objek wisata di Puncak

Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Papua Tengah

Table of Contents

Papua Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Indonesia. Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Provinsi Papua Tengah ini dimekarkan bersamaan dengan dua provinsi lainnya, yakni Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Selatan pada tanggal 30 Juni 2022. Provinsi Papua Tengah terdiri dari beberapa wilayah yang memiliki pesona alam sangat indah dan keberagaman budaya yang sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Puncak. Puncak merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua Tengah. Kabupaten Puncak merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya. Kabupaten ini didirikan pada tanggal 4 Januari 2008 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 21 Juni 2008. Kabupaten Puncak ini beribukota di Ilaga. Kabupaten Puncak memiliki keindahan alam yang masih sangat terjaga Kealamiannya karena masih jarang terjamah manusia. Kabupaten Puncak ini terletak di ketinggian 1.500 hingga 4.000 mdpl yang membuat bentang alamnya sangat menarik untuk dijelajahi.

 

Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Papua Tengah

 

Banyak hal unik yang bisa kamu temukan di Kabupaten Puncak. Keindahan alam dan keunikannya mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Puncak ini. Berikut adalah Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Papua Tengah.

 

Awal jalur pendakian menuju Puncak Jaya Wijaya

Awal jalur pendakian menuju Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya atau Puncak Cartenzs Pyramid adalah salah satu dari 7 puncak gunung tertinggi di Dunia. Ketinggian Gunung Jaya Wijaya mencapai sekitar 4884 mdpl. Salah satu jalur untuk melakukan pendakian menuju Puncak Cartenzs Pyramid adalah melalui distrik Ilaga yakni ibukota dari Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Para pendaki biasanya akan berkumpul terlebih dahulu di Desa Erengkebupatek untuk melakukan persiapan. Kemudian para pendaki akan berjalan menuju ke Desa Pinapa. Desa Pinapa merupakan desa terakhir yang akan dijumpai para pendaki sebelum akhirnya sampai di Puncak Cartenzs Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya. Selama perjalanan dalam proses pendakian menuju Puncak Cartenzs Pyramid, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan luar biasa khas pegunungan yang sangat eksotis. Namun para pendaki tidak boleh lengah sedikit pun karena medan jaluk pendakian menuju Puncak Cartenzs Pyramid sangatlah curam dan terjal. Kondisi para pendaki harus sangat prima untuk bisa melakukan pendakian agar tetap kuat untuk menempuh perjalanan yang cukup sulit. Biasanya para pendaki akan ditemani oleh tim porter yang merupakan masyarakat lokal desa Pinapa.

Baca  Objek wisata yang ada di Pringsewu, Lampung

 

Pasar Ilaga

Pasar Ilaga

Kota Ilaga berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Tak heran jika Kota Ilaga ini menjadi kota tertinggi yang ada di Indonesia. Kota Ilaga memiliki pasar tradisional tertinggi yang ada di Indonesia, pasar tradisional Kota Ilaga ini masih sangat sederhana. Kamu bisa melihat sibuknya aktivitas pasar yang dipadati masyarakat setempat. Harga barang-barang yang dijual di pasar ini lumayan cukup mahal karena barang-barang tersebut masih dikirim dari Kabupaten Nabire melalui jalur udara.

 

Sumber air panas di tengah sejuknya pegunungan

Sumber air panas di tengah sejuknya pegunungan

Kabupaten Puncak masih memiliki banyak wisata alam yang masih jarang di jamah manusia, salah satunya adalah sumber air panas ini. Sumber air panas yang satu ini terletak di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Selain memiliki sebuah keindahan yang luar biasa, Sumber air panas ini kerap digunakan oleh warga sekitar sebagai pengobatan beragam penyakit kulit karena sumber air panas ini memiliki kandungan belerang. Untuk bisa sampai ke sumber air panas ini, dari kota Ilaga, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Pemerintah sudah membangun jalan menuju objek wisata sumber air panas ini beberapa waktu yang lalu walaupun belum diaspal seluruhnya. Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan pegunungan indah nan eksotis dan beberapa perkampungan yang masih sangat asli, hingga jembatan gantung yang dirakit sendiri oleh warga sekitar.

 

Kopi Arabika Khas Kabupaten Puncak

Kopi Arabika Khas Kabupaten Puncak

Tanaman Kopi Arabika adalah salah satu komoditas yang dicoba oleh masyarakat sekitar untuk memanfaatkan kondisi geografis Kabupaten Puncak. Hasil Penelitian dari Pusa Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Pada tahun 2015, menyatakan bahwa kopi dari Kabupaten Puncak ini merupakan salah satu specialty kopi yang terbaik di dunia. Hal ini karena tempat penanaman kopi tersebut di suatu ketinggian yang ternyata mempengaruhi kualitas biji kopi yang dihasilkan. Kopi arabika khas kabupaten Puncak ini diperkenalkan oleh pemerintah sekitar dengan nama Kopi Arabika Organik Gunung Kelabu. Gunung Kelabu sendiri adalah nama salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Puncak. Gunung Kelabu ini diharapkan bisa menjadi ciri khas dari komoditas Kopi Arabika ini.

Baca  Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Deiyai, Papua Tengah

 

Demikianlah Objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Papua Tengah. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata di atas?

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *