Objek wisata di Aceh Barat

Objek wisata yang terdapat di Aceh Barat, Aceh

Table of Contents

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Aceh Barat. Aceh Barat merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Aceh Barat berada di Meulaboh. Kabupaten Aceh Barat ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Aceh Barat.

 

Objek wisata yang terdapat di Aceh Barat, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Aceh Barat, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang terdapat di Aceh Barat, Aceh.

 

Tugu Kupiah Teuku Umar

 

Tugu Kupiah Teuku Umar terletak di Aceh Barat dan merupakan salah satu wisata sejarah dan religi yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan tempat jatuhnya salah satu pahlawan nasional, Teuku Umar Johan, yang merupakan kebanggaan orang Aceh Barat. Terletak di Kecamatan Johan Pahlawan, tempat ini menjadi saksi dari perjuangan beliau. Kecamatan Johan Pahlawan berada tidak jauh dari pusat kota Meulaboh.

Sebagai bentuk penghormatan abadi terhadap jasa-jasa beliau dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, dibangunlah Tugu Kupiah. Tugu ini menjadi simbol penghargaan masyarakat Aceh dan Nusantara atas jasa beliau.

Baca  Destinasi wisata yang ada di Aceh Besar, Aceh

Lokasi: Desa Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Pantai Lhok Geudong

 

Mampir sejenak ke Objek wisata alam pasti akan membuat Anda kembali segar. Salah satu pantai terbaik di Aceh Barat adalah Pantai Lhok Geudong. Suasana alam yang ditawarkan pantai ini tak pernah gagal memikat hati para wisatawan. Pantai Lhok Geudong ini berhadapan langsung ke arah Samudra Hindia, sehingga pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan. Deretan pohon di sepanjang pantai menambah kesan tenang dan teduh.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat senja, ketika matahari terbenam di cakrawala. Suasana damai dan tenang menyatu dengan deburan ombak yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Lokasi: Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Pantai Suak Ribee

 

Aceh Barat memiliki wisata pantai yang menarik, yaitu Pantai Suak Ribee. Pantai ini tidak memiliki pasir pantai, melainkan ditumbuhi rerumputan hijau yang membuatnya terlihat seperti danau. Pemandangan laut di sini sangat indah, ditambah dengan pohon-pohon kelapa dan pepohonan lainnya yang tumbuh di bibir pantai, menciptakan suasana yang rindang dan nyaman. Jika berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk mencicipi kopi terbalik yang terkenal di daerah ini. Anda bisa menemukan banyak penjual kopi terbalik di sepanjang pantai dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jalan Iskandar Muda, Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Danau Geunang Geudong

 

Danau Geunang Geudong merupakan Objek wisata danau yang indah di Aceh Barat. Danau ini memiliki luas sekitar 7 hektar dan mencakup 3 desa di wilayah tersebut. Anda akan terkesima dengan ukuran danau yang begitu besar.

Baca  Rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipin ketika berada di Sulawesi Tenggara

Wisata danau ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati ketenangan dan kedamaian. Anda bisa memancing atau membaca buku sambil menikmati suasana yang tenang dan damai yang ditawarkan di danau ini.

Lokasi: Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Krueng Tutut

 

Anda pasti penasaran ketika mendengar nama Krueng Tutut, bukan? Lokasi wisata ini dianggap sebagai yang paling indah di Aceh Barat, dan keindahannya telah didengar oleh para traveler di Indonesia. Krueng Tutut ini terletak di daerah Gampong Tutut, Desa Tanoh Mirah. Dari atas bukit, Anda akan melihat air yang biru dan memukau, membuat Anda tidak sabar untuk berenang di dalamnya. Di bawah rimbunnya pepohonan, rasanya seperti berenang di kolam renang pulau pribadi sambil menikmati kicauan burung yang saling bersahutan.

Lokasi: Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Pantai Lanaga

 

Jika kamu masih berkeinginan untuk berwisata ke pantai, jangan khawatir Aceh Barat masih memiliki banyak sekali pantai-pantai yang indah yang takkan pernah habis untuk kamu kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Lanaga, pantai ini berjarak hanya sekitar 5 km dari kota Meulaboh. Jadi, jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup lama di Aceh Barat, tetapi ingin merasakan wisata pantai, Pantai Lanaga adalah pilihan yang tepat.

Selain menikmati keindahan pantainya, di sini kamu juga bisa menemukan banyak kegiatan air yang menyenangkan dan sayang jika dilewatkan. Ada jet sky, banana boat, dan kegiatan lainnya.

Lokasi: Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Makam Pahlawan Teuku Umar

 

Selanjutnya, mari kita berwisata sejarah ke salah satu makam pahlawan nasional Indonesia yaitu Makam Pahlawan Teuku Umar. Makam ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya oleh wisatawan baik dari dalam daerah Aceh maupun luar Aceh.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Bengkulu Selatan, Bengkulu

Di dalam lokasi makam, terdapat pohon besar yang mengeluarkan air terus-menerus dan tidak pernah berhenti. Suasananya sangat tenang dan menenangkan dengan udara yang masih sangat segar.

Lokasi: Desa Mugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Pantai Ujung Karang

 

Pantai Ujung Karang adalah Objek wisata terakhir yang dapat mengakhiri perjalanan wisatamu di Aceh Barat. Pantai ini menawarkan keindahan alam pantai yang dipadukan dengan kesegaran menikmati air kelapa di tepi pantai, sebuah kenikmatan yang tak bisa ditolak.

Lokasi Pantai Ujung Karang ini terletak di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Objek wisata yang terdapat di Aceh Barat, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *