Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat

Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat

Table of Contents

Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah Barat Provinsi Riau. Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Padang. Provinsi Sumatera Barat memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Sawahlunto. Sawahlunto merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota Sawahlunto ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Objek wisata di Sawahlunto.

 

Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Sawahlunto, Sumatera Barat. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat.

 

Perbukitan Cadas Danau Kandih

 

Perbukitan Cadas Danau Kandih adalah salah satu Objek wisata alam yang dimiliki oleh kota Sawahlunto. Keindahan danau Kendih telah ada sejak lama dengan airnya yang berwarna biru yang memukau. Di sekitar danau ini terdapat panorama alam yang terdiri dari perbukitan Cadas, yang merupakan bekas area pertambangan, dan menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik dengan Objek wisata lainnya.

Danau Kandih ini diperoleh dari sumber air sungai Batanghari. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak wisatawan lokal yang datang ke danau ini untuk memancing di tepi danau. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati, seperti banana boat, sepeda air, dan area outbond.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Lamandau, Kalimantan Tengah

Alamat: Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Danau Biru

 

Selain Danau Kandih, di kota Sawahlunto terdapat sebuah danau lain yang dikenal sebagai Danau Biru. Danau ini terbentuk sebagai hasil dari galian tambang batubara di masa lalu. Meskipun berasal dari dampak kerusakan lingkungan, Danau Biru ini sangat populer dikunjungi oleh para wisatawan.

Untuk mencapai Objek wisata danau yang indah ini, Anda akan melewati perjalanan yang cukup sulit dengan jalan berbatu. Namun, kesulitan perjalanan tersebut akan diimbangi dengan pemandangan yang memukau di sekitar danau.

Alamat: Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Terowongan Masa Lalu Sawahlunto

 

Tidak ada yang pernah menduga bahwa di kota Sawahlunto terdapat sebuah Objek wisata yang berupa terowongan. Terowongan ini awalnya digunakan sebagai fasilitas penambangan batubara. Terowongan ini sering disebut sebagai “Lubang Mbah Soero,” diambil dari nama seorang mandor pada masa itu.

Apabila Anda mengunjungi terowongan ini, pastikan Anda menggunakan sepatu dan helm pengaman untuk menjaga keselamatan. Para pekerja terowongan akan memandu Anda untuk menjelajahi setiap sudut di dalam terowongan.

Alamat: Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Museum Kereta Api Sawahlunto

 

Sejak tahun 2005, stasiun kereta api ini telah berhenti beroperasi dan diubah menjadi sebuah museum. Museum ini menampilkan berbagai barang antik dan koleksi gerbong kereta api, dokumentasi mengenai kereta api, serta lokomotif uap. Keberadaan museum kereta api ini menjadikannya sebagai museum kereta api tertua kedua setelah museum kereta api di Ambarawa.

Alamat: Jalan A. Yani, Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

Baca  Objek wisata yang ada di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

 

Museum Goedang Ransoem

 

Selain museum kereta api, di kota Sawahlunto terdapat Museum Goedang Ransoem yang juga menarik untuk dikunjungi. Bangunan bersejarah ini didirikan pada tahun 1918 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Ketika Anda mengunjungi museum ini, Anda juga dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Alamat: Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Air Terjun Sungai Bikan

 

Kota Sawahlunto memiliki sebuah wisata alam yang tak kalah menarik dengan Objek wisata lainnya, yaitu Air Terjun Sungai Bikan. Destinasi alam ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun ini terletak di Desa Wisata Rantih yang sedang berkembang menjadi desa wisata. Anda dapat menjadikan air terjun ini sebagai salah satu tujuan wisata alam di kota Sawahlunto.

Di Air Terjun Sungai Bikan, Anda dapat bermain air atau hanya menikmati pemandangan yang indah di sekitar air terjun yang mempesona. Suasana lingkungan yang sejuk akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Tidak hanya itu, nuansa pedesaan di sekitar air terjun sangat terasa, meskipun berada di wilayah pertambangan. Desa Rantih yang terus dikembangkan menjadi desa wisata pernah menjadi tuan rumah kejuaraan silat internasional pada tahun 2012. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, di sekitar area air terjun terdapat beberapa tempat penginapan yang dapat Anda gunakan.

Alamat: Desa Wisata, Rantih, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Puncak Microwave & Puncak Batu Runcing

 

Dari nama yang unik, Puncak Microwave dan Puncak Batu Runcing menarik minat para wisatawan yang datang. Banyak dari mereka yang hanya ingin menikmati suasana di sekitar puncak-puncak tersebut. Kedua Objek wisata ini merupakan puncak bukit batu yang menarik. Meskipun mirip, keduanya memiliki lokasi yang berbeda, sehingga Anda dapat mengunjungi salah satu dari kedua puncak ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak berikutnya.

Baca  Objek wisata paling populer di Padang, Sumatera Barat

Puncak Microwave terletak di Kecamatan Barangin, sementara Puncak Batu Runcing berada di Kecamatan Silungkan. Meskipun jaraknya berbeda, hal itu tidak menghentikan niat para wisatawan untuk tetap mengunjunginya. Di puncak-puncak bukit ini, terdapat formasi batuan kapur yang terbentuk melalui proses pelapukan air selama ratusan hingga ribuan tahun. Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda perlu mencari pemandu wisata yang akan memandu Anda.

Alamat: Jl. Microwave, Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

 

Demikianlah Objek wisata terindah yang ada di Sawahlunto, Sumatera Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *