Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

Table of Contents

Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Prabumulih. Prabumulih merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Kota Prabumulih ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Prabumulih.

 

Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Prabumulih, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan.

 

Taman Kota Prabumulih

 

Taman Kota Prabumulih dahulu merupakan lapangan sepak bola. Terletak di Jalan Jend. A. Yani, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, taman ini menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung, mulai dari tempat bersantai, jalur jogging, area bermain, hingga tempat-tempat kuliner yang menyajikan makanan khas Prabumulih.

Keberagaman jenis tanaman dan pepohonan yang rindang membuat taman ini terlihat indah dan menarik. Pengunjung dapat menikmati wisata di taman kota ini tanpa dikenakan biaya, sehingga tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada akhir pekan.

Alamat: Jl. Jend. A. Yani, Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Pesisir Selatan, Sumatera Barat

 

Desa Muara Sungai

 

Selain Desa Sindur, Kota Prabumulih juga menawarkan desa wisata lainnya, yaitu Desa Muara Sungai. Daya tarik dari desa ini adalah sebuah danau kecil dengan pemandangan alam yang indah, dikelilingi oleh hijaunya perkebunan karet. Suasana sejuk dan menenangkan terasa di tempat ini.

Banyak wisatawan singgah di danau ini untuk berenang dan menikmati segarnya air yang tetap bersih. Desa ini terletak tidak jauh dari Desa Sindur, sehingga bagi Anda yang lelah berkeliling di Desa Sindur, Anda dapat singgah sejenak untuk menikmati danau di Desa Muara Sungai.

Alamat: Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Pantai Pasir Payuputat

 

Objek wisata berikutnya adalah Pantai Pasir Payuputat. Sebenarnya, tempat ini bukan pantai di tepi laut seperti yang kita bayangkan. Tempat ini merupakan aliran sungai Lematang yang tepiannya membentuk padang pasir seperti garis pantai. Namun, jangan khawatir, keindahan alam dan berbagai wahana yang disediakan membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk ke wisata ini sangat terjangkau, yaitu sebesar 15.000 rupiah per orang. Setiap akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga tercinta.

Alamat: Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Bujoan

 

Selanjutnya, Objek wisata yang sedang populer di Prabumulih adalah Danau Bujoan. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau ini secara gratis. Biasanya, danau ini buka dari hari Senin hingga Sabtu pukul 7 pagi hingga 6 sore, sedangkan pada hari Minggu, danau ini buka 24 jam.

Selain bersantai di tepian danau sambil menikmati berbagai kuliner yang dijual oleh penduduk sekitar, wisatawan juga dapat menikmati berbagai wahana seperti perahu bebek dan air terjun dengan membayar tiket seharga dua puluh ribu rupiah. Menarik, bukan? Jangan ragu untuk memasukkan Danau Bujoan dalam daftar perjalanan Anda.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Lhokseumawe, Aceh

Alamat: Jl. Raya Prabumulih – Baturaja No.desa, Karang Bindu, Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Taman Gunung Ibul

 

Sesuai dengan namanya, Objek wisata berikutnya terletak di Desa Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. Taman ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati keindahan Kolam Cinta dengan taman yang teratur di sekitarnya. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir karena taman ini dilengkapi dengan fasilitas taman bermain yang akan membuat buah hati Anda betah berlama-lama di sini. Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi taman ini adalah saat akhir pekan.

Alamat: Sungai Kelekar, Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Monumen Patung Kuda

 

Kunjungan ke suatu daerah tidak lengkap tanpa mengabadikan ikon daerah yang dikunjungi. Kota Prabumulih memiliki Monumen Patung Kuda yang menjadi ikon daerah dan wajib Anda kunjungi untuk berfoto atau singgah menikmati kuliner di sekitar lokasi. Tempat ini ramai terutama pada sore hingga malam hari, karena pada saat tersebut, monumen ini memancarkan keindahan dengan cahaya lampu yang cerah. Pengunjung terutama didominasi oleh para pemuda yang menghabiskan waktu untuk nongkrong bersama teman-teman atau berfoto selfie di depan monumen. Tempat ini buka setiap hari dan tidak ada biaya masuk untuk pengunjung.

Alamat: Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Objek wisata yang terdapat di Prabumulih, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *