Kelilink.com
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries

Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba Semua

Indonesia selain terkenal dengan keindahan alamnya yang bagaikan surga dunia juga menyimpan banyak makanan khas yang kaya akan rempah – rempah dan tentunya lezat.

Mulai dari yang rasanya manis, gurih, dan pedas semuanya ada. Bagi kamu yang ingin mencicipi sajian khas berselera dari tanah air kita sampaikan daftar makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba dibawah ini.

Untuk memenuhi hasrat wisata kuliner kamu, bacanya pelan – pelan ya jangan sambil ngiler hehehe.

Makanan Khas Indonesia

Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan khas aceh yang khas dengan kepedasannya. Bahan utama dari makanan tradisional ini adalah mie kuning atau mie telor, mie aceh biasanya disajikan dengan irisan daging kambing/sapi, bisa juga di kombinasikan dengan kepiting, udang atau cumi dan disiram dengan sup kari yang gurih dan pedas.

Mie aceh ada 3 jenis yaitu : mie Aceh setengah basah, mie Aceh goreng dan mie Aceh kuah, biasanya dalam penyajiannya mi Aceh ditaburi bawang merah dan perasan jeruk nipis.

Karee Kameng

Lagi satu makanan khas Aceh yang wajib kamu coba, yaitu Karee Kameng. Salah satu sajian favorit masyarakat Aceh ini bisa disebut juga dengan kari kambing, tampilan dari kari kambing ini tak jauh beda dengan gulai kambing yang lainnya.

Kuahnya yang berwarna kuning pekat bersama potongan daging kambing dan tulangnya yang dimasak di dalamnya. Aroma rempah -rempah yang sangat menggoda membuat lidah menjadi ingin bergoyang ria.

Perbedaan dari kari pada umumnya terletak pada bagian kuahnya, kuah kari kambing Aceh ini cenderung lebih keruh dikarenakan banyaknya bumbu rempah – rempah dan sumsum dari tulang kambing. Kari kambing Aceh sangat cocok disajikan bersama nasi hangat dan daging kambing bakar.

Lempah Kuning

Lempah Kuning adalah masakan khas dan paling terkenal dari Bangka. Dirumah, dirumah makan, di warung biasanya selalu menyajikan menu Lempah Kuning ini.

Lempah Kuning merupakan nama umum dari makanan khas ini, namun dari jenis bahan utama yang digunakan makanan ini juga sering disebut lempah laut.

Karena proses pembuatannya sering memakai nanas, lempah nanas pun juga bisa menjadi sebutan makanan khas bangka ini.

Pemakaian nanas dalam proses memasak lempah kuning memberikan aroma harum dan sedikit rasa asam – asam manis.

Bika Ambon

Bika Ambon adalah makanan khas dari……… Medan, hahaha pasti kamu kira berasal dari Ambon ya. Memang banyak yang mengira makanan ini berasal dari Ambon, Ibukota Maluku. Kue Bika ini terinspirasi dari kue melayu, dan dimodifikasi dengan bahan pengembang yang menghasilkan bentuk rongga – rongga yang khas dari kue ini.

Mengapa dinamai kue ambon? padahal berasal dari medan. Dinamai Kue Ambon karena kue ini pertama kali dijajakan di simpang Jalan Ambon daerah Sei Kera, Medan.

Kue Bika ini memiliki komposisi tepung terigu, telur, santan, gula, pandan wangi dan bahan-bahan kue lainnya.

Lawar

Lawar adalah masakan khas dari Bali. Lawar bukan hanya makanan khas dari Bali namun juga digunakan untuk sesajen di tiap acara keagamaan, lawar digunakan sebagai bentuk syukur atas melimpahnya kekayaan yang diberikan tuhan untuk manusia.

Lawar terdiri dari dengan kuah balung, tum, sate, komoh, serapah, kima, dan kuliner lainnya yang disatu padukan lalu disajikan biasanya dengan nasi putih. secara filosofi “lawar merupakan lawar terdiri dari beraneka ragam latar belakang. Semuanya menjadi satu dan saling melengkapi”. Menurut Prof. Dr. Drs. I Wayan Suarjaya, M.Si,

Lawar biasanya disantap bersama – sama atau disebut juga magibung, agar suasana kebersamaan terasa semakin erat.

Makanan khas dari Indonesia sebenarnya masih ada banyak sekali, namun untuk artikel Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba Semua cukup segini dulu sampai jumpa di artikel berikutnya.

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *