Sagu Woku Komo-komo

Kamu bisa menemukan kuliner khas berbahan dasar Sagu di Maluku selain papeda, yakni Sagu Woku Komo-komo. Makanan khas yang satu ini dibuat menggunakan bahan dasar seperti Sagu, bawang putih, jahe, serai, dan jeroan ikan. Yang menjadi ciri khas makanan ini adalah dibungkus menggunakan daun woku. Sagu Woku Komo-komo ini biasa dinikmati untuk mendampingi nasi atau papeda.

 

Talam Sagu Bakar

Makanan khas yang satu ini masih menggunakan bahan dasar Sagu. Namun makanan ini biasa dikonsumsi sebagai cemilan. Cara untuk membuat Talam Sagu Bakar adalah Sagu direndam, lalu dihaluskan. Gula merah dimasak, lalu gula merah ditiriskan. Lalu Sagu dan gula merah tersebut dicampur dengan gula pasir. Sembari terus diaduk hingga adonan menjadi mengental. Adonan tersebut juga ditambahkan dengan bahan lain, yakni mentega, kacang brenebon (kacang merah) dan kenari, lalu adonan tersebut dibakar hingga kering. Talam Sagu Bakar memiliki cita rasa yang gurih dan manis yang berasal dari kenari dan kacang brenebon.

 

Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi adalah salah satu makanan favorit masyarakat Maluku. Makanan khas yang satu ini berbahan dasar Sagu dan Ubi merah yang sudah direbus. Makanan ini dicampur dengan bahan lainnya, yakni rebusan gula merah, gula pasir dan juga daun pandan yang dimasak dan diaduk hingga larut.

 

Kopi Sibu-sibu

Walaupun yang satu ini bukan sebuah makanan, namun pastinya sangat disayangkan oleh pecinta kopi jika dilewatkan ketika berlibur ke Maluku. Kopi sibu-sibu khas Maluku ini menggunakan kopi jenis robusta yang melalui proses penghalusan dengan cara tradisional. Ada sesuatu yang membuat kopi ini berbeda dengan kopi pada umumnya, yakni terdapat campuran bubuk cengkeh dan ditaburi dengan biji ketapang muda.

Baca  15 Rekomendasi Wisata Kuliner ternikmat di Pulau Bali

 

Demikianlah Rekomendasi makanan khas Maluku yang wajib kamu cobain saat liburan di Maluku. Kuliner manakah yang tertarik kamu cobain?

Rate this post

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

makanan khas ambon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *