keindahan pulau seram

Menjelajahi keindahan alam yang ada di Pulau Seram, Maluku

Table of Contents

Pulau Seram merupakan salah satu pulau yang bisa kamu kunjungi di Provinsi Maluku selain Pulau Wetar dan Pulau Yamdena. Pulau Seram memiliki keindahan alam yang tak kalah mempesona jika dibandingkan dengan pulau-pulau yang ada di wilayah lainnya. Pulau Seram memiliki wisata bawah laut yang sangat indah. Ini membuat Pulau Seram menjadi sangat populer di kalangan para wisatawan. Tak heran jika cukup banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini. Walaupun Pulau Seram ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan para wisatawan, nyatanya masyarakat indonesia masih banyak yang belum mengetahui keindahan Pulau Seram ini.

 

Menjelajahi keindahan alam yang ada di Pulau Seram, Maluku.

Kamu bisa menemukan banyak sekali sebuah keindahan dan keunikan di dalam Pulau Seram ini. Tentunya semua itu tidak bisa kamu temukan jika kamu berkunjung ke pulau lainnya. Mulai dari pegunungan hingga pantai bisa kamu temukan di Pulau Seram ini.

 

Letak Pulau Seram

pulau seram

Pulau Seram terletak di sebelah utara Pulau Ambon, Maluku. Pulau Seram memiliki beberapa pelabuhan, yakni diantaranya ada Pelabuhan Masohi, Pelabuhan Kairatu dan beberapa pelabuhan lainnya.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Seram, kamu bisa melakukan penerbangan menuju bandara Pattimura yang terletak di Ambon, lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi laut hingga sampai di Pelabuhan Masohi, Pulau Seram, Maluku.

 

Pulau ini memiliki daya tarik berupa keindahan yang terdapat di bentang alamnya. Dengan kondisi alam yang masih sangat asri, maka akan menciptakan suasana yang sangat sejuk dan membuat siapapun yang ada disana akan betah untuk berlama-lama. Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Seram, Maluku.

Baca  Tempat wisata terindah yang ada di Simalungun, Sumatera Utara

 

Taman Nasional Terkenal

Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela merupakan salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi di Pulau Seram. Taman Nasional Manusela terletak di Desa Manusela, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 189.000 hektar. Jadi jika kamu ingin mengeksplor seluruh bagian taman nasional ini, kamu akan membutuhkan waktu lebih dari satu hari.

Taman Nasional Manusela yang berada di pulau ini memiliki luas sekitar 189.000 hektar. yang mana ketika para wisatawan ingin menjelajahi destinasi wisata ini, tentu tidak akan cukup hanya satu hari saja. Taman Nasional Manusela merupakan gabungan dari dua cagar alam, yakni cagar alam Wae Nua dan juga cagar alam Wae Mual. Bisa dikatakan jika Taman Nasional ini memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dengan pemandangan indah yang sudah cukup populer di mancanegara.

 

Pegunungan dan Bukit Kecil

gunung binaiya

Untuk kamu para pecinta hiking, kamu bisa mengunjungi kawasan pegunungan dan perbukitan kecil yang ada di Pulau Seram ini. Salah satu gunung yang cukup populer di kalangan para pendaki adalah Gunung Binaiya. Gunung ini terdapat di tengah Pulau Seram.

 

Hutan Bakau

hutan bakau pulau seram

Di Pulau Seram ini, kamu juga bisa menemukan hamparan hutan bakau yang terletak di sepanjang pesisir pantai yang ada disana. Hutan bakau ini kerap dijadikan spot untuk berfoto oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana.

 

Flora dan Fauna Khas Maluku

flora dan fauna khas maluku

Pulau Seram juga memiliki kekayaan alam berupa flora dan fauna khas Maluku. Yakni seperti pohon ketapang, beringin, eucalyptus, bakau dan juga cemara laut. Sedangkan faunanya berupa burung kasturi, kasuari, nuri, kakak tua dan juga terdapat rusa serta musang. Flora dan fauna ini sangat dilindungi dan terdapat undang-undang yang melarang siapa saja untuk berburu di Taman Nasional Manusela.

Baca  5 Pantai Terindah yang dapat kalian datangi di Pulau Papua

 

Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pulau Seram

 

Menikmati keindahan remangnya cahaya lampu di tengah heningnya malam

suasana malam pantai ora

Kamu bisa mengunjungi Pantai Ora yang sangat hening pada malam hari. Tentunya suasana ini yang diperlukan oleh orang-orang setelah penat bekerja. Kamu akan menikmati suara deburan ombak dan desiran angin malam di tambah kondisi lampu yang remang-remang terpasang di pantai ini, membuat suasana yang sangat tenang. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih yang dimiliki Pantai Ora.

 

Snorkeling di Taman Karang

snorkeling di taman karang

Pantai Ora memiliki air laut yang sangat jernih, sehingga kekayaan alam bawah lautnya bisa terlihat dengan mudah. Area pantai ini kerap disebut dengan sebutan taman karang. Kamu bisa melakukan snorkeling di daerah pantai ini. Ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan ingin berlibur di Pulau Seram, Maluku.

 

Mendaki Gunung Binaiya

mendaki gunung binaiya

Kegiatan ini sangat cocok dilakukan oleh para pecinta mendaki. Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Binaiya. Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk sampai ke Gunung Binaiya karena letaknya berada di tengah Pulau Seram, Maluku.

 

Demikian lah daya tarik yang bisa kamu temukan di Pulau Seram, Maluku. Apakah kamu tertarik untuk berlibur di Pulau Seram ini? Lalu aktivitas apakah yang akan kamu lakukan?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *