Destinasi wisata yang ada di Simeulue

Destinasi wisata yang ada di Simeulue, Aceh

Table of Contents

Destinasi wisata yang ada di Simeulue – Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki ibukota yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki beberapa wilayah yang kaya akan keindahan alamnya yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki budaya dan tradisi yang sangat beragam serta unik, salah satu wilayah tersebut adalah Simeulue. Simeulue merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh. Ibu kota Kabupaten Simeulue berada di Sinabang. Kabupaten Simeulue ini kaya akan wisata alam yang sangat indah dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menjelajahi berbagai Destinasi wisata di Simeulue.

 

Destinasi wisata yang ada di Simeulue, Aceh

 

Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan liburan di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera serta sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Simeulue, Aceh. Di daerah ini kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan beberapa wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah Destinasi wisata yang ada di Simeulue, Aceh.

 

Pulau Siumat

Pulau Siumat terletak di Kecamatan Simeulue Timur. Pulau ini menawarkan keindahan yang memikat, dan bahkan menjadi pilihan populer untuk bulan madu berkat suasana romantis yang terkenal di lokasi ini.

Pulau Siumat adalah pulau kecil yang ditandai oleh air laut yang sangat jernih dan bukit hijau yang membentang di sepanjang pantainya. Bagi pengunjung yang mencari liburan di pulau yang sunyi dan kecil, Pulau Siumat adalah destinasi yang cocok.

Lokasi: Desa Pulau Siumat, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Danau Air Tawar Teluk Dalam

 

Destinasi wisata selanjutnya adalah Danau Air Tawar Teluk Dalam. Lokasinya berada di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam. Danau Air Tawar ini menawarkan panorama yang memukau dengan perbukitan hijau yang mirip dengan sebuah lukisan alam yang indah dan menawan. Danau yang satu ini memiliki ukuran yakni panjang yang mencapai sekitar 800 meter sedangkan lebarnya sekitar 500 meter.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara

Untuk mencapai Danau Air Tawar Teluk Dalam, pengunjung perlu melakukan perjalanan sejauh sekitar 55 kilometer dari Kota Sinabung. Destinasi wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam dengan pemandangan gunung dan bukit hijau yang mempesona.

Lokasi: Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Pulau Tepi

 

Destinasi wisata bahari lainnya yang bisa kamu kunjungi di Simeulue adalah Pulau Tepi. Pulau Tepi ini terletak di Desa Lamerem, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pulau Tepi ini menyuguhkan wisata bahari yang sangat menakjubkan dan juga sangat menyegarkan mata. Saat mengunjungi Pulau Tepi, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan sekaligus menjelajahi keindahan bawah lautnya.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai snorkeling atau diving. Untuk kegiatan menyelam, Pulau Tepi ini menjadi salah satu spot wisata terbaik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pulau Tepi juga dikenal dengan air lautnya yang jernih, memungkinkan pengunjung melihat dengan jelas kehidupan bawah lautnya.

Lokasi: Desa Lamerem, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Batu Siambong-Ambong Alafan

 

Destinasi wisata Batu Siambong-Ambong merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Simeulue, tepatnya berada di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Batu Siambong-Ambong Alafan merupakan salah satu destinasi bahari yang populer di Simeulue. Pengunjung dapat menikmati keindahan batu-batu yang menjorok ke laut seperti batu-batu di Alaska. Batu Siambong-Ambong cukup populer sehingga ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat secara langsung batu tersebut. Batu yang terletak di Pantai Siambong-Ambong Alafan menjadi ciri khas tersendiri.

Pengunjung dapat mengambil foto-foto sepuasnya di Batu Alafan atau naik ke atas batu sambil memancing. Anda juga bisa berkemah di sekitar Batu Alafan untuk menghabiskan akhir pekan. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung, disarankan untuk membawa persediaan makanan, minuman, dan perlengkapan lain yang diperlukan, karena tempat ini belum memiliki fasilitas yang lengkap.

Baca  Rekomendasi Destinasi wisata yang ada di Pasangkayu, Sulawesi Barat

Lokasi: Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Pantai Thailand

 

Pantai yang satu ini berada di Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Meskipun disebut Pantai Thailand, pantai ini tetap merupakan bagian dari Indonesia. Di Pantai Thailand ini kamu akan menemukan panorama alam yang sangat indah berupa teluk yang melengkung dengan air laut yang berwarna tosca serta pasir putih yang sangat bersih.

Wisata bahari ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi selama liburan karena masih mempertahankan keaslian dan keindahan alam daerah tersebut. Pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Sinabang.

Lokasi: Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Pantai Ganting

 

Pantai Ganting merupakan sebuah pantai yang terdapat di Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pohon kelapa yang teduh dan pasir putih yang terhampar di tepi laut biru. Pengunjung yang datang ke Pantai Ganting juga dapat melihat Pulau Siumat yang terlihat dari kejauhan.

Untuk mencapai Pantai Ganting, perjalanan dari Kota Sinabang memakan waktu sekitar 11 kilometer. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari agar dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang memukau.

Lokasi: Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Pantai Nancala

 

Pantai Nancala merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi Kabupaten Simeulue dan merupakan destinasi surfing terbaik. Pantai ini menawarkan pasir putih, batu karang yang timbul saat air laut surut, dan ombak yang menawan. Pengunjung dapat berselancar dan menyelam di area pantai ini.

Baca  Tempat wisata paling populer yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat

Pantai Nancala juga dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang alami dan indah. Pantai yang satu ini kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan juga wisatawan asing. Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, maka di pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Lokasi: Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Air Terjun Putra Jaya

 

Air Terjun Putra Jaya, yang terletak di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, adalah sebuah destinasi wisata alam yang memukau. Air terjun ini menawarkan keindahan air terjun yang indah dan danau yang sangat jernih, dikelilingi oleh pepohonan hijau yang asri. Lokasi wisata ini agak sulit dijangkau karena berada di pedalaman dan jalurnya hanya berupa setapak sempit.

Lokasi: Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

 

Demikianlah Destinasi wisata yang ada di Simeulue, Aceh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *