objek wisata di Barito Selatan

Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah

Table of Contents

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di daerah bagian tengah membujur ke bagian selatan Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palangkaraya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Barito Selatan. Barito Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Kabupaten Barito Selatan berada di Kelurahan Buntok, Kecamatan Dusun Selatan. Kabupaten Barito Selatan ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Barito Selatan.

 

Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

 

Danau Sanggu

 

Salah satu destinasi objek wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan yang harus didatangi apabila lagi liburan di Barito Selatan.

Danau Sanggu dapat ditempuh dengan menempuh jarak sekitar 20km dari desa dusun Selatan mengarah desa Sanggu, persisnya di Jalur Soekarno Hatta, Pamait.

Buat harga karcis masuk, cuma merogoh kocek sebesar Rp 15. 000 dikala weekday ataupun hari libur yang buka pada jam 08. 00– 18. 00.

Cuma dengan kocek yang terjangkau, telah dapat menikmati pemandangan panorama alam yang disuguhkan di Danau Sanggu.

Baca  Tempat wisata yang terdapat di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

 

Danau Malawen

 

Tidak jauh dari Danau Sanggu, Danau Malawen dapat dinikmati keindahannya. Apalagi istimewanya,

Danau Malawen ini menyatu dengan Danau Sanggu. Buat letaknya, sama halnya dengan Danau Sanggu persisnya di Jalur Soekarno Hatta, Pamait, Desa Sanggu, Dusun selatan, Barito Selatan.

Danau Malawen ini dipadati dengan tumbuhan anggrek serta amat sesuai dijadikan tempat memancing.

Terdapat cerita legenda di balik Danau Malawen, tadinya Danau Malawen merupakan suatu sungai.

Tetapi sebab hujan serta Guntur Sungai itu berganti jadi danau.

Sedangkan julukan Malawen didapat dari piring peninggalan Malawen terbalik dikala menyebrangi sungai yang dinaiki oleh Kumbang Banaung serta Intan.

Sungai yang berganti jadi danau itu kemudian dipanggil dengan Danau Malawen.

Sedangkan Kumbang Banaung serta Intan berubah jadi buaya putih serta konn jadi penghuni abadi di Danau Malawen.

 

Taman Iring Witu

 

Salah satu objek wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan yang tidak bisa terewatkan adalah Taman Iring Witu. Letaknya di Hilir Sper, Kecamatan Dusun selatan, Kabupaten Barito Selatan.

Taman Iring Witu ialah destinasi yang sesuai buat berkreasi bersama dengan keluarga ataupun para kerabat, sebab posisinya di pinggir jalan.

Taman Iring Witu pula termasuk salah satu taman yang bersih serta terpelihara.

Pastikan buat mendatangi Taman Iring Witu pada sore hari, sebab panorama alam serta suasana sangat cocok bila dinikmati pada sore hari.

Sebab dapat memandang langsung panorama alam sungai barito yang persis ada di pinggir.

 

Rumah Betang Nansarunai

 

Bila ingin mengambil foto dengan spot yang instagrammable, objek wisata Rumah Betang Nansarunai jadi salah satu pilihannya.

Posisinya di Sanggu, Kecamatan Dusun selatan, Kabupaten Barito Selatan. Jaraknya cuma berkisar 18 Kilometer dari pusat kota Buntok.

Baca  6 Objek wisata yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Rumah Betang Nansarunai ialah tempat bermukim orang dayak yang saat ini jadi spot objek wisata.

Rumah Betang Nansarunai ini cocok pula dijadikan destinasi rekreasi wisata alam yang meredakan sekaligus membuat damai pikiran sebab pemandangan alam yang masih asli.

Buat dapat menikmati objek wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan ini, cukup merogoh kocek Rp 5. 000 saja telah dapat menikmati keelokan pemandangan alam yang masih segar serta asri!

 

Danau Sadar

 

Danau Sadar pula jadi objek wisata di Buntok Kabupaten Barito Selatan yang wajib didatangi.

Danau ini Terdapat di Desa Sadar, Kecamatan Dusun selatan, Kabupaten Barito Selatan, Danau Sadar menyuguhkan pemandangan danau yang menawan.

Panorama alam hutan di sekitar danau pula membuat hawa begitu adem serta segar.

Dan perlu diketahui, Danau Sadar juga jadi tempat serta jadi danau langganan buat kejuaraan dayung.

 

Taman Rusa

 

Dan satu lagi objek wisata di Buntok yang terdapat di Buntok Kota, Kecamatan Dusun selatan, Kabupaten Barito Selatan, cocok buat didatangi sebab posisinya sekitar dengan pusat kota Buntok.

Umumnya sangat sering didatangi menjelang sore hari. Di dalam Taman Rusa ini ada patung rusa selaku ikon taman serta ada sarana permainan buat kanak- kanak.

Walau pun ada di pusat kota Buntok, tetapi suasana yang asri membuat Taman Rusa ini didatangi.

 

Demikianlah Objek wisata yang ada di Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *