Gunung Niut Kalimantan Barat

Mengenal Gunung Niut, salah satu gunung di Kalimantan Barat

Table of Contents

Mempunyai kekayaan alam berbentuk hutan hujan tropis, nyatanya Kalimantan pula menyimpan lanskap berbentuk pegunungan yang bagus. Dari bermacam gunung yang berdiri kuat, salah satu gunung yang harus didatangi adalah Gunung Niut.

 

Mengenal Gunung Niut, salah satu gunung di Kalimantan Barat

 

Walaupun namanya belum setenar gunung yang terdapat di pulau Jawa, tetapi Gunung Niut Landak jadi destinasi mendaki yang pantas dijelajahi para peminat alam. Gunung ini secara administratif ada di 3 lokasi ialah Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, serta Kabupaten Landak.

Mempunyai ketinggian 1. 701 m di atas permukaan laut( MDPL), para pendaki akan dihidangkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan rindangnya hutan Kalimantan. Hawa adem pastinya akan jadi konsumsi yang bagus untuk alat pernapasan.

 

Gunung ini mempunyai 3 puncak utama ialah Stawi, Barembang serta Keliung. Tidak cuma melihat indahnya alam dari ketinggian, para pendaki bisa memandang barisan gunung yang mengitari Gunung Niut.

Paling tidak terdapat 9 gunung yang mengintarinya, seperti Sebabak, Anggah, Panggah, Sekaju, Seraang, Bengkarun, Semedun, Damus serta Sinjang. Barisan gunung itu sanggup menyihir para pendaki sampai terkesima.

Rasa letih mengarah puncak akan terbayarkan oleh panorama alam barisan gunung- gunung itu. Apalagi saat sebelum sampai puncak, di sepanjang perjalanan para pendaki akan dikasihkan kejutan hebat semacam air turun serta gua.

 

Rute pendakian menuju Gunung Niut

 

Semata- mata informasi, gunung paling tinggi di Kalimantan Barat ini ialah area yang dilindungi dengan pembuatan Cagar Alam Niut- Penerissen( CAGN- P). Setelah itu tidak terdapat bayaran karcis masuk, tetapi wisatawan perlu bawa surat izin ataupun lebih dikenal Simaksi( Surat Izin Kawasan Konservasi) yang dikeluarkan oleh BKSDA Kalimantan Barat.

Baca  Rekomendasi wisata pantai terindah di Kalimantan Utara

Indonesia Rute pendakian mengarah Gunung Niut ada 3 rute. Ialah Rute Dawar, Serimbu, Tamong, Sungkung serta Gedung Karangan. Tetapi rute Dawar di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang jadi rute sangat gampang serta dianjurkan. Pendakian diawali dari Pondok Pendaki selaku Starting Poin. Perjalanan diawal masih dengan kontur yang tidak rapat mengarah Pintu Rimba yang ialah batasan perkebunan masyarakat dengan area Cagar Alam Gunung Niut– Penerissen( CAGN- P). Antara Starting Poin– Pintu Rimba berjarak± 6 kilometer dengan waktu tempuh 1, 5 jam. Di Pintu Rimbaada Camp yang dibentuk oleh pihak BKSDA selaku indikator batasan area. Bila irama pendakian cepat cukup 4 hari buat menaiki Gunung Niut, dengan catatan tiap harinya wajib 8 jam perjalanan yang ditempuh.

Ketika telah masuk ke dalam Pintu Rimba pendakian bersambung mengarah Pos Sungai Tanggi buat dijadikan camp malam awal. Pos Sungai Tanggi ada pas di belokan 3 sungai dengan luas tiap sungai 10– 20 meter tergantung debit air yang turun dari kumpulan pegunungan. Saat sebelum tiba di Pos Sungai Tanggi, kontur yang dilewati terus menjadi rapat naik turun. Perjalanan akan melalui Sungai Katok dengan luas sampai 40 meter, serta 2 anak Sungai Katok dengan luas 10 meter. Sehabis itu kemudian menyeberangi Sungai Tanggi. Bila mendaki masa hujan bersiaplah buat melaksanakan penyeberangan basah di 2 sungai besar ialah Sungai Katok serta Sungai Tanggi.

Dari Pos Sungai Tanggi pendakian bersambung mengarah Pos 1. 300. Buat mengarah Pos 1. 300 mdpl tingkatan kesulitan( grade) pendakian pun meningkat, terdapat 7 kali tanjakan serta turunan diiringi area curam alhasil wajib mengitari buat memperoleh punggungan. Sebaliknya vegetasinya sendiri masih tidak jauh berlainan dengan hari awal, cuma saja terdapat yang sedikit eksklusif disini ialah hutan pinus gunung yang akan dilewati sekitar 500 meter. Summit attack dari Pos 1. 300 membutuhkan waktu 2- 3 jam dengan kontur rapat. Metode scrambling akan dipakai disini, dikala mengarah puncak webbing selaku alat bantu amat dibutuhkan. Tidak hanya itu akar- akar pepohonan yang terdapat di jalur pendakian amat membantu buat menyeimbangkan badan sambil kaki menanjak naik.

Baca  Objek wisata paling populer yang terdapat di Kapuas, Kalimantan Tengah

 

Demikianlah informasi mengenai Mengenal Gunung Niut, salah satu gunung di Kalimantan Barat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat kamu.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *