Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara

Table of Contents

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara – Ada berbagai macam makanan khas Sumatera Utara, dan kamu harus mencoba semuanya ketika mereka pergi ke Sumatera Utara. Apalagi jika Kamu pergi ke Medan, ibu kota Sumatera Utara.

 

Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara

 

Kuliner Khas Sumatera Utara Pastinya tidak akan ada kekurangan masakan khas Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kenikmatan kulinernya sangat berbeda. baik dari makanan, minuman, dan makanan ringan yang halal maupun tidak halal. Siapapun yang mencoba makanan Indonesia akan ketagihan karena rasa pedasnya. Jadi jangan heran jika beberapa makanan khas Indonesia bisa tiba di dunia. Sajian khas Sumatera Utara merupakan salah satu kuliner daerah Indonesia yang sangat terkenal. Setiap kota di Sumatera Utara memiliki kuliner khasnya yang pasti lezat dan sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara.

 

Bika Ambon

 

Bika ambon merupakan kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Sumatera Utara. Banyak yang tidak tahu bahwa bika ambon adalah makanan khas dari Sumatera Utara mulai dari Medan. Jalan di Medan tempat kue bika ambon pertama kali dibuat dan dijual dengan namanya, Jalan Ambon, menjadi inspirasi nama kue tersebut. Dahulu, pengusaha Tionghoa-Indonesia memulai bisnis Medan bika Ambon. Bika ambon memiliki tekstur seperti sarang lebah dan berwarna kekuningan. Rasa Bika Ambon manis.

Menurut Journal of Ethnic Food, campuran yang memberi rasa manis pada bika ambon awalnya adalah anggur atau tuak. Salah satu sumber daya alam terpenting di Sumatera Utara adalah minuman tradisional yang dikenal dengan toddy. Selain mempermanis rasa, tuak di Bika Ambon juga bisa membuat kue menjadi gurih dan kenyal. Namun, karena tuak bersifat alkoholik, banyak pedagang juga mengubah ramuannya menjadi halal agar bisa dikonsumsi umat Islam. Pastikan untuk membeli bika Ambon sebagai oleh-oleh saat orang tua Anda berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Dewasa ini bika ambon telah mengalami berbagai macam perkembangan baik dari segi struktur maupun rasa. Jika disimpan di lemari es, Bika Ambon bisa bertahan selama tiga hari.

Baca  Destinasi wisata terpopuler di Bengkulu Selatan, Bengkulu

 

Lemang

 

Makanan khas di Sumatera Utara selanjutnya adalah lemang. Orang Melayu menciptakan Lemang, yang menyebabkan penyebarannya meluas ke seluruh Indonesia, Malaysia, Singapura, bahkan Brunei Darussalam. Lemang disiapkan dengan cara yang sama di setiap daerah, tetapi ada perbedaan daerah, fungsi dan cara penyajiannya. Upacara adat biasanya menggunakan lemang di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut Harun Nur Rasyid Ensiklopedia Makanan Tradisional Indonesia (Sumatera), lemang disebut sebagai sungai di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Karo. Karena tidak selalu tersedia sebagai makanan pokok, maka nasi ini dikategorikan sebagai makanan tambahan. Lemang biasanya disajikan dengan rendang, yaitu beras ketan hitam yang difermentasi. Hidangan ini disebut nasi karena dimasak di atas api terbuka dengan batang bambu. Rires juga bisa dinikmati di sore hari dengan bandrek, minuman tradisional berbumbu atau kopi.

 

Bihun Bebek Medan

 

Adalah salah satu masakan yang paling umum di Sumatera Utara. Itu terbuat dari bebek. Bihun bebek adalah makanan dengan kaldu bebek sebagai bihun yang direbus dan diakhiri dengan potongan bebek, kemudian ditaburi dengan bawang putih dan seledri. Bihun bebek sangat cocok disantap saat cuaca dingin karena rasanya yang sangat gurih dan memiliki aroma yang menggugah selera.

Asie Kumango Bihun Bebek merupakan warung makan pertama yang menjual bihun bebek. Legendaris, bukankah toko bihun bebek ini sudah ada sejak tahun 1930? Kalau di Medan, orang tua wajib coba bihun bebek di Asie Kumango Bihun Bebek ya.

 

Soto Udang

 

Sajian khas dari Sumatera Utara ini cukup istimewa. Di Sumatera Utara, yang bahan utamanya adalah udang, sup biasanya dibuat dengan daging sapi atau ayam. Penemuan sop udang memang tidak biasa. Awalnya, supnya yang dijual adalah sup daging. Padahal, umat Buddha dan Hindu di Sumut tidak boleh makan daging.

Baca  Destinasi wisata terindah yang ada di Paser, Kalimantan Timur

Ayam mengambil tempatnya sebagai akibat dari perubahan ini. Perlahan, pedagang soto di Sumut itu menambahkan udang dan tiba-tiba rasanya jauh lebih unggul. Kini sop udang sumatera disajikan dengan ayam bakar yang dihancurkan, yang menjadikan sop udang yang sangat lezat ini semakin nikmat dan unik. Meskipun udang dianggap tinggi kolesterol dan banyak orang yang alergi terhadapnya, udang juga memiliki beberapa efek positif bagi kesehatan seseorang.

 

Mie Gomak

 

Mie Gomak merupakan masakan yang umum di Sumatera Utara, khususnya daerah Batak Toba. Ini juga merupakan hidangan unik dari Sibolga dan Tapanuli. Fakta bahwa mie ini sebelumnya dibuat dengan cara dikocok atau dipegang dengan tangan itulah yang memberinya nama Mie Gomak. Karena kemiripannya dengan mie standar Italia, mie gomak juga dikenal sebagai spageti batak.

Ada dua jenis mie gomak: basah yang memiliki kuah gurih, dan goreng yang dibuat dengan cara digoreng. Namun, mayoritas mi gomak lebih terkenal dengan jenis kuahnya yang basah. Mie gomak memiliki rasa yang pedas dan ada tambahan kuah andaliman yang semakin mempertegas rasa gurihnya.

 

Arsik

 

Arsik adalah masakan umum di Tapanuli, di utara Sumatera. Arsik biasanya dibuat dengan ikan mas sebagai bahan utamanya, tetapi Anda juga bisa menggunakan kakap dan makarel. Suku Batak adalah orang pertama yang menemukan arsik, yang juga dikenal sebagai ikan bumbu kuning atau ikan mas bumbu kuning. Masyarakat Sumatera Utara biasanya mengganti daging babi dengan ikan selain menggunakan ikan. Untuk membuat arsik, Anda sangat menginginkan bumbu yang merupakan perpaduan rasa, misalnya makanan daun kecombrang atau kecombrang cikala.

Untuk membuat nada kuning, diperlukan bumbu, misalnya lengkuas dan serai. Selanjutnya, bumbu halus akan disebarkan ke ikan yang digunakan secara merata. Yang membuat makanan khas Sumatera Utara ini istimewa adalah sisik ikannya tidak perlu dihilangkan saat membuatnya. Migran dari Sumatera Utara bahkan mungkin telah membawa beberapa masakan ini ke daerah Indonesia.

Baca  Destinasi wisata paling populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

 

Demikianlah Kuliner khas yang wajib kamu cobain ketika berada di Sumatera Utara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk rencana liburan kamu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *