Objek wisata di Gunung Mas

Objek wisata yang terdapat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Gunung Mas. Gunung Mas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Gunung Mas berada di Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun. Kabupaten Gunung Mas ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Gunung Mas.

 

Objek wisata yang terdapat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang terdapat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

 

Batu Suli

 

Salah satu lokasi wisata terkini serta terhits yang terdapat di Gunung Mas adalah Batu Suli. Lokasi wisata yang ada di tengah- tengah desa Tumbang Manange serta desa Upon Batu ini mempunyai panorama alam yang Masih natural. Wujud batu unik yang dipunyai oleh Batu Suli banyak dijadikan subjek foto oleh turis yang bertamu ke lokasi wisata.

Tidak cuma bisa menikmati keelokan Batu Suli, turis bisa pula melaksanakan kegiatan memanjat menaiki tebing. Sebab lokasi wisata Masih asri, wisatawan bisa pula melaksanakan petualangan sendiri dengan mendirikan tenda di sekitar lokasi wisata. Wisatawan bahkan bisa memancing di lokasi wisata Batu Suli buat menghilangkan kejenuhan.

Baca  8 Rekomendasi objek wisata yang ada di Keerom, Papua

Lokasi: Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung MAS, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Batu Antang

 

Kala wisatawan bertamu ke Batu Suli, mereka pula bisa bertamu ke lokasi wisata Batu Antang. Sebab lokasinya berseberangan dengan Batu Suli, turis cuma perlu memakai perahu untuk menyeberangi Sungai Kahayan. Menurut legenda, Batu Antang ialah batu yang dipakai buat melaksanakan ritual.

Sebab merupakan tempat yang keramat, wisatawan wajib mematuhi peraturan- peraturan yang dibuat oleh pihak pengelola lokasi wisata. Turis tidak boleh melaksanakan perihal yang tidak pantas serta berbicara kotor. Sampai saat ini, Batu Antang ialah cagar budaya yang wajib dilindungi dengan baik oleh seluruh pihak.

Lokasi: Desa Tumbang Manange, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Puruk Sandukui

 

Lokasi wisata ini diketahui pula selaku ikon wisata Gunung Mas. Puruk Sankudui mempunyai ketinggian sampai 250 meter serta mempunyai wujud yang serupa dengan jari telunjuk. Bagi sejarahnya, Puruk Sankudui jadi lokasi dimana kapal Nabi Nuh bernaung. Dengan bukit yang curam, Puruk Sandakui amat susah buat didaki. Pendaki banyak yang menemui kegagalan kala berupaya menaiki Puruk Sandukui.

Di sekitar lokasi wisata, turis bisa menemukan suku Ot Danum yang menetap di Desa Harowu. Suku itu ialah suku yang diyakini mempunyai asal usul yang menarik. Turis bisa mempelajari asal usul suku kala tiba mendatangi Puruk Sankudui untuk mengenali legenda kehidupan suku Ot Danum dahulunya.

Lokasi: Desa Harowu, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung MAS, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Air terjun Hatowan

 

Lokasi wisata terpopuler di Gunung Mas selanjutnya adalah air terjun Hatowan. Air terjun ini ialah air terjun di Gunun Mas yang Masih asri serta belum banyak dijamah oleh campur tangan manusia. Bila turis mau bertamu ke air terjun Hatoman, mereka wajib mempersiapkan stamina serta bekal yang cukup. Wisatawan diwajibkan buat berjalan kali sepanjang 1 Kilometer bila mau memasuki area air terjun Hatoman.

Baca  Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah

Walaupun harus berjalan jauh, rasa letih akan terbayarkan dengan panorama alam yang dipunyai oleh air terjun Hatoman. Terdapat banyak sungai berukuran kecil yang akan dilewati oleh turis kala mengarah ke air terjun. Dengan debit air yang besar, wisatawan bisa merasakan keganasan dari kekuatan air terjun Hatoman.

Lokasi: Desa Tumbang Sian, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Monumen Tambun Bungai

 

Walaupun bukan merupakan lokasi wisata alam, Monumen Tambun Bungai jadi lokasi wisata hits yang ada di Gunung Mas. Di lokasi wisata ini, turis bisa menemukan tokoh- tokoh legenda yang sempat mendiami Kalimantan. Tokoh legenda itu diketahui selaku nenek moyangnya dari suku Dayak yang diyakini mempunyai keberanian serta kebijaksanaan yang tinggi.

Sebab jadi tokoh yang dihormati, terdapat banyak tempat di Kalimantan yang memakai nama- nama tokoh suku Dayak selaku nama jalan. Sebab termakan umur, situs peninggalan yang ada di Monumen Tambun Bungai banyak yang hancur. Meski begitu, lokasi wisata Monumen Tambun Bungai Masih jadi primadona turis yang bertamu ke Gunung Mas.

Lokasi: Desa Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung MAS, Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Demikianlah Objek wisata yang terdapat di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *