Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

Table of Contents

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan – Indonesia memiliki banyak sekali daerah yang memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satu daerah tersebut adalah Sumatera Selatan. Makanan khas Sumatera Selatan sebagian besar menggunakan bahan dasar ikan, seperti pempek. Namun, beberapa makanan khas Sumatera Selatan juga memberikan sensasi yang berbeda ketika dicicipi.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

 

Ayo kita lihat kuliner khas Sumatera Selatan yang menggugah selera dan wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan

 

Model

 

Pada dasarnya, model memiliki adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Namun, perbedaannya terletak pada isian yang menggunakan tahu daripada telur. Saat disajikan, model tidak menggunakan kuah cuko, melainkan kaldu udang yang dicampur dengan bihun, serta ditambahkan timun dan ebi.

Model terdiri dari dua jenis, yaitu model ikan dan gendum. Model ikan dibuat dengan bahan yang hampir sama dengan pempek, sedangkan model gendum terbuat dari tepung terigu. Biasanya, model gendum lebih terjangkau harganya dibandingkan model ikan. Makanan khas Sumatera Selatan ini sangat terkenal di Kota Palembang.

 

Mie Celor

 

Mie Celor adalah makanan khas Sumatera Selatan yang terdiri dari mie yang disajikan dengan kuah santan dan kaldu ebi atau udang kering.

Makanan ini diberi tambahan irisan telur, tauge, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng. Keunikan dari makanan khas Sumatera Selatan ini terletak pada ukuran mie yang mirip dengan udon.

 

Brengkes Tempoyak

 

Brengkes Tempoyak adalah hidangan tradisional Sumatera Selatan yang umumnya menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya.

Baca  Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Aceh

Yang membuatnya unik, makanan khas Sumatera Selatan ini menggunakan fermentasi durian sebagai campuran bumbu.

 

Tekwan

 

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka yang dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil, dan disajikan dalam kuah udang dengan cita rasa khas. Cara membuat pentol tekwan mirip dengan resep pempek.

Makanan khas Sumatera Selatan ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti sohun, potongan bengkuang, dan jamur. Kemudian ditaburi dengan potongan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Nama tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan” yang artinya duduk bersama teman dalam bahasa Palembang atau dari bahasa Min Selatan “tê-kuàn” yang berarti kotak teh.

 

Laksan

 

Laksan merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan. Secara visual, makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan pempek.

Namun, cara penyajiannya berbeda dengan pempek. Jika pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas, maka Laksan disiram dengan kuah santan. Kuah yang digunakan pada Laksan mirip dengan kuah pada lontong sayur. Kuah ini memiliki rasa yang gurih yang sangat lezat.

 

Celimpungan khas Sumatera Selatan

 

Ikan merupakan bahan baku utama yang selalu hadir dalam makanan khas Sumatera Selatan, termasuk celimpungan. Celimpungan dibuat dengan menggunakan sagu dan campuran ikan yang sama seperti pempek.

Perbedaan antara celimpungan dan pempek terletak pada kuah saat penyajian. Makanan khas Sumatera Selatan ini memiliki kuah yang lebih kental dan berwarna kuning. Dalam hal tekstur, celimpungan lebih renyah daripada pempek. Bentuknya juga lebih datar dibandingkan dengan pempek.

 

Malbi

 

Gulai Malbi merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang patut dicoba. Malbi memiliki kemiripan dengan semur, sehingga banyak yang menyebut hidangan ini sebagai semur daging sapi. Biasanya, Malbi menggunakan daging sapi has dan rempah-rempah seperti Asam Jawa.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Sijunjung, Sumatera Barat

Malbi adalah salah satu makanan yang memiliki cita rasa manis yang langka di daerah Palembang, di mana masyarakat lebih menyukai hidangan pedas. Biasanya, Malbi disajikan dengan nasi minyak, kerupuk, dan sambal nanas pedas, serta acar yang memberikan rasa asam pedas. Malbi sering disajikan pada perayaan Idul Fitri dan pernikahan.

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Selatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kamu mengenai makanan atau santapan khas yang ada di daerah Sumatera Selatan.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *