objek wisata di Sintang

Objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat

Table of Contents

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian barat Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Sintang. Sintang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota Kabupaten Sintang berada di Sintang. Kabupaten Sintang ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Sintang.

 

Objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Sintang, Kalimantan Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat.

 

Gunung Kelam

 

Warga setempat kerap menyebut gunung ini dengan gelar bukit raya, ketinggian gunung menggapai 1.0002 m ataupun 3.287 kaki, cukup besar serta menginginkan waktu hingga 5 jam bila mau hingga ke puncak gunung suram. Panorama alam disini masih natural serta fresh, dengan batu batu besar yang menjulang besar, nuansa warna yang sempurna antara bukit, pepohonan yang rindang, serta awan tentu membuat kalian terpana.

Banyak ada flora endemic semacam kantung semar dari genus nepenthes clipeata. Karen a area ini berpotensi buat jadi objek wisata pemerintah kesimpulannya mengurusnya jadi lebih bagus. Buat hingga di puncaknya kalian dapat menaiki anak tangga yang telah ada di sisi barat.

Baca  Tempat wisata yang ada di Sambas, Kalimantan Barat

Lokasi: Jalan Lkr. Suram, Desa Merpak, Kecamatan Suram Cantik, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Museum Dara Juanti

 

Terdapat di Kapuas Hulu, siantang museum dara juanti menaruh bermacam fakta asal usul peradaban wilayah siantang sekalian selaku sisa lokasi pusat pemerintahan kerajaan siantang ialah istana al- mukarramah. Buat kalian yang mau melancong asal usul cocok amat sangat bila singgah ke wisata ini.

Ada pula aset asal usul semacam Mariam raja senang, dokumen al qur’ an yang ditulis tangan oleh baginda nata. Ada pula aset raja- raja yang pemerintah dalam era kerajaan siantang, dapat buat menaikkan pengetahuan ilmu sejarahmu.

Lokasi: Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Danau Jemelak

 

Pemandangan yang terdapat di danau jamelak ini akan membuat kamu hening, panorama alam gunung serta air yang hening sesuai dinikmati sembari minum kopi serta makan pisang goring, kalian dapat mengeluarkan waktu mu dengan memancing sebab danau jamelak mempunyai ikan yang banyak di dalamnya. Ataupun kalian pula dapat menapaki tiap ujung danau dengan menaiki sampan yang disewakan penduduk setempat.

Perihal yang disayangkan merupakan terus menjadi banyaknya zona perkebunan sawit yang berakibat kurang baik di area serta membuat terus menjadi tergerusnya zona wisata di danau jamelak.

Lokasi: Desa Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Taman Alun- Alun Kapuas

 

Nah yang terakhir, dapat dikatakan selaku pamungkas serta penutup wisatamu, mampirlah di taman alun- alun kepuas, rehatlah sejenak hanya melepas capek dengan ditemani minuman dingin ataupun jajanan yang terdapat di sekitar alun- alun. Harga santapan ini masih merakyat amat sangat jadi janganlah khawatir kerepotan serta ditembak harga wisatawan. Ataupun cuma bersenda gurauan dengan sahabat sembari menunggu malam datang.

Baca  10 Rekomendasi tempat wisata di Ngada, Nusa Tenggara Timur

Alun- alun Kapuas telah terharu pembaharuan, teruji dengan berdirinya monument air mancur di tengah alun- alun membuat atmosfer jadi banyak serta hidup. Apalagi air mancurnya juga amat bagus dengan arsitektur yang bergengsi serta dipastikan tidak mengecewakan.

Lokasi: Desa Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Makam Raja- Raja Sintang

 

Bila masih belum puas dengan wisata asal usul di istama al mukaramah kalian dapat coba singgah ke makam raja- raja siantang, bila kalian mau berlatih banyak tanpa banyak kendala keramaian datanglah di luar bulan ramadhan sebab dalam bulan ramadhan akan banyak pengunjung yang tiba buat berharap, pengunjung yang tiba kadangkala pula berawal dari luar jawa.

Situasi di penguburan tidak terawat dengan bagus alhasil amat disayangkan, banyak rumput buas berkembang di zona makam, wisata ini menginginkan atensi yang lebih lagi dari pemerintah wilayah aau kota.

Lokasi: Jalan MT. Haryono Nomor 38, RW. 1, Desa Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *