Objek wisata di Kubu Raya

Objek wisata yang ada di Kubu Raya, Kalimantan Barat

Table of Contents

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian barat Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Kubu Raya. Kubu Raya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota Kabupaten Kubu Raya berada di Kecamatan Sungai Raya. Kabupaten Kubu Raya ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Kubu Raya.

 

Objek wisata yang ada di Kubu Raya, Kalimantan Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Kubu Raya, Kalimantan Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

 

Gunung Ambawang

 

Sesuai dengan namanya, gunung ini terdapat di wilayah Ambawang. Gunung ini bisa dibilang masih perawan sebab belum terjamah oleh tangan orang sama sekali. Tidak heran bila pesona yang ditawarkan begitu elok nan menawan.

Tidak hanya menampilkan keelokan serta kecantikan, gunung ini pula menaruh rahasia sejarah yang belum banyak orang ketahui akan narasi yang sesungguhnya. Sebagian peninggalan itu antara lain makam tua suku Dayak, tiang bendera sisa kolonialisme dan peninggalan lain yang tidak terdapat catatan sejarahnya. Bila makin penasaran silakan saja datang ke lokasi ini buat menangani rasa penasaran.

Baca  Tempat wisata paling populer di Medan, Sumatera Utara

Lokasi: Desa Ambawang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Sungai Kapuas Rasau Jaya

 

Sungai ini menaruh sejuta ingatan untuk banyak orang. Di sepanjang sungai ada beberapa pemukiman yang disertai dengan beberapa restoran, pasar lokal, restoran serta penginapan. Bermacam santapan khas berderet semacam kereta yang sedia kita santap. Bila mau membeli buah tangan silakan saja singgah di salah satu gerai yang Kamu sukai. Pilih serta lengkapi buah tangan Kamu supaya seluruh orang pula ikut merasakan keceriaan Kamu.

Lokasi: Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Alam Batu Gajah Kubu Raya

 

Objek wisata yang satu ini terdapat di Dusun Teluk Mastura, Desa Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari Dermaga Desa Batu dengan memakai motor ataupun mobil. Di tempat ini ada sebuah batu hitam dengan tinggi sekitar 40 m. Itulah kenapa lokasi wisata ini dikenal Batu Gajah. Dari batu yang besar serta tinggi ini Kamu bisa menikmati panorama alam dari atas batu itu.

Alam yang bagus pasti akan menawarkan bermacam pemandangan yang bagus serta menarik. Beberan gunung serta tanah yang luas dapat Kamu amati dari ketinggian 40 m. Pasti angin yang menerpa pula amat kencang serta tajam. Buat itu Kamu wajib tetap waspada dikala menikmati alam yang bagus itu.

Lokasi: Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Air terjun Bidang Bahar

 

Julukan lain dari air terjun ialah air terjun Bujang Bahar. Objek wisata yang satu ini mempunyai karakteristik serta keelokan luar biasa. Wujud air terjun yang tidak seperti bentuk air terjun pada umumnya membuat wisata ini kian menarik.

Baca  Barisan Gunung paling tinggi di Pulau Papua

Lokasi wisata ini terdapat di Kaki Gunung Ambawang. Dengan kemiringan 30 derajat membuat lokasi ini tidak gampang buat digapai. Paling tidak Kamu memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan berjalan kaki buat dapat menggapai air terjun ini. Bila sarana pendakian lebih dioptimalkan lagi bisa jadi waktu perjalanan dapat lebih pendek. Cuma saja perihal ini belum menemukan atensi dari pemerintah setempat.

Lokasi: Desa Air Putih, Kecamatan Kub, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Sungai Kakap

 

Sungai ini berbatasan langsung dengan Laut Natuna serta sekitar dengan Pontianak. Selaku salah satu penyambung antara laut serta ibukota pasti saja sungai ini mempunyai andil yang amat penting. Tidak cuma dipakai buat perlengkapan transportasi saja, tetapi sungai ini pula dijadikan selaku rute perdagangan antar wilayah.

Tidak cuma berfungsi pada bidang usaha serta transportasi, sungai ini pula bisa menawarkan bermacam hiburan serta wisata. Kamu bisa carter kapal buat berkelana ataupun memancing. Butuh dana sekitar Rp. 250. 000,- hingga Rp. 500. 000,- untuk bisa carter kapal mesin ataupun klotok. Besarnya umumnya tergantung pada rute serta jarak tempuh.

Lokasi: Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Situs Kerajaan Kubu

 

Objek wisata Pihak Raya ini memiiki narasi sejarah yang amat panjang. Tidak cuma hal Kerajaan kubu itu saja, tetapi pula bermacam narasi misterius yang jadi keyakinan setempat. Ada sebagian peninggalan berbentuk masjid Jami Khairussa’ ada, makam raja Kubu serta Keraton Adrussiyah.

Sesuai dengan sejarah panjang yang terdapat pada situs kerajaan ini. Beraneka ragam narasi dari warga pula amat beraneka ragam. Mulai dari narasi lucu sampai narasi misterius yang membuat bulu merinding. Beraneka ragam narasi itu timbul dampak terdapatnya masyarakat serta warga yang masih yakin pada animisme serta dinamisme. Keyakinan nenek moyang pada saat agama lain belum ada seperti saat ini ini tetap saja membuat masyarakat Indonesia merasakan peninggalan leluhur yang masih dipakai selaku bahan cerita. Inilah yang membuat kegiatan misterius di stasiun tv senantiasa mendapat rating besar.

Baca  Objek wisata yang ada di Pasaman Barat, Sumatera Barat

Lokasi: Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *