Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

Table of Contents

Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Palembang. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Musi Rawas Utara. Musi Rawas Utara merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Ibu kota Kabupaten Musi Rawas Utara berada di Rupit. Kabupaten Musi Rawas Utara ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Musi Rawas Utara.

 

Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

 

Batu Ampar

 

Daya tarik utama dari Objek wisata ini adalah sebuah batu yang besar. Meskipun hanya sebuah batu, pemandangan di sekitar batu ini sangat menarik, terutama dengan air sungai yang jernih dan dingin. Cocok bagi Anda yang menyukai suara gemericik air, karena menjadi alunan yang indah dan menenangkan.

Ditambah dengan pepohonan yang rimbun di sekitar sungai, mata dan hidung Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam. Udara di sini sejuk dan segar, penuh dengan semilir yang lembut, meskipun tidak sekuat semilir di pantai. Wisata ini terletak di Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Waras.

Baca  Deretan rekomendasi wisata pantai yang ada di Sumatera Barat

Lokasi: Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Doson Lamo

 

Danau ini memiliki air berwarna hijau kebiruan yang indah. Warna hijau bukan berasal dari lumut, melainkan dari hijaunya daun-daun di sekitar danau. Suasana di sini sangat sejuk dan asri. Tempat ini nyaman dan cocok bagi pecinta memancing karena terdapat banyak ikan. Meskipun ukurannya tidak sebesar ikan di laut, ikan di sini tetap lezat jika dimasak.

Lokasinya yang dekat dengan kota, hanya 30 menit dari pusat kota, menjadi daya tarik bagi banyak orang yang ingin menikmati suasana yang sejuk. Wisata ini terletak di Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit.

Lokasi: Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Danau Rayo

 

Danau ini memiliki ukuran yang lebih besar dan fasilitas yang lebih modern dibandingkan dengan Danau Doson Lamo. Tersedia berbagai fasilitas seperti toilet dan kapal rakit. Namun, untuk menyewa alat pancing belum tersedia, sehingga pengunjung perlu membawa alat pancing sendiri.

Danau ini memiliki luas sekitar 100 hektar dan memberikan manfaat ekonomi bagi penduduk setempat yang mengandalkan hasil bumi sebagai salah satu mata pencaharian. Lokasinya cukup dekat dengan kota, hanya 5 kilometer dari pusat kota. Mudah dijangkau dengan sepeda motor atau mobil. Fasilitas parkir yang luas dan aman juga tersedia.

Lokasi: Karang Anyar, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Ulu Tiku

 

Selanjutnya, terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 3-4 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, pemandangan di air terjun ini sangat memukau. Meski tidak seindah Air Terjun Curup Sembilan, panorama yang ditawarkan tetap menarik. Akses menuju air terjun ini juga cukup mudah dan suasana di sekitarnya ramah dan sejuk.

Baca  Objek wisata terindah yang ada di Pematangsiantar, Sumatera Utara

Anda dapat mengunjungi air terjun ini hanya dalam waktu 30 menit karena dekat dengan kota. Namun, sayangnya, air terjun ini belum dikelola dengan baik, sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir juga masih kurang memadai. Semuanya masih sederhana.

Lokasi: Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Air Terjun Sosokan

 

Air terjun ini masih terjaga keasriannya dan belum banyak tersentuh. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana sejuk dan rindang. Panorama di sekitar air terjun tidak perlu diragukan lagi, karena sangat indah dan menarik. Terdapat pula batu besar yang memberikan kesan menarik saat dilihat dari sudut yang berbeda.

Meskipun belum banyak diketahui orang, beberapa pengunjung telah mengabadikan keindahan lokasi ini dengan foto-foto yang Instagramable. Cocok bagi Anda yang suka tampil menarik karena pemandangannya sempurna sebagai latar belakang foto di Instagram. Apalagi jika ditambah dengan caption yang menarik, pasti banyak orang yang akan menyukai foto tersebut.

Lokasi: Desa Sosokan, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

DAM Bukit Ulu

 

Awalnya, tempat ini digunakan sebagai saluran irigasi untuk persawahan di sekitar Bukit Ulu. Namun, sejak tahun 1998, DAM ini beralih fungsi menjadi tempat rekreasi karena saluran irigasi telah rusak. Banyak remaja yang memanfaatkan bendungan ini untuk duduk santai sambil ngobrol.

Meskipun pemandangannya cukup indah, di sekitar lokasi belum terdapat Objek wisata kuliner, sehingga Anda perlu membawa bekal sendiri agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Tersedia beberapa perahu dayung yang bisa disewa bersama teman atau keluarga. Tempatnya sangat indah dan romantis.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Kotamobagu, Sulawesi Utara

Lokasi: Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Demikianlah Objek wisata terpopuler di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *